Posted in Books, Fantasy, Leigh Bardugo, Mizan Fantasi, Review 2014

Shadow and Bone Review

shadow_and_bone_uploaded_by_irabooklover

Sinopsis:

Terkepung musuh, Negara Ravka yang pernah berjaya, saat ini terbagi dua oleh wilayah terselubung kabut kegelapan penuh monster pemburu daging manusia. Nasib Ravka berada di pundak seorang pengungsi kesepian, Alina Starkov.

Yatim piatu, kesepian, dan merasa tidak istimewa, hidup Alina bernar-benar suram jika saja tak ada Mal, satu-satunya sahabat Alina yang tersisa. Ketika resimennya diserang di Shadow Fold, sahabatnya terluka parah. Semua yang ia miliki nyaris terenggut darinya.

Alina dibawa ke istana untuk dilatih sebagai anggota Grisha, pasukan sihir pimpinan Sang Kelam yang misterius. Sang Kelam percaya bahwa di balik masa lalunya yang mencekam, Alina memegang kunci yang bisa membebaskan negaranya dari peperangan. Namun, itu berarti Alina harus berpisah dengan Mal.

Dengan kegelapan yang terus membayangi dan seluruh kerajaan bergantung pada kekuatannya, Alina harus berhadapan dengan rahasia Grisha … dan rahasia hatinya.

Dan rahasia hatinya …. hmmm …. ntah kenapa saya tidak suka bunyinya  .*abaikan*.😀

Shadow and Bone…cover-nya keren, setting-nya keren, tapiiii, ceritanya mengingatkan saya dengan The Magician’s Guild by Trudi Canavan.

Ga tahu juga kenapa ini jadi sangat mengganggu saya. Kisahnya mirip. Tentang seorang gadis yang pada awalnya bukan siapa-siapa, tapi ternyata memiliki kekuatan sihir yang luar biasa, yang akhirnya terlibat asmara dengan pemimpin tertinggi kelompok penyihir. Kebetulan si pemimpin ini juga berpakaian hitam-hitam. Dan setiap penyihir atau istilahnya Grisha di sini punya identitas warna masing-masing.

Tapi … untunglah ending-nya beda😀

Alina Starkov, gadis yatim piatu yang biasa-biasa saja, tiba-tiba menemukan kekuatannya ketika sahabatnya sejak kecil, Malyen ‘Mal’ Oretsev, hampir tewas karena serangan makhluk pemakan manusia bernama Volcra yang menyerang mereka ketika mereka mendapat perintah untuk menyeberangi Shadow Fold, sebuah wilayah gelap berbahaya yang memisahkan negara Ravka menjadi dua.

Alina pun segera dibawa menghadap Sang Kelam, Grisha terkuat Raja yang bisa mengendalikan kegelapan. Alina akhirnya mengetahui kalau dia adalah seorang Grisha yang dapat mengendalikan Cahaya. Alina segera dibawa ke kediaman para Grisha untuk dilatih dan ini artinya dia harus berpisah dengan Mal.

Alina pun terlibat masalah politik istana. Bingung siapa yang mengatakan kebenaran dan siapa yang berbohong. Belum lagi Sang Kelam yang tampaknya tertarik dengannya. Sang Kelam juga meminta Alina untuk memakai penguat gelombang terkuat yang pernah ada untuk meningkatkan kekuatannya agar bisa digunakan untuk menghancurkan kegelapan di Fold. Sayangnya, penguat gelombang ini sangat sulit didapatkan.

Dan masalah adalah tanpa penguat gelombang pun sudah banyak pihak yang ingin memanfaatkan Alina, bahkan ada yang ingin membunuhnya karena kekuatan cahayanya lah satu-satunya cara untuk menghancurkan kegelapan di Fold.

So, bagaimana nasib Alina selanjutnya? Siapa yang harus dia percayai? Dan bisakah dia bertemu dengan Mal lagi?

At last, yang pasti walaupun setting Rusianya keren dan ceritanya diceritakan dengan menarik, tapi gara-gara keingat sama penyihir-penyihir Imardin di The Magician’s Guild, saya jadi rada gimana gitu membaca kisah petualangan Alina.

Tapi, ini cerita bikin penasaran deh. Gimana akhirnya ya? Tampaknya Alina dan Mal harus menghadapi masalah super berat kali ini. Ah, tapi dengan kemurahan hati yang diajarkan oleh kisah ini, sepertinya mereka berdua akan baik-baik saja. Semoga :3

And, 3 dari 5 bintang untuk Shadow and Bone. I liked it ^_^

***

Judul: Shadow and Bone | Pengarang:  Leigh Bardugo | Edisi bahasa: Indonesia | Penerbit: Mizan Fantasi (Cetakan Pertama, Juni 2013) | 1st Published: 2012 | Jumlah halaman: 352 halaman | Status: Pinjam di Perpustakaan Daerah Banjarbaru| My rating: 3 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s