Posted in Non Review

Enter The Magical Realm: Underrated Post Apocalyptic Book & Giveaway Hop

HUT-BBI Image converted using ifftoany

WELCOME AGAIN \(@ ̄∇ ̄@)/

Masih dalam rangka ulang tahun Blogger Buku Indonesia yang ke-4. Masih dalam event 30 Days Around The Genres. Masih dalam event Enter The Magical Realm-nya grup Science Fiction & Fantasy, saya kembali mengajak teman-teman untuk memasuki dunia post apocalyptic. Di post sebelumnya, kita sudah berkenalan dengan apa itu post apocalyptic versi sotoy saya yang sedang di mode on. Di post tersebut, seri Silo karya Hugh Howey saya jadikan contoh untuk mewakili sub genre ini. Nah, buku pertamanya, Wool, termasuk ke dalam buku underrated di Indonesia. Eh tapi underrated-nya cuma menurut saya loh ya, jadi jangan terlalu diambil hati, hahhhah *apa coba*.

 

SERI SILO MENURUT SAYA

Seri Silo karya Hugh Howey ini terdiri dari tiga buku. Wool, Shift, dan Dust. silo_trilogy_source_goodreads Saya kenal pertama kali dengan seri ini saat event baca bareng di salah satu grup Science Fiction & Fantasy di Goodreads. Awalnya, niat saya cuma ingin mencoba membaca sedikit saja, maklum waktu itu Wool belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ternyata Wool seru sekali, saya jadi ketagihan dan lanjut membaca ke buku dua. Ternyata Shift juga luar biasa. Saya jadi galau berat menunggu terbitnya Dust. Dan setelah selesai membaca Dust, well, saya jadi makin galau. Pokoknya, menurut saya, seri Silo, keren pakai banget. Saya sampai berdoa semoga seri Silo bisa diterjemahkan di Indonesia.

 

WOOL AKHIRNYA DITERBITKAN DI INDONESIA

Yeap, baru-baru ini, buku pertama dari seri Silo diterbitkan di Indonesia. Saya senang sekali dan sangat yakin kalau buku ini akan cetar membahana😀

Wool edisi terjemahan ini langsung masuk wishlist saya. Sayang, di toko buku di Kalimantan Selatan, harga buku ini membuat saya nyaris pingsan *lebay*.

Sepertinya saya harus menunggu buku ini kena diskon dulu baru bisa beli *mentaldiskonan*.

 

KENAPA SAYA BILANG WOOL ITU UNDERRATED?

Karena hebohnya kurang terdengar. Teman-teman saya sesama book lovers diberbagai social media jarang ada yang menyebut-nyebut buku ini. Review teman-teman saya di Goodreads juga sangat sedikit.

Oke alasan ini memang tipis sekali. Secara saya bisa dibilang hidup di hutan belantara. Teman-teman saya di social media juga tidak terlalu banyak.

Etapi, kalau kepopuleran sebuah buku bisa terdengar bahkan oleh saya yang hidup in the middle of nowhere dan cuma memiliki sedikit teman di social media, well, maka menurut saya buku itu memang populer. Kalau tidak berarti tidak populer. Eeeeh teori darimana itu Ra? Tidak dari mana-mana, itu cuma teori sotoy saya untuk yang kesekian kalinya, hahhahh, *dilempar pakai sepatu*.

 

MENGAPA SEPERTINYA BUKU INI KURANG POPULER?

Nah ini saya juga tidak tahu *doeng*. Saya hanya bisa menebak-nebak setelah membaca berbagai review yang ada di Goodreads.

Tebakan saya yang pertama adalah karena terjemahannya. Errr…sekali lagi ini cuma tebakan saya ya. Saya belum membaca versi terjemahannya jadi tidak bisa men-judge apakah terjemahan memang kurang bagus atau tidak. Cuma dari beberapa review yang sudah saya baca, saya nangkapnya terjemahannya … errr … sedikit kurang gitu, hahhahh, *sungkem sama penerjemah*.

Tebakan kedua saya adalah karena dunia ciptaan Hugh Howey ini sedikit kurang masuk akal bahkan untuk ukuran dunia fantasi sekalipun. Nah, kalau saya sih tidak masalah. Kemustahilannya masih bisa diterima oleh otak saya. Tapi saya pernah menemukan beberapa book lovers yang sangat kritis dengan hal ini. So, kembali ke selera masing-masing saja deh😀

 

GIVEAWAY HOP

Oke, sekarang waktunya untuk giveaway. Setelah di post sebelumnya saya menyelenggarakan giveaway pribadi, sekarang ada giveaway bareng teman-teman dari grup Science Fiction & Fantasy. Ada 16 blog yang menjadi host dan akan ada 4 pemenang yang beruntung mendapatkan 4 hadiah kece. Ada hadiah voucher buku senilai Rp240.000 untuk pemenang pertama; 1 novel Game of Thrones edisi terjemahan untuk pemenang kedua; 1 Seri Scary Tales ( Home sweet horror, I scream You Scream, Good Night Zombie) untuk pemenang ketiga; serta Novel Paranormalcy by Kiersten White & Wings by Aprilynne Pike untuk pemenang keempat.

Nah sekarang mari disimak ketentuan GA-nya:

  1. Tebak satu judul buku berdasarkan petunjuk yang diberikan masing-masing pemilik 16 blog. Petunjuk dari saya adalah sebagai berikut: “Hugh Howey, Seri Silo, Buku Pertama*
  2. Ambil huruf pertama dari judul buku tersebut. Huruf pertama ini akan menjadi HURUF KUNCI.
  3. Judul buku yang digunakan adalah versi aslinya, bukan terjemahan. (Misalkan Inheritance yang meski diterjemahkan menjadi Warisan, tapi yang kita gunakan tetaplah huruf I nya)
  4. Khusus untuk judul buku yang ternyata berawalan The, harap abaikan huruf T di depan, sehingga yang digunakan adalah kata setelah “The”. (Misalkan The Alchemist, maka yang digunakan dalam menyusun kata adalah huruf A bukan T).
  5. Setelah menemukan 16 huruf kunci dari masing masing blog, susunlah huruf huruf tersebut menjadi kata kata. Ingat, hanya kata bukan kalimat (seperti permainan scrabble)
  6. Jumlah minimal huruf yang digunakan dalam menyusun kata tersebut adalah 4 huruf.
  7. Setiap huruf yang merupakan jawaban tidak dapat digunakan berulang dalam satu kata. Kecuali kalau memang ada huruf yang sama dalam 16 judul tersebut.
  8. Jawaban dimasukkan ke dalam google docs yang bisa diakses lewat masing masing blog peserta SF/F. Tetapi hanya diperbolehkan mengisi sekali, jangan lakukan berulang ulang di blog yang berbeda.
  9. Peserta yang paling banyak menyusun kata ( kata tersebut harus dalam bahasa Indonesia dan tercantum di KBBI), dialah yang menjadi pemenangnya.
  10. Peserta yang bisa membuat kata yang berhubungan dengan dunia fantasi (contoh : dewa, dewi, peri dsb) mendapatkan bonus satu poin.

MAY THE ODDS BE EVER IN YOUR FAVOUR (★^O^★)

Tuh gampang kan giveaway-nya😀

Saya doakan semoga kalian beruntung ya ^_^

Jangan lupa kunjungi 16 blog yang tergabung dalam grup Science Fiction & Fantasy untuk mendapatkan 16 huruf kunci yang bisa kalian gunakan untuk menyusun kata.

Berikut jadwalnya post masing-masing blog:

2 April 2015: Blog Buku Haremi | Baca Biar Beken |Ough, My Books!

3 April 2015: Lego, Ergo Cogito, Ergo Sum | Ira Book Lover | Notes of The Dreamer

4 April 2015: Kandang Baca | Let Me Tell You a Story | Legitur

5 April 2015: Mari Ngomongin Buku | Let’s Read Between The Pages

6 April 2015: Bukubuku | Melukis Bianglala | Kayla on Books

7 April 2015: Ren’s Little Corner | Threez’s Stacks

Oke, sekali lagi good luck ya. Happy blogwalking and have a nice day for you(‐^▽^‐)

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

7 thoughts on “Enter The Magical Realm: Underrated Post Apocalyptic Book & Giveaway Hop

  1. Baru gugling tentang Wool karena penasaran dan… wah kayaknya emang seru ya *o* Iya nih rasanya buku ini underrated di Indonesia. Bisa jadi juga karena saking menjamurnya genre dystopia/post-apocalyptic fiction belakangan ini, pamornya kelelep sama yang lebih populer macam THG, Divergent, Maze Runner dkk. Sayang ya😦 *ikut nungguin diskonan buku ini atau nunggu pinjaman* *sama-sama mental diskonan* *plak😀

    Like

    1. Iyah benar, bisa juga karena sudah banyak genre distopia/post-apo yang populer duluan😥

      Huehehehe, toss dulu buat mental diskonannya😀

      Like

    1. Oh itu di poin ketentuan GA yang no 1 Nina, yang ini Petunjuk dari saya adalah sebagai berikut: “Hugh Howey, Seri Silo, Buku Pertama* ^_^

      Like

Leave a Reply

