Posted in Books, Buku Jalan-jalan, Children, Erich Kӓstner, Gramedia Pustaka Utama, Review 2014

Buku Jalan-jalan #3 | Lotte Rangkap Dua Review

 photo bukujalanjalan_zpsf2569632.jpg

Buku Jalan-jalan Bulan Agustus: Lotte Rangkap Dua by Erich Kӓstner

lotte_rangkap_dua_by_erich_kastner_uploaded_by_irabooklover

Title: Lotte Rangkap Dua |  Author: Erich Kӓstner | Edition language: Indonesian | Publisher: Gramedia Pustaka Utama | Edition: 1st edition, Jakarta, Juli 2001 |  Page: 190 pages | Status: Pinjem dari Zelie @ Book-admirer |  My rating: 4 of 5 stars

***

Sinopsis:

Aneh juga rasanya, apabila dua gadis cilik yang sebelumnya tidak saling mengenal, tiba-tiba bertatap muka dan melihat bahwa penampilan mereka sangat serupa — seperti pinang dibelah dua! Satu-satunya yang membedakan mereka adalah bahwa Luise Palfy yang dari Wina berambut ikal terurai, sedangkan Lotte Korner dari Munchen dikepang rambutnya.

Mereka memerlukan waktu beberapa hari, sebelum akhirnya bisa mengatasi rasa terkejut. Tapi mulai saat itu keduanya berusaha mencari penjelasan, apa sebabnya wajah mereka begitu mirip: Luise akan mengaku bahwa ia Lotte dan kembali ke Munchen, sementara Lotte pergi ke Wina, sebagai Luise….

Bisa dibayangkan, bagaimana kekacauan yang kemudian terjadi: di sekolah, di kalangan teman-teman, dan terutama di rumah masing-masing! 

Hai…hai bertemu kembali di proyek Buku Jalan-Jalan bersama Zelie @ Book-admirer \^_^/

Proyek buku jalan-jalan ini sederhana aja kok, kita cuma pinjem-pinjemin buku. Trus bukunya dibaca dan direview bareng. Dan bulan ini saya meminjam buku Lotte Rangkap Dua dari Zelie.

Btw, buku ini benar-benar penuh kejutan. Pertama, karena judulnya. Entah kenapa saya ingatnya judulnya adalah Lotte Dua Rasa. Jadi waktu pengen pinjem Lotte Rangkap Dua ke Zelie, saya bilangnya pengen pinjem Lotte Dua Rasa. Untung Zelie-nya paham dengan apa yang saya maksud. Jadi pas bukunya sampai, benar saja yang saya terima adalah Lotte Rangkap Dua, bukan Lotte Dua Rasa. *emang ada ya judul buku Lotte Dua Rasa*😀

Yang kedua, karena bukunya ternyata kecil dan tipis. Di dalam bayangan saya, Lotte Rangkap Dua ini tipe buku klasik yang lumayan tebal.

Yang ketiga, saya merasa familiar dengan kisahnya. Dari comment Mbak A.S Dewi di Facebook, saya baru tahu kalau ada film yang terinspirasi dari buku ini. Judulnya The Parent Trap dan dibintangi oleh Lindsay Lohan. Saya kira cerita buku ini terasa familiar karena saya sudah pernah menonton filmnya, ternyata tidak. Rasanya saya belum pernah menonton film Lindsay Lohan kembar, hehehe. Jadi yang familiar mungkin cerita anak kembar tukar perannya ya, hahhah *dasarplinplan*

Ngomong-ngomong lagi, saya heran kenapa judul terjemahan bahasa Indonesia-nya Lotte Rangkap Dua ya? Kenapa tidak Luise Rangkap Dua?😀

Nah ceritanya sendiri menurut saya sih kurang berkesan. Bukan karena kurang bagus sih, tapi karena ceritanya terlalu tipis. Rasanya masih pengen lagi mengikuti petualangan si kembar lebih lama.

At last, saya suka cerita anak-anak seperti ini. Rasanya senang gimana gitu. Jalan pikiran anak-anak yang sederhana ternyata bisa menyelesaikan masalah keluarga yang menurut saya sangat rumit. Mereka bisa menebak dan dengan mudahnya menerima kalau mereka kembar. Dengan entengnya mereka bertukar tempat untuk mempersatukan keluarga mereka kembali. Tapi apakah misi ini akan berhasil? Soalnya tanpa diduga, Lotte menemukan nona pengganggu yang mengancam akan merebut posisi ibu mereka. Nah nah nah, apa yang akan dilakukan oleh sikembar ya? Lotte yang serius dan Luise yang kekanakan membuat ceritanya lumayan lucu. So,  4 dari 5 bintang untuk Lotte Rangkap Dua. I really liked it 😀

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

2 thoughts on “Buku Jalan-jalan #3 | Lotte Rangkap Dua Review

Leave a Reply

