Posted in Non Review

SCENE ON THREE #28 | BULAN SETEMPAYAN

“Ah, Nenek selalu begitu. Nenek kan sudah tua. Jangan terlalu banyak bergerak. Nanti Nenek sakit.”

Sudah tua dan sakit. Dua kata yang terlontar dari bibir molek itu bagai menikam hulu hatinya. Sungguh perempuan itu belum sedikit pun merasa tua, apalagi sakit. Dalam usianya yang sekarang, enam puluh tiga, rasanya ia masih mampu melakukan apa saja. Sekalipun mendaki bukit kecil di desanya. Seperti yang sering ia lakukan dulu, ketika mengumpulkan reranting raky, kala mau pulang dari ladang.

“Nenek belum tua, Cu.”

—-hal. 49

Scene dari cerpen Bulan Setempayan dari buku Kumpulan Cerpen Kaki yang Terhormat by Gus TF Sakai.

Bulan Setempayan menceritakan tentang sakit hati seorang perempuan yang sudah dianggap tua oleh anak dan cucunya sendiri. Perempuan tersebut sangat dimanja oleh anaknya. Tidak boleh melakukan pekerjaan yang berat-berat, kalau mau minum nanti diambilkan, tidak boleh mencuci piring, dan sebagainya. Pokoknya si Nenek disuruh santai saja deh.

Tapi ternyata bakti anak dan cucunya ini malah membuat si Nenek sakit hati.  Si Nenek yang dulunya adalah pekerja keras di ladang ini memang masih kuat. Disuruh santai dan diperlakukan seperti orang yang sudah tua dan sakit malah membuat beliau tidak senang karena beliau terbiasa bekerja dan bergerak.

Dan menurut pengalaman pribadi saya, hal itu memang benar lo. Pokoknya jangan pernah melarang Nenek kalau beliau ingin beraktifitas deh. Salah-salah beliau malah  sewot. Dan memang seringnya lebih kuat Nenek daripada saya kalau kami jalan bareng. Hedeh, yang muda malah ngos-ngosan duluan ^^

Saya juga pernah melihat adek mahasiswa yang ingin membantu seorang nenek menyebrang. Tapi si mahasiswa malah dimarahin si Nenek dan bilang kalau beliau bisa menyebrang sendiri.

Kasihan adek mahasiswa itu, dia jadi malu dan salah tingkah. Tampaknya dia berasal dari luar kota dan tidak tahu kalau Nenek disini masih tangguh-tangguh karena sejak muda sudah terbiasa bekerja keras di sawah 😀

Scene on Three hosted by Bacaan Bzee

Oke, ini scene pilihan saya hari ini. Apa scene pilihanmu?  Click the picture above to see more information about this meme yaa ^_^

Have a nice “13” for you  ♪(´ε` )

Advertisements

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

2 thoughts on “SCENE ON THREE #28 | BULAN SETEMPAYAN

  1. Betul, karena terbiasa kerja keras malah ga bisa disuruh nganggur. Tapi kadang ada juga sih yg sudah sakit dan memang sudah ga boleh kerja berat tetep ngeyel, susah juga kalo kasusnya gini.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s