Posted in Non Review

WISHFUL WEDNESDAY #33, THE GREATNESS OF AL-ANDALUS

Fiuhh…syukurlah masih sempat ikut Wishful Wednesday minggu ini setelah tertidur pulas diluar jadwal gara-gara kecapean karena tugas luar dari kantor😀

Oke langsung saja, rabu ini saya pengen buku ini (‘▽’ʃƪ) ♥

Judul: The Greatness of Al-Andalus | Pengarang:  David Levering Lewis 

Sudah lama penasaran sama sejarah Andalusia. Dulu rasanya waktu sekolah ada pelajaran tentang sejarah ini deh. Tapi sayang, belajar tahun-tahun dan nama-nama asing yang silih berganti waktu itu membuat saya pusing sendiri😀

Menurut sinopsisnya, buku ini ditutup dengan dramatis. Nah, saya suka sekali buku-buku yang mempunyai ending yang bagus. Selain itu saya suka kata “Andalusia” *alasangajelas*. Kedengarannya keren aj gitu (‘▽’ʃƪ) ♥ 

Berikut sinopsisnya yang saya ambil dari penerbitnya:

Ketika Islam Mewarnai Peradaban Barat 

Peran Islam dalam Mengakhiri Abad Kegelapan 

Pada musim gugur 732, dua pasukan besar, Muslim dan Kristen, saling berhadapan di tengah dataran Prancis dalam sebuah pertempuran yang akan mengubah sejarah Eropa. Itulah perang Poiters yang terkenal itu. Menurut sejumlah keterangan, Charles Martel, pemimpin pasukan Frank, menyelamatkan kekristenan dari serbuan Islam sekaligus menghentikan gelombang muslim yang merangsek menjangkau Spanyol.  

Namun, benarkah demikian? Tidak, kata David Levering Lewis. Dalam buku ini, pemenang dua kali penghargaan Pulitzer itu menelaah ulang Perang Poiters dengan sudut pandang baru. Dalam menceritakan periode 400 tahun masa kekuasaan muslim di Eropa, Lewis meragukan asumsi-asumsi yang mendominasi buku-buku sejarah konvensional. Untuk itu, ia menghadirkan narasi yang memukau dan menempatkan Muslim Spanyol, dengan warisannya yang kaya dan gemilang, kembali ke jantung politik dan kebudayaan Eropa. 

Dimulai dengan perang tiada henti antara kekaisaran Romawi dan Persia, Lewis menyusun buku ini sejak kelahiran Islam dan perkembangan kekuasaan Islam dari Timur Tengah dan Afrika Utara sebelum tiba di abad kegelapan Eropa. Berdiri secara mengejutkan di Spanyol pada pertengahan awal abad kedelapan, penguasa muslim akhirnya menciptakan suasana sarat toleransi antara Muslim, Yahudi, dan Kristen. Kondisi inilah memunculkan Al-Andalus sebagai negara makmur dan kosmopolit yang pada gilirannya mengubah wajah Eropa dan Barat. 

Lewis menghadirkan potret Islam Spanyol yang luar biasa dalam detail sejarah yang begitu hidup, mulai dari keindahan yang sangat inspiratif La Mezquita, Masjid Agung Kordoba, sampai ke istana-istana khalifah yang besar-besar ketimbang istana di Versaillers. 

Lewis menutup bukunya secara dramatis dengan mengisahkan bahwa saat kehancurannya, Islam justru menjadi bara pencerahan di Eropa, namun muslim pragmatis kalah oleh fundamentalisme dan militansi kalangan Kristen. Lewis menutup sejarah ini dengan potret yang syahdu melalui perikehidupan dua filsuf besar akhir abad tiga belas; seorang sarjana Yahudi Maimonides dan filsuf muslim Ibnu Rusyd.

The Greatness of al-Andalus kita butuhkan bukan hanya untuk memahami sejarah dunia, tapi juga sebuah karya yang menempatkan benturan peradaban yang terjadi belakangan ini ke dalam perspektif yang lebih segar. Dengan menampilkan kekayaan panorama kebudayaan Islam pada awal pembentukan pencerahan Eropa, pemenang Pulitzer ini mencoba menguji ulang pengetahuan sejarah yang selama ini kita ketahui.

Wishful Wednesday

OK, that is my wish today. What’s yours? Click the picture above for more information about this weekly meme.

Have a nice Wednesday for you  ^_^

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

10 thoughts on “WISHFUL WEDNESDAY #33, THE GREATNESS OF AL-ANDALUS

  1. Waaa… Aku juga suka tertarik ingin baca buku sejarah begini. Tapi suka mahal, hehe… Dulu waktu sekolah ada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, ketika sampai ke peradaban Islam di Andalusia, endingnya bikin sesak…😥.

    Semoga terkabul ya… Aku juga mau banget buku ini😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s