Posted in Books, Fairytale Retellings, Fantasy, Marissa Meyer, Review 2016, Spring, The Lunar Chronicles, Young Adult

Cinder Review

***

Membaca fairy tale retellings itu menyenangkan. Ada perasaan excited gimana gitu saat menemukan identitas dongeng asli di versi retellings-nya dan menemukan kearifan dongeng lama di dalam kisah yang baru.

Seperti Cinder. Dilihat dari judul dan gambar sepatu di kovernya yang cakep, saya rasa mudah ditebak kalau dongeng Cinderella-lah yang diceritakan kembali.

Jadi di Cinder, sama seperti dikisah Cinderella, kita bisa menemukan gadis cantik yang diperlakukan seperti pembantu oleh ibu dan saudari tirinya. Kita bisa menemukan pangeran tampan yang menjadi idaman setiap gadis. Kita bisa menemukan “kereta labu” masa depan. Pesta dansa, dan “sepatu” atau lebih tepatnya “sesuatu”  yang terlepas saat sang putri melarikan diri menuruni tangga.

Menurut saya Cinder diceritakan dengan sangat baik. Ceritanya seru sekali. Suasana dongeng Cinderella terasa kuat, meskipun dunia Cinder dan Cinderella sangat jauh berbeda. Kalau boleh hiperbola, saya rasa Cinder adalah versi fairy tale retellings yang sempurna untuk dongeng Cinderella.

Yang membuat saya dongkol cuma satu, ceritanya belum selesai alias bersambung. Oleh karenanya, daftar “seri yang wajib dikoleksi” di wishlist saya bertambah lagi satu. Kenapa buku-buku bagus harus dalam bentuk cerita berseri sih? *eluselusisidompet*.

Membaca Cinder sama sekali tidak membosankan. Bisa diselesaikan sekali baca. Ceritanya seru dan bukunya tidak terlalu tebal. Hanya saja,  kalau boleh sombong sedikit, menurut saya, kemisteriusan  Cinder mudah sekali ditebak.

Saya justru lebih penasaran ke bagaimana identitas dongeng Cinderella diceritakan di dalam Cinder. Saya penasaran sebaik hati dan setangguh apa Cinder, setampan apa pangerannya, sejahat apa ibu dan saudara tirinya, bagaimana Cinder ke pesta dansa, bagaimana dia kehilangan sepatunya, dan sebagainya.

Cinder adalah tipe buku bagus yang membuat saya speechless. Sebenarnya ada banyak yang ingin saya tuliskan tapi begitu ingin menuliskannya, kok rasanya bisa merusak kejutan retellings-nya nya?, hahhah.

Biar aman, bagi yang penasaran dengan garis besar kisah Cinder, saya kasih blurb yang ada di kover belakang buku saja deh.

Wabah baru tiba-tiba muncul dan mengecam populasi penduduk Bumi yang dipenuhi oleh manusia, cyborg, dan android.

Sementara itu, di luar angkasa, orang-orang Bulan mengamati mereka, menunggu waktu yang tepat untuk menyerang.

Cinder, seorang cyborg, adalah mekanik ternama di New Beijing. Gadis itu memiliki masa lalu yang misterius, diangkat anak dan tinggal bersama ibu dan orang saudari tirinya. Suatu saat, dia bertemu dengan Pangeran Kai yang tampan. Dia tidak mengira bahwa pertemuannya dengan sang Pangeran akan membawanya terjebak dalam perseteruan antara Bumi dan Bulan. Dapatkah Cinder menyelamatkan sang Pangeran dan Bumi?

Nah seperti itulah. Setting kisah Cinder dan Cinderella sangat jauh berbeda. Misi Cinder bukan hanya sekedar berhasil menghadiri pesta dansa, tapi untuk menyelamatkan Pangeran dan Bumi dari serangan penduduk Bulan. Musuhnya bukan hanya ibu tiri tapi juga Ratu Bulan yang jahat. Dan Cinder tidak punya ibu peri yang baik hati. Sebagai gantinya, dia punya seseorang yang … errrr… silakan baca sendiri kisahnya, haha.

At last, saya suka sekali dengan kisah Cinder. Gabungan antara dongeng, teknologi keren, sihir, politik dan heroine yang pintar dan tidak mudah menyerah. 4 dari 5 bintang untuk Cinder. I really liked it.

***

Judul: Cinder | Series: The Lunar Chronicles #1 | Pengarang: Marissa Meyer | Penerbit: Spring | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan I, Januari 2016, 384 halaman | Penerjemah: Yudith Listiandri | Status: Owned book | Beli di: Online @ MatahariMall.com | Rating saya: 4 dari 5 bintang

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

