Posted in Books, Fantasy, Review 2014, Stella Furuya, Zettu

Battle Royale (Reread) Review

Baca Bareng September Tema Buku dengan Rating Rendah di Goodreads (di bawah 3 Bintang)

Battle Royal 

Judul: Battle Royale: The Last Stand | Pengarang:  Stella Furuya | Edisi bahasa: Indonesia | Penerbit: Zettu (Cetakan I, Jakarta, 2013) | Jumlah halaman: 228 halaman | Status: Owned book | Date purchased: October, 27th 2013 | Purchase location: Toko Valentine Plaza Amuntai | Price: Rp22.500,- | My rating: 3 of 5 stars

Sebetulnya buku ini sudah ada diantrian baca bulan September. Tapi setelah ada sedikit drama dengan buku silat untuk tema baca bareng BBI yang satunya (baca curhatannya di sini), buku ini jadi telat dibacanya😀

Saat tahu kalau salah satu tema baca bareng bulan September adalah buku dengan rating di bawah 3 bintang di Goodreads, saya langsung bingung menentukan mau baca apa. Setelah mempelototi rak Goodreads saya dalam waktu lama, akhirnya ada buku di daftar owned books saya yang ratingnya di bawah 3 bintang.

Well, well, well, ternyata bukunya adalah Battle Royale. Padahal buku ini baru tahun lalu saya baca. Ga apa-apa deh, yang penting ada bacaan untuk tema baca bareng😀

Sebelumnya mari kita simak dulu sinopsis yang saya contek dari cover belakang buku ^^

Sinopsis:

Dunia memang penuh keserakahan. Keserakahan muncul karena manusia. Keserakahan membuat dunia menjadi tidak seimbang. Untuk itulah, permainan ini diadakan. Battle Royale adalah sebuah permainan bertahan hidup. Membunuh atau dibunuh, hanya itulah pilihannya. Kau tidak bisa lari lagi jika telah masuk ke dalam permainan ini. Hanya ada satu orang yang sanggup bertahan hingga akhir dan menjadi pemenangnya. Sang pemenang berhak mendapatkan sepertiga kekuasaan dari seorang penguasa negara, Yamamoto Ryosuke.

Mizu, salah satu peserta yang terpaksa ikut dalam permainan itu hanya untuk bertemu dengan adiknya yang bernama Takuya, karena menurut informasi yang didapatkannya dari Joker bahwa adiknya masih hidup dan juga menjadi salah satu peserta dalam permainan itu. Namun, dibalik permainan itu, ternyata Yamamoto Ryosuke mempunyai rencana tersembunyi. Dia memasukkan ketiga kaki tangannya, yaitu Thunder, Lie dan Judas ke dalam permainan tersebut. Sebenarnya, rencana apa yang sedang dijalankan olehnya? Benarkah sepertiga kekuasaannya akan jatuh kepada Sang Pemenang? Ataukah…

Sinopsisnya menarik ya? Terus kenapa ratingnya di bawah 3?

Dari statistik di Goodreads saat saya menulis review ini, buku Battle Royale ditambahkan ke rak oleh 15 orang user, 12 diantaranya sudah memberi rating dengan rata-rata 2,42. Dua diantara user-user tersebut sudah ngasih review, salah satunya saya😀

Saya sebetulnya sudah membuat review saat pertama kali membaca buku ini. Reviewnya bisa dilihat di sini.

Setelah di reread, pendapat saya tidak jauh beda, cenderung lebih baik karena saya sudah bisa mengikuti bagaimana gaya bahasanya. Saya bisa mengerti ceritanya terlepas dari kekurangan-kekurangan yang ada di buku ini. Sayangnya saya tidak paham masalah-masalah teknis yang ada di dalam sebuah novel. Yang pasti ada yang kurang gitu. *selfkeplak*. Setelah membaca review-nya Biondy, saya baru tahu kalau kurangnya itu ada hubungannya dengan kelemahan karakter dan latar cerita.

Dari komennya Indah Tri Lestari di review saya sebelumnya, saya baru tahu kalau ada buku populer karangan Koushun Takami dengan judul yang sama. Sepertinya inti ceritanya juga mirip. Tentang permainan saling bunuh hingga hanya ada satu yang tersisa.

Ya, seperti yang dituliskan oleh sinopsis di atas, Battle Royale adalah cerita tentang sebuah permainan berhadiah. Permainan ini dilaksanakan di sebuah casttle. Para peserta yang sudah mengikuti permainan ini tidak bisa mundur. Mereka mau tidak mau harus saling bunuh untuk tetap hidup dan menjadi pemenang. Sayangnya ada orang serakah yang berencana mengacaukan permainan dan berniat menguasai bukan hanya sepertiga kekuasaan Yamamoto Ryosuke, tapi semuanya.

Hmmmm…ceritanya seru sebenarnya kalau bisa dieksekusi dengan lebih baik lagi.  At last, meskipun ceritanya sedikit berasa incomplete, rating saya untuk novel ini tetap 3 dari 5 bintang. Adegan pertarungannya sanggup membuat saya meringis ngeri. Pesan yang disampaikannya juga bagus. Tentang bagaimana kekuasaan dan kekayaan bukanlah segalanya. Hanya hati yang penuh cinta tanpa dendam yang bisa menemukan kebahagiaan di cerita ini.

Sooooo…, I liked it. ^^

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

