Posted in Books, Buku Jalan-jalan, Children, Fable, Fantasy, Gramedia Pustaka Utama, Kate DiCamillo, Review 2014

BUKU JALAN-JALAN #1 | THE TALE OF DESPEREAUX REVIEW

 photo the_tale_of_despereaux_zpsb28ebb74.jpg

Title: The Tale of Despereaux |  Author: Kate DiCamillo | Edition language: Indonesian | Publisher: Gramedia Pustaka Utama | Edition: Second edition, March 2005 | Status: Pinjem dari Zelie @ Book-admirer |  My rating: 4 of 5 stars

***

Sinopsis di belakang buku:

Ini kisah tentang Despereaux Tilling, tikus kastil yang jatuh cinta pada musik, cerita-cerita, dan putri bernama Pea. Ini juga kisah tentang tikus got bernama Roscuro, yang hidup dalam kegelapan namun sangat menyukai dunia yang dipenuhi cahaya. Dan ini kisah tentang Miggery Sow, gadis pelayan berotak lamban yang memiliki satu harapan yang sederhana tapi mustahil.

Tokoh-tokoh ini akan melakukan perjalan yang membawa mereka turun ke ruang tahanan bawah tanah yang mengerikan, naik ke kastil yang gemerlapan, dan akhirnya, ke dalam kehidupan mereka masing-masing. Dan apa yang terjadi saat itu?

Pembaca, kau ditakdirkan untuk mencari tahu.

Buku pertama untuk proyek Buku Jalan-Jalan bersama Zelie @ Book-admirer \^_^/

Buku jalan-jalan sendiri adalah proyek *yaelahproyek* saya bersama Zelie hasil dari comment iseng saya waktu event Guest Post untuk BBI Anniversary 2014.

Proyeknya sederhana aja kok, kita cuma pinjem-pinjemin buku. Trus bukunya dibaca dan direview bareng. Tapi karena Zelie ada di Jakarta dan saya ada di Banjarbaru (KalSel) jadilah pinjem-pinjemin kami jadi ajang jalan-jalan. Jalan-jalan bagi si buku tapinya, bukan orangnya😀

Okeh, kembali ke Kisah Despereaux, saya jatuh cinta pertama kali pada buku ini gara-gara sinopsisnya. Jujur saya baru ngeh kalau buku ini ada gara-gara posbar BBI bulan Januari. Dan baru nyadar juga kalau ternyata buku ini sudah difilmkan dalam bentuk animasi. Astaga kemana saja sih saya. *tutupmukapakaibantal*

Ehm…kembali ke The Tale of Despereaux. Seperti yang sudah “dikatakan” oleh sinopsisnya, buku ini menceritakan tentang seekor tikus kastil bernama Despereaux. Despereaux ini adalah tikus yang tidak tikus banget. Maksudnya apa yang biasanya disukai oleh tikus tidak disukai oleh Despereaux dan apa yang disukai oleh Despereaux sama sekali tidak disukai oleh tikus-tikus kastil lain.

Despereaux menyukai cahaya, musik dan seorang putri cantik bernama Pea. Selain itu, Despereaux adalah seekor tikus yang sangat kecil untuk ukuran tikus serta mempunyai telinga yang sangat besar untuk ukuran telinga tikus.

Singkatnya, Despereaux ini sangat berbeda. Dan perbedaan itu tidak bisa diterima oleh rekan-rekannya sesama tikus kastil. Bahkan oleh keluarganya sendiri. Desepereaux pun dihukum untuk tinggal di ruang tahanan bawah tanah.

Kemudian kisah beralih ke seekor tikus got jauh di ruang tahanan bawah tanah. Namanya Chiaroscuro atau biasa dipanggil Roscuro. Sebuah kejadian kecil mengubah Roscuro, yang seharusnya menyukai kegelapan seperti tikus got pada umumnya, menjadi menyukai cahaya.

Dan disinilah masalah dimulai. Roscuro melanggar peraturan yang sangat mendasar bagi tikus got. Roscuro nekat meninggalkan ruang tahanan bawah tanah dan pergi ke atas dimana cahaya melimpah ruah.

Dan tentu saja, ada konsekuensi yang harus ditanggung Roscuro akibat perbuatannya itu. Roscuro merasakan sebuah tatapan yang membuat hatinya hancur dan dia berniat untuk balas dendam kepada orang yang memberikannya tatapan itu.

Kisah kemudian berlanjut jauh di luar kastil. Menceritakan tentang seorang anak manusia bernama Miggery Sow. Kehidupan Miggery Sow sangat menyedihkan. Telinganya sering dijewer oleh paman yang bukan pamannya sehingga telinganya jadi sebesar kembang kol dan Mig jadi sedikit tuli.

Sebuah keberuntungan membawa Mig ke dalam istana dimana Mig pikir akhirnya dia bisa mencapai impiannya untuk menjadi seorang putri yang berjalan dengan bajunya yang gemerlapan, yang sayangnya adalah sebuah impian yang sangat mustahil.

Ketiga tokoh utama kita ini akhirnya saling bertemu dengan misinya masing-masing. Dan apa yang terjadi selanjutnya? Yah seperti yang tertulis di sinopsis, “Pembaca, kau ditakdirkan untuk mencari tahu.”

Saya speechless  deh setelah membaca buku ini. Bagus banget. Bagian penutupnya membuat cerita ini makin berkesan. Terutama dibagian ini:

Aku akan senang sekali kalau kau menganggap aku sebagai tikus yang bercerita kepadamu, menceritakan kisah ini dengan segenap hatiku, membisikkannya ditelingamu untuk menyelamatkan diriku dari kegelapan, dan untuk menyelamatkanmu dari kegelapan juga.

“Cerita seperti cahaya,” kata Gregory si sipir pada Despereaux.

Anak-anak, kuharap kau menemukan cahaya di sini. 

At last, saya suka sekali dengan gaya penceritaan buku ini. Indah dan menyenangkan. Serasa seperti didongengi sebelum tidur dengan dongeng yang mengandung pesan moral yang disampaikan dengan indah.

4 dari 5 bintang untuk The Tale od Despereaux. I really liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

2 thoughts on “BUKU JALAN-JALAN #1 | THE TALE OF DESPEREAUX REVIEW

  1. Hey!

    Aku juga peminat buku sama dengan Anda. Apakah Anda punya koleksi buku elektronik (e-book)? Jaran bisa dapat buku dalam bahasa Indonesia online (yg bahasa inggris atau bahasa lain juga bagus!). Aku bersama teman2 membuat situs untuk kumpulkan dan bagikan berkas ( http://www.kumpulbagi.com ). Di situs ini Anda bisa membagikan dengan mudah semuanya tanpa upaya dengan registrasi dan pemberantasan ukuran dan waktu terhapus . Tidak ada pengguna premium. Semuanya gratis… Kalau Anda mau aku mohon untuk membuat koleksi buku elektronik Anda hanya butuh beberapa waktu untuk bagikan sastra yang baik dengan lainya

    Cek koleksi saya dan coba caranya http://kumpulbagi.com/Edoo/buku-sekolah-inggris-1312/list,1,1 !

    Salam

    Edo

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s