Posted in Books, Fantasy, Joanne Owen, Review 2014, Ufuk

THE ALCHEMIST AND THE ANGEL REVIEW

 photo the_alchemist_and_the_angel_zps6cbaf8b2.jpg

Title: The Alchemist and The Angel | Author: Joanne Owen | Edition language: Indonesian | Publisher: Ufuk | Edition: Second edition, October 2013 | Page: 357 pages | Status: Owned book | Purchase location: Buku Murah Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru | Date purchased: March 2014 | My rating: 3 of 5 stars

***

Pasca menjadi yatim piatu akibat penyakit menular yang telah merenggut nyawa kedua orang tuanya, Jan tinggal bersama Paman Gustav dan istrinya, Bibi Greta.

Gustav adalah seorang alkemis yang mempunyai cita-cita untuk menciptakan serum kehidupan. Gustav pun mengangkat Jan sebagai asistennya untuk memastikan kalau cita-citanya akan terus berlanjut meskipun dia telah tiada.

Jan senang pamannya akhirnya mengijinkannya untuk memasuki dunia ilmu pengetahuan yang selama ini diidamkannya. Berdua, mereka melakukan percobaan-percobaan seru yang dapat membuat Jan melupakan kesedihannya karena telah ditinggal orang tua.

Sementara itu Bibi Greta merasa diasingkan saat melihat keakraban mereka berdua. Bibi Greta juga tidak setuju saat suaminya dan Jan memilih untuk merahasiakan serum kehidupan mereka yang setidaknya sampai saat ini bisa menggerakkan sayap sekor kupu-kupu mati. Menurut Bibi Greta, kalau penemuan itu dipublikasikan, mereka akan menjadi terkenal dan mungkin akan diundang oleh sang Raja ke istana.

Suatu hari, Paman Gustav meninggal secara mendadak. Bibi Greta memutuskan untuk pindah ke Praha dimana pusat kerajaan berada. Ketika sampai di Praha, Jan dan bibinya bertemu orang asing yang membawa mereka ke sebuah tempat pertemuan rahasia para cendekiawan.

Disana, Bibi Greta tiba-tiba menghilang. Jan yang kebingungan akhirnya diselamatkan oleh seorang gadis cantik yang mengaku dirinya adalah Malaikat dari Ghetto.

Jan pun bertekad melanjutkan penemuannya tentang serum kehidupan sambil mencari Bibi Greta. Namun Jan yang polos dan berasal dari desa kecil itu sama sekali tidak menyadari bahwa sandiwara-sandiwara licik sedang  berlangsung di sekitarnya.

***

Covernya cantik. Ceritanya tentang alkemis dan Praha. Dan seharusnya saya suka karena alkemis dan Praha adalah salah satu topik favorit saya.

Sayang yang nyantol di kepala saya malah suramnya suasana kota Praha di abad ke-16. Kesenjangan sosial. Penyakit menular yang mematikan. Penipuan-penipuan. Dan banyak hal tidak menyenangkan lainnya.

Tapi saya suka dengan dongeng-dongeng tambahan di luar kisah yang ditampilkan di buku ini. Sepertinya dongeng-dongeng tersebut diambil dari cerita rakyat. Masing-masing dongeng dikisahkan sesuai dengan keadaan tokoh-tokohnya. IMO, dongeng-dongeng ini lebih menarik daripada kisah petualangan Jan sendiri.

At last, meskipun kisah petualangan Jan sendiri kurang berkesan, tapi saya sangat suka dengan dongeng-dongeng tambahan yang dituliskan dengan background unik seolah-seolah berasal dari sobekan buku tua ini.

So,  3 dari 5 bintang untuk The Alchemist and The Angel. I liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s