Posted in Non Review

Book Kaleidoscope 2015 – Day 2: Top Five Most Memorable Quotes

Book Kaleidoscope 2015 hari keduaaaa   \^_^/

Hari ini temanya adalah Top Five Most Memorable Quotes. Dan berikut kutipan-kutipan pilihan saya tahun 2015.

5. Winterlicht by Melina Marchetta

“Sir Topher dan Finnikin menyusun rencana dengan cermat. Jelaslah mereka bukan golongan rakyat Lumatere yang hanya diam meringkuk di kemah penampungan, sambil menunggu pertolongan yang akan membawa mereka kembali ke Lumatere. Mereka juga bukan golongan orang yang berkhayal bahwa Trevanion, Kapten Pasukan Keamanan, akan datang menyelamatkan mereka. Finnikin tahu benar, perlu strategi untuk menyelamatkan rakyat Lumatere. … Dan mereka selalu punya rencana, Bukan mimpi.”

(WInterlicht, hlm. 53)

Kutipan ini adalah satu-satunya hal yang saya sukai dari Winterlicht. Jujur saya tidak terlalu suka dengan ceritanya. Tapi kutipan ini memorable karena cukup menohok.

Pengingat yang baik kalau kadang, mimpi saja memang tidak cukup😉

4. The Sword of Shannara by Terry Brooks

“Jerle Shannara justru tidak siap menerima kenyataan yang dia terima. Memang mungkin tidak ada cara yang bisa membuatnya cukup siap menghadapi hal itu sebelumnya. Kita membuat terlalu banyak batasan untuk dapat benar-benar jujur dengan diri kita sendiri”
(The Sword of Shannara, hlm 787)

Kekurangan fatal Jerle Shannara adalah ketidakmampuannya untuk mengakui kalau dia tidak sempurna. Tidak tanggung-tanggung, hal itu membuatnya mati konyol.

Saya rasa kutipan ini perlu diingat kalau kita sedang disalahkan oleh orang lain, sementara kita tidak merasa melakukan salah apa-apa. Mungkin kita perlu melihat dari sudut pandang yang berbeda dulu. Belajar merasakan dari sisi orang lain, untuk bisa jujur kepada diri kita sendiri kalau kita memang melakukan kesalahan.

3. Aleph by Paulo Coelho

“Kita tidak seperti yang orang lain harapkan. Kita adalah orang yang sesuai dengan keputusan kita sendiri. Memang mudah saja menyalahkan orang lain. Kau bisa menghabiskan seluruh hidupmu menyalahkan dunia, namun kesuksesan atau kegagalanmu sepenuhnya tergantung pada tanggung jawabmu sendiri.”

(Aleph, hlm. 139)

Nah kutipan yang ini juga sangat menohok. Meskipun kadang kita bisa punya alasan untuk menyalahkan orang lain untuk kegagalan yang kita alami. Kalau dipikir-pikir, ujung-ujungnya tetap saja kita yang salah.

2. Heidi by Johanna Spyri

“…. Oh how I glad I am that God did not let me have at once all I prayed and wept for! And now I shall always pray to God as she told me, and always thank Him, and when He does not do anything I ask for I shall think to myself, It’s just like it was in Frankfurt: God, I am sure, is going to do something better still. So we will pray every day, won’t we, grandfather, and never forget Him again, or else He may forget us.”

Pelajaran yang manis dari Heidi. Untuk selalu mengingat bahwa kadang Tuhan tidak mengabulkan apa yang kita inginkan karena Dia punya rencana yang lebih baik untuk kita.

Sesuatu yang sangat sering saya lupakan. Dan memilih untuk bertingkah seperti anak manja yang ngambek karena apa yang dia inginkan tidak dikabulkan.

1. Persekutuan Misterius Benedict dan Dilema Sang Tawanan by Trenton Lee Stewart

“Kau benar, Mr. Benedict,” Kate berkata dari kursi belakang mobil station wagon. “Segalanya akan lebih menyenangkan jika kita tidak lagi marah. …”

(Persekutuan Misterius Benedict dan Dilema Sang Tawanan, hlm 424)

Orang yang paling kuat sebenarnya adalah orang yang bisa mengendalikan amarah. Kutipan yang sesuai dengan pesan Baginda Rasulullah.

Tapi susah ya? Saat ada kejadian yang membuat saya marah, saya lupa untuk tidak marah. Perlu bantuan waktu untuk meredakannya.

Dan kadang kalau rasa marahnya dilampiaskan, perlu rasa menyesal bahwa seandainya saja tadi saya tidak marah, maka seperti kata Kate, segalanya akan lebih menyenangkan.

***

Oke, itulah Top Five Most Memorable Quotes pilihan saya untuk tahun 2015. Sampai jumpa di hari ketiga dengan tema yang berbeda (≧^◡^≦)

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s