Posted in Books, Classic, Gradien Mediatama, Leo Tolstoy, Review 2014, Svetlana Belova

ANNA KARENINA REVIEW

Baca dan Posting Bareng BBI 2014

Baca Bareng BBI Maret Tema Oprah’s Books List

 photo anna_kerenina_zps9a2c777a.jpg

Judul: Anna Karenina | Pengarang: Leo Tolstoy  | Dikisahkan oleh: Svetlana Belova | Penerbit: Gradien Mediatama | Tahun terbit: 2013 |  Jumlah halaman: 240 halaman | Status: Owned book | Tanggal beli: 13 Maret 2014 | Tempat beli: Toko Buku Salemba Banjarbaru | Harga: Rp38.000,- | Rating saya: 3 dari 5 bintang

***

Anna Karenina adalah seorang wanita cantik yang mempunyai suami yang kaya, anak yang lucu, dan segala yang bisa diharapkan oleh seorang wanita di masa itu. Singkatnya hidup Anna sudah sempurna. Tapi pertemuannya dengan seorang pemuda bernama Vronsky menyeretnya ke dalam perselingkuhan. Dan di jaman itu, perselingkuhan sangat tidak bisa diterima. Anna dan Vronsky langsung jadi bahan gosip dan dikucilkan dari masyarakat. Dan kisah pun berlanjut dengan bagaimana Anna dan Vronsky harus berjuang untuk mempertahankan cinta mereka.

Anna Karenina versi ringkas. Karena saya membaca versi singkat dari Anna Karenina — yang edisi aslinya sepertinya sangat tebal — jujur saya tidak terlalu mengenal tokoh-tokohnya. Saya tidak tahu harus membela Anna dan Vronsky atau suami Anna, Alexei.

Kesan yang saya tangkap disini adalah saya kasihan dengan Anna dan Alexei sekaligus. Disini Alexei tampaknya betul-betul menjadi pihak yang tersakiti. Disisi lain, Anna sudah terlanjur cinta mati dengan Vronsky. Jadi gimana dong?

Ending-nya sedikit tidak terduga. Saya kira kalau Anna memang sudah memutuskan untuk memperjuangkan cintanya, seharusnya dia bisa lebih kuat.

Ngomong-ngomong saya suka sekali dengan pasangan Levin dan Kitty (Levin adalah sahabat saudara laki-laki Anna dan Kitty adalah saudara istrinya saudara laki-lakinya Anna *ribetmodeon*). Cinta mereka manis. Cara Levin mengungkapkan cintanya lucu. Pakai kapur dan permainan kata. So sweet ^_^

Setelah membaca buku ini, somehow, saya jadi berpikir, betapa beruntungnya orang-orang yang sudah dari sana-nya punya pikiran yang ‘sejalan’ dengan pandangan umum.  Mungkin karena melihat cinta Anna dan Vronsky yang penuh perjuangan dibandingkan dengan cinta Levin dan Kitty yang berakhir bahagia. Padahal kedua pasangan ini sama-sama saling mencintai. Sehingga kesannya kehidupan tampak tidak adil bagi Anna dan Vronsky.

Yah, cuma kesannya sih. Karena bagaimanapun juga Anna dan Vronsky juga salah. Kalau saja mereka bisa mencari cara lain yang lebih baik selain melakukan perselingkuhan.

IMO, kisah di buku ini alurnya terasa cepat sekali. Misalnya saja, tiba-tiba Vronsky sudah ada di kota tempat tinggal Anna. Tiba-tiba Anna sudah cinta mati dengan Vronsky. Tiba-tiba Anna sangat membenci Alexei.  Dan banyak “tiba-tiba” lainnya.

Dan saya juga bingung dengan hubungan antar tokoh. Kadang-kadang Kitty disebut sebagai keponakan Anna. Stiva, saudara laki-laki Anna, kadang disebut sebagai kakak Anna, kadang disebut sebagai adik. Ataaau, bisa juga sih saya-nya yang ga ngeh *abaikan*.

Kesimpulannya, saya bingung mau nulis apa lagi. Masih penasaran ingin mengenal Anna, Alexei dan Vronsky lebih jauh sebelum komentar lebih banyak😀

Semoga nanti ‘berjodoh’ dengan buku versi lengkapnya. Saya suka sekali dengan “setting Rusia”-nya.

Oh ya semoga berjodoh dengan filmnya juga. Mengingat pemerannya adalah Keira Knightley (Anna), Jude Law (Alexei), dan Aaron Johnson (Vronsky). Waduh, kalau saya yang jadi Anna-nya saya bakalan bingung mau pilih yang mana *apacoba*

Ehm, so, 3 dari 5 bintang dulu untuk buku ini. I liked it  (‘▽’ʃƪ) ♥

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

19 thoughts on “ANNA KARENINA REVIEW

  1. Wah ada ya ternyata versi ringkasnya? Kok saya blm pernah nemu di Toga Mas ya pdhl Gradien ada di Jogja. Nice book, and nice review. i shall buy it.

    Like

    1. Iya, ada ternyata.

      Aneh memang, ga mungkin duluan ada di Kalimantan kan😀

      Waktu di tobuk, awalnya saya heran lihat ada Anna Karenina setipis ini, soalnya ga ad keterangan “dikisahkan kembali” nya di sampul luar. Pas selesai baca baru ngeh🙂

      Trims, nice comment juga ^_^

      Like

  2. Oh, jadi Anna Kerenina versi aslinya diterjemahkan oleh KPG ya? Baru tau saya. Thanks infonya. Tapi jadi 2 jilid terus tebel2??? Astaga, ternyata yang saya baca memang versi ringkas pake banget😀

    Like

  3. iraaaa.. itu impianku baca anna kareninna.. tapi ya sama kayak kamu aku males bacanya krn tebel wkkwkkw… eh ternyata kamu baca abridged version nya ya😀

    Like

  4. Aku pernah baca yg terbitan Liris, ampun deh, nah yg terbitan Gradien ini blm coba. Penasaran berat sama yg terjemahan KPG karena sampai 2 jilid tebal … dan karakter si Anna alih-alih bikin simpati malah kesannya egois banget (mungkin krn ya itu, baca versi abriged)

    Like

  5. Kalau versi ringkas mungkin lebih fokus ke kejadian ya daripada proses terjadinya itu. Aku punya versi lengkapnya bhs Inggris, mau baca harus mengumpulkan tekad dan kekuatan dulu, haha, 800an halaman kalo ga salah

    Like

  6. Ini buku udah dari jaman kapan dulu aku masukin ke handphone versi ebooknya (niatnya mau dibaca gt pas lg senggang), tp karena panjaaaaaannnggg bgt jd terbengkalai hihii…. Baru tau kalo ada versi ringkasnya😄

    Like

Leave a Reply

