Posted in Gramedia Pustaka Utama, J. K. Rowling, Mystery, Review 2015, Robert Galbraith

The Cuckoo’s Calling Review

***

Waktu buku ini sedang booming, saya setengah mati ingin membelinya. Tapi ketika melihat harganya di toko buku online, saya sudah bisa menebak berapa harga buku tersebut saat tiba di Banjarmasin.

Harganya itu … membuat saya ingin menangis😥

Jadi, saat saya ke Gramedia Veteran di Banjarmasin dengan niat untuk membeli TimeRiders-nya Alex Scarrow, seperti yang juga sudah saya duga sebelumnya, buku ini berjajar dengan begitu menggoda di rak buku baru. Saya sampai harus menguatkan hati agar bisa melengos saja melewati mereka, sambil komat-kamit di dalam hati. Bilang ke diri sendiri “nanti saja beli The Cucckoo’s Calling. Nanti nunggu diskon aj. Tadi kan niatnya kesini cuma mau beli TimeRiders.”

Sayangnya, ada sedikit drama saat saya mencari TimeRiders di rak. Mesin pencarian sudah dengan jelas menunjukkan nomor raknya, tapi saya tidak bisa menemukan buku tersebut. Perlu waktu yang cukup lama plus bantuan tiga orang mas dan mbak Gramedia sebelum kami akhirnya bisa menemukan si buku.

Setelah membayar di kasir, saya langsung berjalan menuju pintu keluar. Tapi entah karena mas dan mbak Gramedia tadi illfil karena saya sudah membuat mereka ikut riweuh mencari TimeRiders, atau entah karena mereka menganggap saya sebagai pembeli potensial untuk novel terjemahan tebal, atau mereka memang cuma mau berniat baik, salah satu dari mbak tadi tergopoh-gopoh mendatangi saya. Memberitahu saya kalau si Dekut Burung Kukuk sedang ada diskon 20%.

Dan runtuhlah sudah pertahanan saya. Saya nyaris ingin memeluk si mbak saking senangnya. Dan akhirnya saya membeli The Cuckoo’s Calling, meskipun setelah sampai di kost, bahu saya nyeri. Soalnya setelah ke toko buku, saya harus ke kampus dengan membawa-bawa 2 novel terjemahan tebal di tas.

Setelah mendekam lama di timbunan, akhirnya saya selesai membaca The Cuckoo’s Calling sekali duduk. Kalau tahu bukunya seseru ini, dari dulu deh saya baca.

Karena saya termasuk telat membaca novel ini, jadi saya rasa saya tidak perlu panjang lebar lagi menuliskan sinopsisnya atau serba-serbi dibalik nama pengarangnya, kan? (padahal cuma malas saja sih, ahahaha)

Yah intinya ada seorang detektif swasta bernama Cormoran Strike yang diminta untuk menyelidiki kasus bunuh diri seorang supermodel bernama Lula Landry. Meskipun polisi sudah menyatakan kalau si korban bunuh diri, tapi kakak Lula yakin kalau adiknya sebenarnya dibunuh.

Kalau dibandingkan, saya tetap lebih menyukai gaya pemecahan misteri ala Sherlock Holmes daripada Cormoran Strike. Saya rasa gaya Cormoran lebih mirip dengan Poirot. Tidak meyakinkan pada awalnya, tapi luar biasa pada akhirnya. Beda dengan Sherlock yang menurut saya sudah luar biasa dari awal. *kena tabok penggemar Poirot*

Tapi menurut saya buku ini asik sekali. Saya tidak bisa berhenti mengikuti perkembangan kasusnya. Saya sama sekali tidak punya bayangan tentang siapa pembunuhnya, ataupun tentang akhir kasusnya. Apakah Lula Landry memang bunuh diri atau dibunuh.

Belum lagi kehidupan ala supermodel yang menjadi latar belakang kisah ini. Menarik sekali mengetahui perbedaan gaya hidup dan perbedaan kelas sosial yang terasa sangat jauh dan tidak terjangkau.

Ngomong-ngomong, tokoh favorit saya adalah Robin, sekretarisnya Cormoran. Ehm, asik juga ya, nama mereka berdua diambil dari nama burung😀. Nah, somehow, Robin ini memotivasi saya untuk lebih merapikan meja kerja saya sendiri. Robin juga memotivasi saya untuk terus menyimpan harapan kalau suatu saat nanti impian yang kita cita-citakan bisa terkabul meskipun orang-orang terdekat kita tidak mendukung😉

So, 4 dari 5 bintang untuk Cormoran. Minus satu bintang karena Cormoran belum bisa menggeser posisi Sherlock dari hati saya. *eaaaa, alasan apa itu*.

***

Judul: The Cuckoo’s Calling – Dekut Burung Kukuk | Pengarang: Robert Galbraith | Penerbit: Gramedia Pustaka Utama | Edisi: Bahasa Indonesia, 2014, 517 halaman | Rating saya: 4 dari 5 bintang

***

Submitted for #PostBar Misteri,  New Authors RC 2015Lucky No. 15 RC

Banner_BacaBareng2015-300x187

narc2015

lucky-no15

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

One thought on “The Cuckoo’s Calling Review

Leave a Reply

