Posted in Adventure, Bentang Pustaka, Books, Jonas Jonasson, Review 2016

The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared Review

DSC_0001

 photo 05865-banner2bposbar2b2016_zpswx291h9a.jpg

SecretSanta

***

Saya rasa kalau Anda pernah bertanya kepada diri sendiri, “Haruskah saya…”, jawabannya adalah “Ya!”. Kalau tidak bagaimana, Anda tahu bahwa jawabannya adalah tidak?

(The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared, hlm 508)

Satu lagi buku bagus pemberian Santa. Ceritanya rada absurd, tapi bagus.

Ngomong-ngomong, ada Indonesia loh di sini. Aseeekk, I liked it. Meskipun cerita tentang Indoesia terkesan tidak bagus, but, it’s OK. Bisa dianggap sebagai kritikan yang membangun, ahaha. Karena, kalau dipikir-pikir,  meskipun tidak semua, tapi dalam banyak kasus, sepertinya Indonesia memang seperti itu ya, ehm, *ngumpet*.

Nah, bagaimana Indonesia di petulangan kakek berusia 100 tahun ini? Well, silakan baca sendiri. Pokoknya peristiwa pasca si kakek memanjat keluar dari jendela kamarnya benar-benar penuh kejutan.

Sama seperti buku pemberian Santa yang satunya, buku ini juga membuat saya speechless. Saya suka sekali. Terutama tentang pelajaran untuk selalu berpikir positif. Saya iri sekali dengan si kakek yang mampu menganggap semua masalah secara simpel. Apa pun yang akan terjadi akan terjadi juga. Yeap, itu kalimat pamungkasnya.

Saya juga tertarik dengan khayalan si kakek tentang Nirwana. Menurutnya, harmoni sempurna dan absolut dapat ditemukan di sebuah kursi pantai di bawah sebuah payung di iklim yang cerah dan hangat di mana kita minum beraneka minuman dingin.

Well, berkebalikan dengan khayalan kakek, menurut saya harmoni sempurna itu dapat ditemukan di sofa empuk di depan perapian di iklim bersalju yang dingin di mana kita dapat minum minuman hangat. Haha, mungkin perbedaan khayalan ini ada hubungannya dengan tempat kita dibesarkan.

Terakhir, saya benar-benar menyukai wawancara dengan penulis di bagian akhir buku. Terutama kalimat yang ini:

Tetapi, menurut saya banyak orang yang harus memanjat keluar dari jendela mereka. Perspektif saya adalah kita hidup sekali saja, saya tidak yakin, tetapi itu yang saya percayai. Saya rasa kalau Anda pernah bertanya kepada diri sendiri, “Haruskah saya…”, jawabannya adalah “Ya!”. Kalau tidak bagaimana, Anda tahu bahwa jawabannya adalah tidak?

Nah, saya jadi langsung ingin memanjat jendela agar dapat mengerti bahwa hidup adalah petualangan yang sangat layak dijalani.

Terima kasih Santa sudah memberikan saya buku ini. Tebakan tentang siapa Santa saya ada di review buku Sabtu Bersama Bapak yang saya post sebelum post ini. Doakan semoga tebakan saya benar yaaa, thank you (‘▽’ʃƪ) ♥

***

Judul: The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared | Pengarang: Jonas Jonasson | Penerbit: Bentang Pustaka | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan Ketujuh, September 2015, 508 halaman | Status: Owned book, Hadiah dari Secret Santa 2015 (‘▽’ʃƪ) ♥ |  Rating saya: 5 dari 5 bintang

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

10 thoughts on “The 100-Year-Old Man Who Climbed Out of The Window and Disappeared Review

    1. Wah sudah ada filmnyaaaa….pengen nonton…

      Iya juga ya, kalau diingat-ingat, ini kakek kerjaan masa mudanyanya ngebom melulu, jelas banget kayaknya ya kalau di film😄

      Like

      1. Bukaaan, kirain ini tadi komen buat Tales from the Perilous Realm😄

        Recommended buat yang suka cerita absurd, unik dan lumayan lucu lah. Efeknya kayak segar gitu bacanya.

        Like

      2. Okay, btw kamu tinggal di mana? Oh mungkin kamu lebih suka genre fantasi ya. Aku cuma taunya penulis asing seperti ernst hemingway, gabriel Marquez, sidney sheldon, josteein gaarder gitu

        Like

      3. Di Kalimantan Selatan.

        Yap, kebanyakan baca buku fantasi. Tapi buku genre lain kalau ada dilahap juga kok😀

        Sy suka buku Jostein Gaarder. Baru pernah baca satu buku Sidney Sheldon. Belum pernah baca Hemingway sama Marquez.

        Kebanyakan sy memang baca buku penulis asing. Tapi jarang jg fokus ke satu penulis

        Like

Leave a Reply

