Posted in Non Review

GUEST POST BBI ANNIVERSARY 2014

Giveaway Hop BBI 2014

Saatnya untuk event kedua dalam rangka perayaan ulang tahun BBI yang ketiga °\(^▿^)/°°\(^▿^)/°°\(^▿^)/°

Silakan klik gambar di atas untuk info selengkapnya tentang event ini ya^_^

And, langsung saja. Di event Guest Posting ini, pertama-tama, saya ingin menjelaskan tentang latar belakang tema yang saya lemparkan untuk guest saya.

Ide tema tersebut muncul karena saat ini saya sedang…errrr…’terjebak’ dalam keadaan yang seharusnya tidak saya lakukan kalau saja saya tidak membaca sebuah buku yang mendorong saya untuk melakukan hal tersebut *ribetmodeon*

Nah, saya jadi penasaran ada tidak sih buku yang kalian baca yang — setelah membacanya — kalian terpengaruh sebegitunya dan mengambil keputusan atau melakukan sesuatu karena pengaruh buku tersebut?

Kalau saya ada. Sampai saat ini, ada beberapa buku yang bisa membuat saya begitu. 5 diantaranya sudah saya post untuk proyek #5BukuDalamHidupku yang diadakan oleh Mas Irwan akhir tahun lalu. Satu yang terbaru saya post untuk event ini sebagai guest posting. Silakan cek di blog host saya di blog-nya Azia Azmi di Reading is My Blood ya.

Sebetulnya, tema ini ingin saya tulis untuk post saya sebagai guest. Tapi karena sedang kena krisis ide, saya juga mengajukan tema yang sama ke guest saya — yang baik hati — yang langsung menyetujui tema yang saya usulkan, hihihihi.

Secara umum, temanya adalah seberapa besar pengaruh hobi membaca dalam kehidupan kalian *haduhaikatakatanya*.

Yang jadi guest saya di event ini adalah seorang blogger buku yang sudah terkenal😀. Sebagai petunjuk guest saya ini adalah salah satu pengelola blog Kilas Buku. Nah, sudah tahu kan siapa? Kalau belum kenalannya nanti saja ya *lho*. Sekarang ayo dibaca dulu post yang dia tulis sebagai guest di blog saya. Cekidot (^‿◕)

Pengaruh Membaca dalam Kehidupan

 

Bacalah dengan nama Tuhanmu (QS. Al Alaq: 1)

 

Dalam Islam, surah itulah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. ‘Baca’ adalah kata pertama yang didengarnya ketika Jibril menghampirinya saat menyampaikan wahyu dari Tuhan. Dengan kata lain, membaca adalah salah satu perintah Tuhan kepada manusia selama mereka masih hidup.

 

Membaca bisa diartikan beragam. Karena membaca belum tentu bermaksud melakukan kegiatan membaca tulisan. Membaca juga bisa bermaksud berpikir dan menganalisa. Namun saat ini saya hanya membahas tentang apa pengaruh kegiatan membaca sebuah tulisan (buku) dalam kehidupan sehari-hari.

 

Soal pengaruh atau manfaat tentang kegiatan membaca, setiap orang di dunia, bahkan yang tidak suka membaca, tahu pasti bahwa membaca punya manfaat yang besar. Pertama, membaca adalah kunci dari pengetahuan. Pertanyaan saya: kemampuan apa yang harus kita lakukan agar dapat menulis? Jawabannya adalah membaca. Biasanya belajar menulis dilakukan setelah belajar membaca. Atau setidaknya berbarengan. Atau jika memang belajar menulis dimulai terlebih dahulu sebelum membaca, tetap saja si pembelajar harus melihat seperti apa hurufnya dan bagaimana cara menuliskan huruf tersebut. Kegiatan melihat huruf dan bagaimana cara menuliskan huruf, masih saya sebut sebagai membaca. Seperti pendapat yang saya ungkapkan diatas tadi, membaca bisa diartikan beragam, maka melihat dan memahami bisa berarti membaca. Nah, jadi tetap saja belajar membaca dilakukan sebelum belajar menulis. Seorang penulis yang memiliki tulisan yang baik dan kaya, biasanya senang membaca. Saya tulis ‘biasanya’ karena mungkin saja ada penulis yang mampu menulis dengan bagus namun tidak senang membaca. Tapi kejadian seperti ini sangat jarang terjadi.

 

Masih soal keterkaitan membaca dengan pengetahuan. Banyak contoh nyata yang bisa dilihat. Membaca bisa meningkatkan wawasan dan pengalaman. Kita bisa saja berbicara tentang suatu kota yang tidak pernah kita kunjungi karena sebelumnya telah membaca tulisan yang terkait dengan kota tersebut. Atau kita bisa saja melakukan sesuatu yang tadinya dirasa sulit karena sebelumnya kita membaca tulisan yang terkait dengan pemecahan masalah yang sedang kita hadapi.

 

Kedua, membaca meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini sebenarnya terkait dengan meningkatkan pengetahuan. Pendapat saya adalah, semakin banyak wawasan yang kamu dapat, semakin meningkat kepercayaan diri yang kamu miliki.

 

Ketiga, membaca meningkatkan penghasilan. Ada seorang teman berteori, jumlah buku yang kita baca berpengaruh kepada peningkatan pendapatan. Semakin banyak buku yang kita baca, semakin meningkat pula rata-rata pendapatan. Katanya, hitung secara rutin pendapatan kita per tahun dan bandingkan dengan jumlah buku yang kita baca dalam tahun tersebut. Lalu lakukan hal serupa pada tahun berikutnya dan coba bandingkan hitungan tersebut dari tahun ke tahun. Apakah benar penghasilan akan meningkat? Jujur, saya pribadi masih belum bisa percaya dengan teori ini. Kalaupun memang ada pengaruh dari kegiatan membaca dengan peningkatan pendapatan, itu karena membaca meningkatkan pengetahuan tadi. Dan pengetahuan yang bertambah tentu saja akan berpengaruh kepada kemampuan yang bermuara kepada kinerja dan hasilnya (termasuk pendapatan). Nah, tentu kembali kepada nomor satu, bukan?

 

Lalu, pengaruh membaca dalam kehidupan yang nomor empat? Silakan pembaca tambahkan sendiri. Saya yakin kalian punya pendapat yang tidak kalah menarik.🙂

 

Sebelum menutup artikel ini saya ingin menambahkan satu kutipan dari salah satu penulis yang karyanya saya gemari.

 

I’m quite illiterate, but I read a lot.

~ J.D. Salinger, The Catcher in the Rye.

 

Baik kawan, selamat membaca, selamat berkarya!

Okeh, siiipp …selamat membaca dan selama berkarya juga buat kamu \^_^/

Ngomong-ngomong, saya tertarik nih sama pendapat yang nomor tiga. Sayangnya, saya juga belum bisa membuktikan kalau membaca bisa meningkatkan penghasilan. Yang ada sih selama ini selalu ‘kerampokan’ kalau habis dari toko buku  ╮(^▽^)╭

Nah, sekarang saatnya mengungkap siapa guest saya. Dan dia adalaaaaaah

Dila @ Kilas Buku

Tuh pasti sudah pada kenal kan. Biar lebih kenal lagi, yuk disimak interview singkat saya dengan Dila berikut.

Saya:

Hai Dila. Selamat datang di blog Ira Book Lover🙂

Ehm, pertama-tama kita kenalan dulu ya. Karena kamu sudah tahu siapa saya *sok*, jadi silakan langsung perkenalkan diri Dila ke pembaca setia blog Ira Book Lover *emangada*.

Kita pengen tahu nih nama lengkap Dila, nama panggilan Dila, terus nama Dila di dunia per-blog-an (biasanya kalau ikut meme dengan nama apa gitu, Dila @ Kilas Buku misalnya) *sudahtahunanya*😀

 

Dila:

Nama lengkap saya Fadhilatul Muharam. Biasa dipanggil Dila. Nama di dunia narablog … emm … cukup banyak, tapi similar; dhila13, Dila @ Kilas Buku, dan @fadhilatulip.

Saya:

Oh…baru tahu sama istilah narablog *katro* *salahfowkes*

Ehm…oke lanjut ke pertanyaan kedua.

Kita juga pengen tahu juga nih umurnya Dila. Errr…ga perlu spesifik kok, rentang aja atau gimana gitu. Tujuannya biar kita ga bingung mau manggil Dik, Kak, Mbak, Bu atau…errr…Nek… *kaburrr*

 

Dila:

Umur saya … emm … saya setahun lebih muda daripada Winna Effendi😀

Saya:

Ahhhh…jawaban yang cerdas. Segera googling umur Winna Effendi. *kepo*.

Lanjut ke pertanyaan ketiga. Genre favorit Dila dan biasanya bisa baca berapa buku dalam sebulan?

Dila:

Genre favorit saya Fantasy! Saya ini penggemarnya Serial Percy Jackson. Karakter yang paling saya suka dalam serial itu adalah Leo Valdez.😀

Saya ini aslinya moody reader. Dulu sempat vakum juga, ga baca buku sama sekali. Namun akhir-akhir ini biasanya saya menghabiskan setidaknya 2 buku dalam sebulan. Sebanyak-banyaknya bisa lebih dari lima buku sebulan.

Saya:

Huaaahhh…penggemar PJO ya? Toss dulu deh. Saya juga penggemar PJO loh.

Fuiih…syukurlah Dila suka sama Leo. Berkurang sainganku untuk memperebutkan Percy *dikeplakAnnabeth*

Wow…bisa lebih dari 5 buku dalam sebulan. Kereeeen (‘▽’ʃƪ) ♥

Okeh, lanjut ke pertanyaan berikutnya. Alasan Dila bikin blog buku apa, sejak kapan, trus ngelola blog nya sama siapa ituh *ehm* 😀

 

Dila:

Awalnya saya senang mengulas buku di blog pribadi saya, http://dhila13.wordpress.com. Kemudian ketemu dengan Arif, teman blogger yang juga senang mengulas buku. Lama-lama suka janjian baca dan review buku yang sama dan dipublikasikan pada hari dan jam yang sama. Dan lama-lama pada 2012 (dua – tiga tahun kemudian) kami, saya dan Arif memutuskan untuk membuat dan mengelola blog khusus buku bersama yang bernama Kilas Buku.

Sekarang sudah ganti alamat dan domain menjadi http://buku.dibaca.in. Dan alhamdulillah kini Arif menjadi suami saya #lho😀

Saya:

“Lama-lama suka janjian baca dan review buku yang sama dan dipublikasikan pada hari dan jam yang sama … Dan alhamdulillah kini Arif menjadi suami saya”

haaaaahhhhhhh…so sweeeeetttt (‘▽’ʃƪ) ♥

Nah, Dila sudah sama Mas Arif toh. Sini Leo-nya buat aku saja. Buat jaga-jaga kalau aku kalah saingan sama Annabeth *dikeplakpenggemarPJO*

Ngomong-ngomong, blog yang baru namanya keren dan unik. Domainnya pas jadi kayak kalimat gitu. Baru tahu nih kalau ada domain .dibaca.in *kepopart2* 

Okeh, request terakhir. Kita pengen lihat foto Dila sama koleksi bukunya nih. Boleh ya ^_^

Dila:

foto_dila_kilas_buku

Yap, ini aku foto bareng buku yang baru aku beli. Kenapa aku cuma foto sama tiga buku itu? Karena buku-buku itu karya pengarang favoritku, Alm. Kuntowijoyo. :) 

Saya:

Astaga, saya baru tahu sama pengarang Alm Kuntowijoyo *katropart3*

By the way, kok saya cuma minta foto Dila sama bukunya ya? Mas Arif nya dikemana.in? *tepokjidat*

Dila:

Fotonya Arif ya hehe… ini aku attach ya…

arif_kilas_buku

Foto saat kami di kereta Senja Utama Solo. FYI, novel Lockwood & Co. #1: The Screaming Staircase favoritku juga lho. Arif juga suka sama novel ini. Apalagi yang ngarang Jonathan Stroud. Novel-novel beliau kan bagus-bagus (mengacu ke serial Bartimaeus yang menjadi karya pamungkasnya).

dila-arif-radiobuku

Ini foto saat kami berada di Radio Buku, Yogyakarta. Waktu itu kami bareng-bareng sama BBI Joglosemar mampir kesana. Sayangnya Radio Buku udah pindah di alamat lain, meski masih di Yogya.

Saya:

Yeay, dapat foto Mas Arif. Dapat bonus foto couple Dila – Arif pula. Aseekkk.

Ah iya Bartimaeus, salah satu novel favorit saya sepanjang masa *kangensamaNathaniel*

Radio Buku? Rasanya pernah dengar deh. Oh iya, itu kemarin Radio Buku ada di proyek #5BukuDalamHidupku.

Oke deh,  terima kasih banyak yah Dila sudah jadi tamu di blog Ira Book Lover. Nanti kapan-kapan berkunjung lagi yaaaaa. Ajak Mas Arif nya juga.

Maaf kalau saya sebagai tuan rumah ada salah kata and rada katro plus kepo😀

Daaaaan interview selesai…

Barisan dapat dibubarkan *tetibaingatapelpagi* *abaikan*

***

So, ini post kami untuk event Guest Posting BBI Anniversary Project. Yuk blogwalking ke sesama peserta event Guest Posting dan mengenal lebih dekat *apacoba* para narablog *sokikutmakeistilahbarudariDila* BBI yang keren-keren (˘▿˘)ง

Dan sekali lagi, Happy Anniversary buat BBI. Wish you all the best. Always. And….see you next year ^_^

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

28 thoughts on “GUEST POST BBI ANNIVERSARY 2014

  1. Yah, itu fotonya pas di Radio Buku pecah..

    Itu Radio Buku kemana ya pindahnya?? Aku baru aja mau upload liputan yg di radiobuku itu eh udah pindah aja. Trus gimana dong *malah curcol*

    Btw mba Dhila, mantab bgt deh artikel soal membaca itu. Love it. *klik like ala FB*

    Like

      1. Oh, aku malah ga kepikiran kalo dikasih efek. Haha, mungkin iya juga, dikasih efek, biar misterius gitu =))

        Tapi kalo ga salah pernah di post di FBnya mba dhilla. Coba kepoin aja fbnya mba dhila, mba Ira.. ^^

        Like

  2. Aduh, baca lagi kisah Dila di sini, jadi pengen cari partner blogging juga #lho
    Bener, Dil, membaca tuh menambah penghasilan. Aku aja dapet kerjaan karena suka baca. Senangnya xD

    Like

      1. Eh seriusan mau partneran? Boleh banget. Tapi gimana konsepnya yaa #diseriusin
        Iya, itu kebetulan yang membahagiakan aja sih😄

        Like

      2. Eerrr..gimana ya? *malahbaliknanya*

        Mungkin bisa contoh kaya Dila – Arif dulu *nyontek* atau baca bareng buku tp bukunya harus dari perpustakaan *hohoho*, atau bikin buku surat ala Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken atau ada ide lain?😀

        Oh ya, Zelie jd salah satu pemenang di GA Hop ku lo, minta alamatnya ya biar bukunya bisa langsung dikirim ^_^

        Like

    1. hahha..cheii.. maap dirimu jadi bosen ya sama kisahku😀
      wah, berarti bener juga ya teori menambah penghasilan ituu😀
      seneng banget deh chei,.,,, hehe😀

      Like

  3. Dhila & Arif so sweet banget yah. Hihihi.Yup, membaca meningkatkan kepercayaan diri. Bisa nyambung diskusi dengan siapa saja karena pengetahuan yang didapatkan dari bacaan kita.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s