Posted in Non Review

Scene on Three #55: A Clash of Kings

Scene on Three hosted by Bacaan Bzee

“Kesatria disumpah untuk membela yang lemah, melindungi perempuan, dan memperjuangkan kebenaran, tapi tak seorang pun dari mereka melakukan hal itu.

Mereka bukan kesatria sejati, mereka semua.”

(A Clash of Kings, hlm. 464)

Errr…saya memilih scene ini karena mengingatkan saya dengan scene yang ada di buku yang saya baca sebelumnya. Sepertinya bukan kebetulan kenapa dua buku yang saya baca berturut menyampaikan hal yang sama.

Yang satunya ada di buku Abarat, seperti yang saya kutip dari halaman 95 berikut:

“…tapi apa artinya sebuah janji? Tidak banyak artinya”

Ya, tidak banyak artinya. Bagi orang-orang tertentu, mengingkari janji sama mudahnya dengan mengucapkannya.

Tapi apa yang dikatakan oleh Jaime Lannister di buku A Clash of Kings berikut ada benarnya juga sih:

“Begitu banyak sumpah…mereka menyuruhmu bersumpah dan bersumpah. Membela raja. Patuhi raja. Jaga rahasianya. Turuti perintahnya. Nyawamu untuk nyawawanya. Tapi patuhi ayahmu. Sayangi saudarimu. Lindungi yang tak bersalah. Bela yang lemah. Hormati para dewa. Patuhi peraturan. Terlalu banyak. Apa pun yang kau lakukan, kau melanggar satu sumpah atau sumpah lainnya.”

(A Clash of Kings, hlm. 927)

Tapi lagi, saya rasa, kalau Jaime dan semua pihak yang meminta sang Kesatria untuk bersumpah adalah orang baik, seharusnya tidak jadi masalah ya😀

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

