Posted in Books, Children, Elex Media Komputindo, Review 2015, Short Stories, William Elliot Griffis

Kisah-Kisah dari Negeri Belanda Review

wpid-photogrid_1421935497621.jpg

***

Buku pertama untuk #ProyekCintaPerpustakaan \^_^/

Teman-teman yang ikut meramaikan event ini bisa menyetor link reviewnya di kolom komentar di bawah😀

Kisah-kisah dari Negeri Belanda. Total ada 21 kisah di buku ini. Semua ceritanya …. errrr …. Belanda banget, huehehehe. *ya iyalah namanya juga cerita rakyat Belanda*.

Kebanyakan kisahnya menceritakan tentang asal usul. Misalnya asal usul sepatu kayu, asal-usul lambang singa, asal-usul Sinterklas, dan sebagainya. Hampir semua juga melibatkan peri dan kurcaci lengkap dengan setting alam tempo dulu yang keindahan alamnya digambarkan dengan luar biasa.

Sayang menurut saya, ceritanya kurang enak dibaca. Seperti terasa kaku. Entah salah diterjemahannya, atau memang sudah dari sananya, atau otak saya yang memang lagi korslet.

Susah sekali masuk ke dalam ceritanya. Kalau dianalogikan sih seperti masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Saya memang masih mampu membaca kisahnya tanpa di-skip tapi terkadang tidak ada yang nyantol di otak. Tahu-tahu saya sudah sampai di paragraf berikutnya tanpa menyerap apa yang saya baca di paragraf sebelumnya. Alhasil saya balik lagi membaca dari awalđŸ˜„

Yah meskipun begitu, saya tetap suka dengan buku ini. Pertama karena covernya. Tuh sepatu kayunya kelihatan unyu sekali kan?😀

Yang kedua, seperti yang saya bilang sebelumnya, ceritanya, Belanda banget. Meskipun hanya dongeng, tapi banyak informasi menarik yang bisa didapat tentang negeri kincir angin ini. Salah satunya adalah tentang ungkapan-ungkapan yang sering digunakan dalam bahasa Belanda. Misalnya tentang mengapa orang Belanda tidak mengucapkan “Bagaimana kabarmu hari ini?” melainkan “Bagaimana pelayaranmu hari ini?”. Silakan baca Legenda Sepatu Kayu untuk mengetahui alasannya😀

Yang ketiga, karena ini dongeng, tentunya banyak pesan moralnya. Kalau ada anak yang rakus, maka bacakan saja Kisah Anak Lelaki Penggemar Keju. Kalau ada anak yang egois, ceritakan saja Kisah Gandum yang Membawa Petaka. Kalau ada anak yang sering membangkang, well, kisahkanlah Kisah Putri Duyung yang Terjebak.

Ngomong-ngomong, setelah membaca buku ini, saya jadi membayangkan Belanda tempo dulu itu keadaan alamnya seperti The Lord of The Ring. Tahulah yang banyak hutannya lengkap dengan elf dan kurcaci yang berkeliaran. Saya jadi ingin kesana. Terutama setelah membaca cerita Legenda Sepatu Kayu. Dalam cerita itu dikatakan kalau pohon-pohon utama di negeri Holland yaitu pinus, birch, ash dan ek berasal dari jutaan peri baik yang turun ke bumi. Tuh kan, rasanya pengen bermain-main di bawah pohon-pohon itu dan menikmati keindahan alam ala dongeng.

At last, 3 dari 5 bintang lah untuk buku ini, 3 bintang untuk 3 poin yang saya sebutkan di atas. Yep, I liked it🙂

***

Judul: Kisah-Kisah dari Negeri Belanda | Seri: Cerita Rakyat Dunia | Pengarang: William Elliot Griffis | Penerbit: Elex Media Komputindo | Edisi: Bahasa Indonesia, Cetakan I, 2013 | Alih bahasa: Esti Hapsari | Jumlah halaman: 287 halaman | Status: Pinjam di Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru |  Tanggal pinjam: 19 Januari 2015 | Rating saya: 3 dari 5 bintang

***

Review ini diikutkan dalam event #ProyekCintaPerpustakaan, CLRP, New Authors RC 2015, dan Lucky No. 15 RC Kategori Dream Destination

proyek-cinta-perpustakaan

childlit_01

narc2015

lucky-no15

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

