Posted in Non Review

Enter The Magical Realm: Post Apocalyptic & Giveaway

HUT-BBI

Image converted using ifftoany

 

SELAMAT DATANG DI PINTU MASUK DUNIA MAGIKAL \^_^/

Masih dalam rangka ulang tahun Blogger Buku Indonesia yang ke-4, hari ini saya akan mengajak kalian memasuki sebuah dunia khayalan yang sering ada di novel-novel Science Fiction & Fantasy. Nah, hayuk amati gambar di atas. Itu yang bikin anak SFF lo, Sasti dari blog Legitur.  Keren ya? Ah, saya bangga pernah jadi Santa-nya Sasti. Lalu apa hubungannya Ra? Eh, anu, tidak ada hubungannya, hahaha, abaikan saja 😀

 

LET’S ENTER THE MAGICAL REALM

Ehm, oke, kembali ke gambar. Teman-teman bisa menemukan nama saya di lingkaran di kiri bawah, kan? Oke, silakan tempelkan tangan kalian di sana. Kalau tidak muat tak apa, tempelin jempol saja.

Kalau sudah, tekan pelan-pelan. *janganterlalu kencengnantimonitorkalianjebol* 😀

Yuk, tekan pelan-pelan ….

Pelan – pelan ….

Dan bayangkan ada cahaya menyilaukan yang keluar dari monitor ….

Tutup mata kalian….

Buka mata….

dan jreeeeng …. sekarang kita berada di sebuah tempat di mana dunia seperti tanpa warna dan tampak mati.

Baiklah teman-teman, selamat datang di dunia…

 POST APOCALYPTIC

 

SUB GENRE POST APOCALYPTIC

Errr…sebetulnya, saya tidak tahu apa itu post apocalyptic, hahhahh *lalu dikeplak pakai sandal*.

Setelah bertanya kepada Om Google, serta mengunjungi laman si ini dan si anu, saya akhirnya menyimpulkan bahwa post apocalyptic (atau kadang-kadang dikenal juga dengan sebutan post apocalypse) adalah salah satu sub genre dari Science Fiction & Fantasy yang menekankan setting cerita pada dunia yang tersisa pasca terjadi sebuah bencana besar yang hampir menghancurkan dunia yang kita kenal sekarang.

Bencana besarnya bisa apa saja. Bisa perang massal, tabrakan meteor, udara beracun, ledakan gunung berapi, bahkan pemanasan global. Jadi para tokoh-tokoh di novel post apocalyptic hidup di sisa dunia yang pernah hancur.

Post apocalyptic jadi mirip distopia ya. Nah, bedanya, post apocalyptic ini lebih menekankan pada kemampuan bertahan hidup para tokoh-tokohnya. Post apolcalyptic memang sering overlapping dengan distopia.

Tapi genre memang rawan saling tumpang tindih kok. So, saat membaca novel, kalau kita bingung novel yang kita baca masuk genre yang mana, maka tanyakanlan ke hati nurani *halah*. Meskipun sering tumpang tindih, biasanya kita bisa merasakan kalau novel tersebut lebih cenderung ke hal apa. *lebay banget yak kalimatnya* 😀

Ciri lain dari post apocalyptic adalah para tokohnya hanya bisa menggunakan pengetahuan dan teknologi yang tersisa pasca bencana besar tersebut. Selain itu, kehidupan pra bencana sering disebut-sebut dan dianggap hanya sebagai mitos yang mustahil terjadi.

 

CONTOH NOVEL POST APOCALYPTIC

Nah,  kalau diambil dari novel-novel yang pernah saya baca, saya rasa novel yang paling tepat untuk mewakili sub genre post apocalyptic adalah trilogi Silo karya Hugh Howey.

silo_trilogy_source_goodreads

Dunia magikal karangan Hugh Howey ini menceritakan tentang sebuah dunia yang pernah hancur karena udara beracun. Udara tersebut menyebabkan orang-orang yang hidup pasca bencana tersebut tinggal di dalam silo.

Silo di sini semacam gedung silinder yang menghujam jauh ke dalam bumi alih-alih menjulang ke atas. Mereka hidup dengan teknologi yang bisa dibilang terbatas karena mereka harus bijak mengolah dan menggunakan sumber daya yang hanya ada di dalam silo. Fakta bahwa manusia pernah hidup di atas tanah hanyalah sebuah mitos dan menjadi hal yang terlarang untuk diucapkan di dalam silo.

 

THE GIVEAWAY

Yap, sekarang waktunya untuk giveaway. Karena saya sudah mengajak kalian ke dunia post apocalyptic yang cenderung suram, maka sebagai penawar, saya akan memberikan buku yang memiliki kisah yang sangat indah sebagai hadiah. Where The Mountain Meets The Moon by Grace Lin edisi Bahasa Indonesia. Buku ini adalah salah satu buku fantasi favorit saya sepanjang masa. Ada dua buku untuk dua pemenang.

Oke, sekarang silakan disimak ketentuan giveaway-nya ya:

  1. Jawab pertanyaan berikut ya, sebutkan satu judul buku yang menurut kalian termasuk ke dalam genre post apocalyptic!
  2. Tulis jawaban kalian di kolom komentar post ini beserta ucapan selamat ulang tahun kepada Blogger Buku Indonesia. Cantumkan juga satu atau lebih salah satu akun social media kalian (Facebook, Twitter atau Email) yang bisa saya hubungi seandainya kalian yang jadi pemenangnya.
  3. Masing-masing peserta hanya boleh menjawab satu kali saja ya ^_^
  4. Dua orang pemenang akan saya undi berdasarkan nomor urut komentar yang masuk.
  5. Peserta giveaway harus memiliki alamat kirim di Indonesia.
  6. Giveaway ini akan dibuka tanggal 1-13 April 2015.
  7. Pemenang akan diumumkan di blog ini tanggal 15 April 2015. So, jangan lupa berkunjung kembali tanggal 15 nanti ya 😀

 

LET’S GO AROUND

Oke, ini post saya untuk memulai event 30 Days Around the Genres. Silakan kepoin blog anak-anak Science Fiction & Fantasy yang lain untuk lebih mengenal sub genre – sub genre yang ada di genre Science Fiction & Fantasy.

Bersama anak-anak SFF, juga ada grup dari genre Romance serta Chidlit & YA yang bisa kalian kunjungi di sini.

So, let’s go around and happy blogwalking.

Selamat bersenang-senang di acara ulang tahun Bebi ya. Have a nice day for you. See yaaa  \^_^/

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

57 thoughts on “Enter The Magical Realm: Post Apocalyptic & Giveaway

  1. Nama: Anastasia Cynthia
    Twitter: @frostbitiggy
    Email: azuracaelestis@outlook.com
    Facebook: Anastasia Cynthia Tanawi
    Buku yang termasuk genre post-apocalyptic: The Age of Miracle by Karen Thompson Walker

    Ucapan selamat ulang tahun:

    Selamat ulang tahun, Bebi 🙂 saya baru masuk setahun lalu sih, cuma saya berharap dengan bertambahnya setahun lagi umur Bebi, Bebi jadi makin mesra hahaha 🙂 terutama para membernya. Walaupun berjauhan, tapi makin makin kompak, makin dipersatukan, jadi bisa saling sharing dan bisa ngasih semangat buat lebih giat lagi dalam membaca.

    Like

  2. Iyaaa post apo emang tumpang tindih ama dystopia yaa.. dua subgenre ini booming banget setelah THG kayaknya yak..

    Like

  3. iya dystopia dan sci-fi sering banger overlapping. Wither (Trilogy The Chemical Garden juga masuk genre ini. Angelfal juga) Tapi kalau post apocalyptic dibuat genre horror knp seringnya zombie yah?

    Untung buku GAnya udah ada, jadi lega. Hihihi

    Like

    1. Kemungkinan karena setting-nya pasca kiamat Mba Lin, jadi yang tersisa banyakan zombie
      *sotoymodeon*

      Iya, saya masih sedikit trauma sama tb online, jadi buku hadiah GA-nya dikirim sendiri saja 😀

      Like

  4. Menurut saya, buku yang post-apocalyptic itu The Waking Dead: Rise of the Governer. Ini pake ilmu sotoy aja sih, soalnya belum pernah baca atau nonton tv series-nya, tapi dari covernya berkesan apocalyps gitu hahaha 😀

    Dan Happy Birthday buat Blog Buku Indonesia. Semoga makin jaya (asik), makin the best, makin sering memberikan informasi soal dunia perbukuan. Aminnn

    twitter: @andriaanrosidin
    fb: Andrian Rosidin

    Like

  5. SELAMAT HARI LAHIR BBI!!! Panjang umurrr…panjang usiaaaa…. 🎂🎂🎂🎉🎉🎉🎉🎊🎊🎊
    🙂

    Satu judul buku ya. Hemnn mungkin saya akan pilih the 100 dari Kass Morgan. Ada unsur scifi dan dystopianya juga.
    Kisahnya sendiri tentang kehidupan sesudah perang nuklir. Manusia memutuskan tinggal didalam pesawat luar angkasa bernama the Arc. Lalu suatu saat, kurang lebih 97-98 tahun kemudian, 100 remaja terpilih dikirim kembali untuk melihat sikon di sana. Cerita ini komplit ada drama keluarga, aksi ga tanggung2 serta yang saya suka memperlihatkan sisi kemanusiaan ketika individu dihadapkan dalam sebuah situasi yang benar2 baru buat mereka.
    The 100 sendiri sudah ada serialnya, CW dan masuk ke season 2. Meski ada banyak perbedaan antara serial dan buku, namun inti dan plotnya ga menyimpang kok 🙂
    Sekian aja sih heheheh. Oh ya salam kenal sebelumnya buat admin, saya memes bukan istri adi m.s yah 😀😀

    Email :Zetaclarkson@gmail.com

    Like

    1. Wah, sepertinya keren ya bukunya ^_^

      Salam kenal juga Memes, salam buat Kevin yak *ehsudahdibilangbukan* 😀

      Terima kasih sudah ikutan ya. Semoga beruntung 🙂

      Like

  6. Satu judul buku yang menurut saya masuk dalam genre post apocalyptic adalah The Maze Runner, di mana para tokoh utamanya berjuang di tengah dunia dengan alam yang tidak ramah serta ancaman wabah #rhyme.

    Dan saya mau mengucapkan selamat ulang tahun untuk BBI, semoga semakin berjaya dan semakin memberi manfaat di masa mendatang.

    Akun Medsos
    Twitter : @elfstan
    email : elfstan23@gmail.com

    Terima kasih atas kesempatannya

    Like

  7. Yay! Met ultah BBI! Semoga makin jaya dan kece ^^
    Buku yang termasuk genre post apocalyptic salah satunya adalah Angelfall oleh Susan Ee yang telah keluar terjemahannya oleh salah satu penerbit. Bercerita tentang dunia pasca kehancuran oleh adanya serangan malaikat. Alkisah ada seorang cewek sebut saja Penryn (iyalah emang itu namanya), karena tidak sengaja melihat hal yang seharusnya tidak dilihat menyebabkan adiknya diculik. Ia pun berjuang (memaksa lebih tepatnya) bersama malaikat bernama Raffe untuk merebut kembali adiknya. Ehm, selanjutnya baca sendiri saja ya hehe,,
    oia,, ini email saya : fairy.t4l3s@gmail.com
    Makasih buat GAnya ^^

    Like

    1. Oh, hahaha, iya nanti baca sendiri saja, semoga bisa segera berjodoh dengan Angelfall ^_^

      Terima kasih juga sudah ikutan. Semoga beruntung 🙂

      Like

  8. yana
    yana.arina@gmail.com
    https://www.facebook.com/KIUTE.MIUTE

    Happy Birthday BBI.. Tambah maju dan tambah keren. Semoga suatu saat saya bisa ikut bergabung ho ho ho

    umm.. buku yang termasuk Post Apocalyptic (agak mikir keras, belum pernah baca soalnya sub genre ini)..tapi yang saya lagi pingin baca itu :
    1. Extinction Edge (Nicholas S. Smith)
    2. Untaken (J.E Anchorns)

    Makasi sudah ngadain GA

    Like

    1. Terbalik sama saya, sudah pernah baca tapi gak tahu kalau buku itu termasuk genre post apocalyptic 😀

      Yeay, semoga nanti bisa gabung sama BBI ya ^_^

      Terima kasih juga sudah ikutan, good luck 🙂

      Liked by 1 person

  9. nama : imas rani
    facebook : imas ranie arkaan lazuardi
    email : Iranie35@gmail.com

    buku yg termasuk dlm genre apocalyptic itu Partials sama World War Z 🙂

    ahhh happy brithday BBI (nyalain kembang api, hhehe) makin keren ‘n makin the best pokok’a

    makasih udah kasih kesempatan

    Like

  10. Etika Setya Perwari
    @tikikabum

    Buku yang termasuk post apocalyptic menurut aku adalah I Am Legend karya Richard Matheson. Sebenernya saya juga belom baca ini sih, tapi berhubung sudah diadaptasi jadi film dengan judul yang sama, jadi ya tahu juga. Hehehe

    Happy birthday bebi~~~ Semoga tetap jaya dan bisa menebarkan virus baca buku buat Bangsa Indonesia 🙂

    Like

  11. wah kalo post apocalyptic seringnya liat film aja haha. tapi aku beneran tertarik pengen tau buku-buku apa aja yang masuk post apocalyptic. lumayan suka juga dengan sub-genre ini, jadi bakalan nyimak jawaban-jawaban di sini dah 😀

    Like

    1. Aku bahkan baru tahu sama sub genre post apocalyptic, masih baru juga sama genre ini, senang juga dapat banyak referensi buku-buku post apocalyptic baru dari teman-teman 😀

      Like

  12. Post apocalyptic kayanya lebih ‘gelap’ daripada distopia. Kalo distopia kan ga selalu ada bencana, bisa jadi saking majunya peradaban sampai menimbulkan tekanan dsb itu

    Like

      1. Dan ternyata kelupaan utjapan untuk Bebi, gpp, kan kak Ira utjapannya menyusul? :))))

        Selamat ulang, Bebi. Tetap sebarkan virus membatja ke seluruh dunia ya :’D

        Like

  13. Nama: Akhfhin Rahardhiyanto
    Fb: Akhfhin Rahardhiyanto
    Twitter: @afingleek
    Email: afingleek@gmail,com

    Buku yang termasuk post-apocalyptic: Under the Never Sky by Veronica Rossi
    Ucapan untuk bebi: Semoga bebi makin jaya! makin banyak memberikan buntelan bagi para anggota-anggotanya #ditabok dan makin banyak dikenal para penerbit dan penulis di dalam maupun luar negeri. Sukses selalu ya bebiiiiii 🙂

    Like

  14. “Under The Never Sky” by Veronica Rossi.

    Happy Birthday BBI !!! *\(^_^)/*
    Terima kasih telah menularkan virus gemar membaca! Tetap semangat dalam mewarnai dunia perbukuan di Indonesia!

    Dwi Setianto
    Twitter : @Dwi_Setianto
    Email : setians.radcliffe21@gmail.com

    Thank you and may the odds be ever in our favor! 🙂

    Like

  15. saya ikut Mbk Ira! 😀
    judul buku post apocalyptic: Untaken by J. E. Anckorn

    Ucapan untuk BBI:
    selamat ulang tahun buat Bebi!! semoga tambah jaya dan bisa menularkan virus membaca tanpa ada vaksin untuk masyarakat Indonesia pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya. Bebi hokya hokya hokya!!

    @richoiko
    ricko.mr@gmail.com

    Like

  16. Hai kak, ikutan ya! Aku kurang tahu apakah novel ini termasuk dalam genre post apocalyptic atau nggak. The 5th Wave? Hehe, hanya mencoba menebak.
    Btw, happy birthday BBI!!! Semoga sukses dalam dunia blognya! Dan semoga bisa selalu ngadain giveaway ya! Thanks ^^

    Nama: Priskila Indah Sekar
    Email: indahsekarmustika@gmail.com
    Twitter: @prizkaindah

    Like

    1. Yap, meskipun aku belum pernah baca, tapi aku rasa The 5th Wave jg masuk post apocalyptic ^^

      Amin. Terima kasih juga sudah ikutan ya. Semoga beruntung ^_^

      Like

  17. saya ikut mbak!

    judul buku: serial Hunger Game
    (saya awalnya belum terlalu yakin, sampai saya cari ke gugel dan katanya sih keitung hehehe gapapa kan mbak)

    Ucapan untuk BBI: selamat ulang tahun BBI! Makin jaya menyebarkan virus!

    Farhan A
    farhananshary@gmail.com

    Like

    1. Hahaha, yap tak apa. The Hunger Game juga mengandung unsur post apocalyptic ^_^

      Terima kasih sudah ikutan ya. Good luck 😀

      Like

  18. Nama: Zakiyatur Rosidah
    E-mail : zakiyaturrosidah409@gmail.com
    twitter: @zakiya_rosidah9

    Buku yang baru aku baca yang mengandung unsur post apocalyptic itu Divergent by Veronica Roth. Aku sih merasa begitu. Iya, aku baru baca Divergent, Kak.. Hihi 😀

    Ucapan untuk BBI? Hm.. Happy Milad yaa BBI.. Semoga makin jaya, dan mari tularkan virus-virus gemar baca buku untuk Masyarakat Indonesia yang (katanya) budaya membacanya kurang. Keep Calm and Gemar Membaca 🙂

    Terimakasih, Kak atas kesempatan ini^^ Wish Me Luck!

    Like

    1. Hihi, tak apa, aku sudah lama baca Divergent, tapi sampai sekarang juga belum baca buku ketiganya.

      Yap, Divergent juga ada unsur post apo-nya.

      Terima kasih kembali. Pasti, aku doakan semoga beruntung yaa ^_^

      Like

  19. Nama : jenny
    Email : jenny_kawilarang@yahoo.co.id

    The 5th wavenya rick yancey ya kayaknya. Tapi belum baca juga,hanya lihat sinopsisnya. Heheh….Selamat ulang tahun bebi. Terima kasih sudah memberikan warna di dunia maya perbukuan. Darimu aku jadi tau info buku buku terbaru,macam macam genre dan banyak info penting lainnya.

    Sukses terus ya !!! 🙂

    Like

  20. Bismillah, semoga beruntung ^_^

    Nama: Ananda Nur Fitriani
    Email: Anandanftrn@gmail.com
    Twitter: @anandanf07
    Facebook: Ananda Nur Fitriani

    Happy Birthday Bebi!! Makin banyak membernya, makin banyak reviewnya, makin banyak giveaway nya, makin banyaaaaak yang tau juga ya ^^ sukses teruslah buat BBI ^_^ dan wish me luck buat giveaway nya hee 😀

    The Postman dan Armageddon termasuk post apocalyptic kan ya? Post apocalyptic lainnya yang aku tau itu World War Z, Trilogy Hunger Games, dan The Wanderer. Makasii kaak udah ngadain GA nya ^^

    Like

  21. Nggak tahu banyak buku dari genre ini, tapi capcipcup di Goodreads, menemukan Find Me -Laura van den Berg adalah satu dari sekian buku bergenre post apocalyptic. Semoga benar 😀

    @asysyifaahs
    asysyifaahs[at]yahoo[dot]com

    Like

    1. Ketinggalan ucapan ulangtahunnya x_x

      Selamat ulang tahun, Blogger Buku Indonesia. Dan selamat tumbuh dan berkembang si Bebi unyu yang sekarang menginjak 4 tahun, pasti Bebi lagi lucu-lucunya dan makin heboh kalau dikasih bakpao dan fanta. Semoga BBI jadi komunitas yang keren untuk para anggotanya, makin banyak orang yang rajin membaca, makin banyak orang yang terkena virus membaca (sekaligus sindrom timbunan dan buntelan), dan semoga timbunanku makin nambah. Hwahahaha…

      Semoga BBI nggak hanya jadi “ladang” untuk dapat buku gratis begitu saja, tapi juga makin banyak orang yang sadar bahwa membaca itu penting, dan review lebih penting lagi. Semoga BBI-ers juga makin kece keren, makin banyak yang jadi reviewer handal sekaligus penulis buku. Dan semoga semesta mendukung apa yang kita lakukan ini supaya nggak sia-sia. Pokoknya kiss hug muach muach buat ultah BBI ini. 4MAZING, BBI ^________^

      Plus, semoga tahun ini jadi tahun ketiga aku dapat buku dari Kak Ira di acara BBI ini 😀 *ditabok*

      Like

      1. Amin buat doanya ^^

        Haha, Dewi Fortuna-mu memang betah nongkrong di blogku kalau sampai tahun ini Mr. Random memilih Syifa lagi 😀

        Like

  22. Post Appocalype? Bagaimana dengan Trilogi The Maze Runner by James Dashner? Kan mereka dimasukin ke Glade karena *stop before write a spoiler XD
    Dan Maze Runner juga bercerita soal virus flare yang muncul karena badai matahari. Dan ini termasuk serial favorit :* Aku punya lengkap. The Maze Runner, The Scorch Trials, The Death Cure, The Kill Order dan The Maze Runner Files 😀

    Maryana | @ryana_maryana | amz_ochi_gnz@yahoo.co.id

    Maaf ya mbak ira aku sempet salah mention XD

    Selamat ulang tahun Bebi 😀 semoga virus membaca yang kamu sebarkan semakin menjangkiti banyak orang 😀

    Like

    1. Yap, The Maze Runner juga punya unsur post-apo.

      Wah, keren, aku belum punya The Kill Order dan The Maze Runner Files.

      Yap, tak apa Ryana, nama kami memang kembaran kok 😀

      Terima kasih sudah ikutan giveawaya-nya ya. Semoga beruntung ^_^

      Like

Leave a comment