Posted in Books, Bukune, Classic, Mystery, Review 2016

The Moonstone Review

 photo themoonstone_by_wilkiecollins_uploadedby_irabooklover_zpsykujhfws.jpg

***

Sebuah cerita misteri tentang hilangnya sebuah berlian bernama Batu Bulan. Konon berlian ini pernah disentuh oleh Dewa Wisnu. Sang Dewa memerintahkan para brahmana untuk menjaganya. Siapa pun yang berani mengambilnya dari dahi patung Dewa Bulan, akan mendatangkan kesengsaraan bagi si pencuri dan keluarganya.

Namun, siapa yang peduli dengan kutukan kalau kilauan berliau tersebut begitu memukau. Bersinar seperti bulan dan mengundang siapa pun untuk mencurinya. Dan itulah yang terjadi. Berlian tersebut diambil dari tempatnya. Berkelana jauh ke Inggris dan menebarkan kutukannya.

Dulu sekali, saya pernah membaca terjemahan buku ini dengan judul Intan Batu Bulan. Sebuah buku tua warisan nenek yang saking tuanya, bahkan sampulnya pun tidak ada lagi. Halaman identitas bukunya juga tidak ada, jadi waktu itu saya tidak tahu apa penerbitnya. Setelah mengubek-ngubek Goodreads, sepertinya sekarang saya tahu penerbit mana yang dulu menerbitkan buku ini😉

Sayangnya, buku itu hilang. Padahal saya suka sekali dengan cerita misterinya. Sepertinya sia-sia saja berusaha membeli buku dengan edisi yang sama karena buku yang dulu terbitnya sudah lama sekali dan kemungkinan tidak dicetak ulang.

Dan betapa senangnya saya saat mengetahui Intan Batu Bulan diterbitkan lagi oleh penerbit yang berbeda dengan judul The Moonstone. Covernya cantik sekali. Tentu saja buku ini langsung masuk wishlist.

Yah walaupun sudah masuk wishlist, saya akui saya juga gembira sekali saat menemukan buku ini bertengger manis di rak buku perpustakaan. Langsung saya pinjam, tentu saja, hitung-hitung satu lagi buku keren yang saya baca untuk Proyek Baca Buku Perpustakaan😄.

Well, ternyata, seperti yang sudah pernah saya bilang sebelumnya di post Majalah Pecinta Buku baru-baru ini, buku ini membuat saya patah hati. Saya memang tidak mempunyai kompetensi untuk menilai apakah sebuah buku asing diterjemahkan dengan baik atau tidak. Tapi sebagai pembaca awam, saya mempunyai dugaan kuat, kalau terjemahan buku ini sedikit bermasalah.

Kalimat-kalimatnya terkesan janggal. Ada beberapa yang tidak bisa saya tangkap apa maksudnya. Ujung-ujungnya, ceritanya jadi tidak menarik lagi. Begitu berbeda dengan apa yang saya baca dulu di buku tua saya. Waktu itu ceritanya bagus sekali, kalimatnya mudah dimengerti dan mengalir lancar sampai-sampai saya bisa menamatkan bukunya sekali baca.

Sampai ketika saya tiba di bagian dimana Rachel Verinder ditulis sebagai “Mbak Verinder” alih-alih “Miss Verinder”, saya rasanya mau menangis saja.

At last, saya bingung mau memberikan berapa bintang untuk buku ini. Dan seperti biasa, kalau saya bingung, saya beri 3 bintang saja deh biar aman, *kenatabok*. Untuk ceritanya, kalau diambil dari buku terjemahan yang pertama kali saya baca, saya akan memberi 5 bintang. Saya suka sekali dengan misteri yang menyelubungi hilangnya intan batu bulan. Saya juga akur-akur saja dengan pemecahan misterinya. Saya waktu itu sampai gregetan karena sama sekali tidak bisa menerka, siapa sebenarnya yang mencuri si intan, dan bagaimana cara pencuriannya. Dan ketika semua misterinya terkuak, saya langsung memutuskan kalau buku tersebut bagus sekali.

Tapi kalau untuk terjemahan yang ini, well, silakan baca sendiri deh, dan saya rekomendasikan untuk membaca versi aslinya juga, atau versi terjemahan yang satunya, sebagai perbandingan😉

***

 Judul: The Moonstone | Pengarang: Wilkie Collins | Penerbit: Bukune | Edisi: Cetakan I, Mei 2012 | Jumlah halaman: 671  halaman | Status: Pinjam di Perpustakan Daaerah Kab. HSU | Rating saya: 3 dari 5 bintang

***

Submitter for Proyek Baca Buku Perpustakaan

 photo proyek_baca_buku_perpustakaan_zpsbae5o9ei.png

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

One thought on “The Moonstone Review

Leave a Reply

