Posted in Non Review

BBI 4th Anniversary: Setelah Bersama Bebi

posbar_bbi_anniversary

 

It’s time, it’s time, it’s time. It’s time for Blogger Buku Indonesia 4th Anniversary \^_^/

Nah, untuk memeriahkan BBI Anniversary tahun ini, para BBI-ers akan berbagi cerita tentang perubahan yang terjadi pada diri mereka setelah bergabung dengan Bebi. Untuk saya sendiri, perubahan itu adalah menjadi lebih cerewet😀

Dulu saya orangnya super pendiam dan tertutup. Saya tidak mempunyai kepercayaan diri untuk menyampaikan pendapat baik secara lisan maupun tertulis. Kalau saya disuruh memilih antara mengerjakan soal kalkulus atau membuat cerpen, saya tidak akan pernah ragu untuk memilih kalkulus.

Kemampuan verbal saya tidak pernah mendapatkan nilai yang bagus. Saya juga selalu merasa ditolak kalau bergabung dengan forum-forum kepenulisan dan sejenisnya walaupun mereka menerima saya sebagai anggota. Saya akhirnya pasrah sampai tidak memiliki keinginan sama sekali untuk memperbaiki kemampuan tersebut.

Sampai akhirnya, saya gagal meraih impian saya karena kemampuan verbal saya yang buruk. Dan, yah, saya sangat menyesal.

Saking menyesalnya, saya sampai nekat membuat blog dan menulis tentang satu-satunya hal yang bisa membuat saya jadi cerewet, yaitu buku.

Saya sudah membuat blog buku bahkan sebelum saya mengenal Bebi. Dan karena belum mengenal Bebi, saya menulis apapun tentang buku secara asal saja. Saya tidak tahu apakah yang saya tulis itu adalah sebuah resensi, opini, atau artikel. Saya juga tidak peduli kalau post yang saya buat cuma beberapa baris dan mengandung spoiler dan sebagainya.

Yang penting bagi saya saat itu adalah saya bisa menghasilkan sebuah tulisan (yang bukan laporan atau karya ilmiah) dan itu sudah luar biasa.

Sampai akhirnya saya bergabung dengan BBI. Saya kenal dengan Bebi lewat Goodreads di tahun 2012. Singkat cerita, setelah bersama Bebi, saya merasa diterima. Saya merasa diberi kesempatan untuk memasuki dunia yang selama ini menolak saya. Saya merasa bertemu guru yang dengan sabar mengajari saya, murid yang bebal dan jelas sekali kalau bakatnya bukan dibidang ini.

Saya suka membaca dan itu sudah cukup bagi Blogger Buku Indonesia. Saya tidak pandai menulis tapi Bebi tetap mau berteman dengan saya. Padahal selain pecinta buku, para BBI-ers lain kebanyakan adalah orang-orang yang sudah pro dibidang kepenulisan atau setidaknya mempunyai impian untuk menjadi seorang penulis.

Kesimpulannya, setelah bersama Bebi, saya bisa menjadi lebih cerewet dalam arti positif. Karena Bebi, saya lebih percaya diri untuk menyampaikan pendapat saya, dan yang lebih wow-nya lagi, saya bisa menuliskannya dalam bentuk tulisan panjang dan saya sangat berterima kasih untuk itu.

At last, Selamat Ulang Tahun yang ke-4 untuk Blogger Buku Indonesia. Wish you all the best dan semoga kita kembali bisa merayakan ulang tahunmu yang ke-5 nanti. Sampai jumpa tahun depan yaaaaa. Love you Bebi😉

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

2 thoughts on “BBI 4th Anniversary: Setelah Bersama Bebi

Leave a Reply

