Posted in Atria, Books, Family, R.J. Palacio, Review 2015, Young Adult

Wonder Review

wpid-img_20150522_141826.jpg

***

“Maukah kita membuat sebuah aturan baru dalam hidup … selalu berusaha untuk lebih berbaik hati dari yang seharusnya?”

—hal 408

Hei, saya suka sekali dengan Wonder. Sebenarnya saya sudah bisa menebak dari blurb-nya kalau Wonder ini ceritanya pasti seperti ini. Tapi, somehow, Wonder tetap indah dengan kisahnya sendiri.

Wonder menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama August Pullman yang lahir dengan kelainan Mandibulofacial Dysostosis. Kelainan ini membuat wajah Auggie menjadi … errr … tidak biasa. Auggie sebenarnya sudah terbiasa melihat reaksi orang saat memandang wajahnya. Tapi kekuatan hati Auggie benar-benar diuji saat dia mulai sekolah di sekolah menengah. Yah bayangkan saja, bahkan anak normal pun kadang memiliki kesulitan saat sekolah di sekolah menengah dimana menjadi anak populer adalah hal yang populer, *eh*.

Tapi seperti kata papa dan mamanya Auggie, akan selalu ada orang baik dan orang jahat di dunia, dan mereka yakin jumlah orang baik akan selalu lebih banyak dari orang jahat. Jadi, sebanyak apa pun anak yang mengejek Auggie karena wajahnya yang buruk rupa, Auggie tetap punya teman-teman yang baik seperti Jack dan Summer.

Ngomong-ngomong tokoh favorit saya adalah Jack. Keberanian Jack untuk meminta maaf itu loh, membuat saya merasa malu. Dulu waktu SMP saya pernah bertengkar hebat dengan teman dan saya malu untuk meminta maaf duluan.

Saya juga suka dengan keluarga Pullman. Dad, Mom, dan kakaknya Auggie, Via, sangat menyenangkan dan baik hati. Sebuah keluarga hangat yang saling menyayangi. Auggie benar-benar jauh lebih beruntung daripada teman-temannya dalam hal ini.

So, Wonder mengajarkan banyak hal kepada saya. Keberanian untuk meminta maaf. Untuk lebih berbaik hati dari yang seharusnya. Untuk dapat melihat dengan hati. Dan masih banyak lagi. Oh ya, Wonder juga berhasil membuat saya menitikkan air mata (kalau ini saya memang cengeng jadi abaikan saja)😀. At last, 4 dari 5 bintang untuk Wonder. I really liked it.

***

Judul: Wonder | Pengarang: R.J. Palacio | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan I, September 2012 | Penerbit: Atria | Penerjemah: Harisa Permatasari | Jumlah halaman: 428 halaman | Status: Owned book (3rd Banjarbaru Book Fair 2015) | Rating saya: 4 dari 5 bintang

***

Review ini diikutkan dalam event New Authors RC 2015, dan Lucky No. 15 RC Category One Word Only

narc2015

lucky-no15

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

2 thoughts on “Wonder Review

Leave a Reply

