Posted in Angie Sage, Fantasy, Katherine Tegen Books, Review 2014

DARKE REVIEW & SECRET SANTA 2013 | THE REVEAL

darkeJudul: Darke| Seri: Septimus Heap #6 | Pengarang: Angie Sage | Penerbit: Katherine Tegen Books | Edisi: Bahasa Inggris, Cetakan Pertama, 2011, 641 halaman | Status: Owned book, Hadiah dari Secret Santa 2013 (‘▽’ʃƪ) ♥ | Tanggal terima: 13 Desember 2013 |  Rating saya: 5 dari 5 bintang

***

Readers will revel in the acion-packed story as they realize the wisdom of Magyk—-that all things are meant to be part of a living whole.

All things are meant to be part of a living whole. Diambil dari sinopsis di belakang buku. Tepat seperti itulah kesan yang saya dapatkan setelah membaca Darke. Bagus sekali. Padahal sebelumnya, beberapa tokohnya, termasuk Septimus, dibuat merasa seperti bukan siapa-siapa.

Sama seperti 5 seri sebelumnya, Darke juga membuat saya terkesan dengan cara Angie Sage meramu sebuah dunia sihir yang suram dengan momen-momen yang super lucu. Bedanya, kali ini petuah bijak Magyk yang di sampaikan lewat Darke tepat kena sasaran.

Setelah lulus kuliah, atas permintaan mama, saya kembali ke kampung halaman. Sebuah kota kecil yang terletak hampir di ujung wilayah Kalimantan Selatan. Hal ini otomatis mengeluarkan saya dari lingkungan komunitas tempat saya seharusnya bisa mengaplikasikan ilmu yang saya dapat sewaktu kuliah.

Sekarang di kota kecil ini, saya merasa bukan siapa-siapa. Saya kurang bisa mengembangkan apa yang saya dapat sewaktu kuliah karena kota kecil ini memang belum membutuhkannya. Begitu juga sebaliknya.

Ironisnya, dulu dimasa-masa sekolah, bahkan sampai kuliah, saya selalu jadi “tipe murid kesayangan guru”. Hal ini membuat saya merasa penting dan…ehm…terlalu percaya diri.

Saya mengabaikan keinginan keluarga saya untuk menjadikan saya sebagai salah satu dari beberapa profesi yang paling tinggi kasta-nya di kota ini. Saya malah ngotot mengejar cita-cita saya sendiri.

Nah, cita-cita yang saya kejar ini, katakanlah, tidak terlalu diperlukan oleh sebuah kota kecil. Parahnya lagi, teman-teman saya hampir semuanya memilih profesi-profesi tinggi kasta tersebut. Ketika kita ngumpul-ngumpul bareng, pembicaraan selalu didominasi oleh dunia mereka. Saya betul-betul merasa berada di luar lingkaran. Hoho…it serves me right. Saya merasa kesepian dan tidak dibutuhkan.

Nah, kira-kira seperti itulah yang terjadi dengan Septimus. Tokoh pahlawan kita di buku ini.

Sebagai seorang putra ketujuh dari putra ketujuh, Septimus otomatis dianugerahi kemampuan Magyk yang hebat. Ditambah dengan status sebagai Murid Penyihir LuarBiasa, Septimus merasa dirinya penting. Septimus selalu merasa diperlukan dalam setiap kegiatan Magyk. Singkatnya, Septimus merasa dunia Magyk berputar mengelilingi dirinya.

Hmmm…kedengarannya bukan seperti Septimus ya. Tapi readers, di dunia Magyk saat ini, Darke atau Kuasa Jahat sedang berkuasa. Dalam “dosis” besar, Darke tidak hanya sekedar membuat orang jadi egois dan jahat tapi juga bisa menyebabkan kematian.

Masalahnya kali ini adalah Septimus tidak dilibatkan dalam tahap pertama misi pemusnahan Darke Domain yang secara perlahan melingkupi Kastil.  Magyk Kuno yang keren dan langka dipertunjukkan di sini. Seharusnya Septimuslah yang harus mendampingi Marcia dalam pemusnahan tersebut. Tapi Septimus akhir-akhir ini sering sibuk dengan urusannya sendiri. Untuk urusannya itu, Septimus bahkan mengabaikan larangan gurunya sendiri, Marcia, si Penyihir LuarBiasa.

Betapa kecewanya Septimus ketika mengetahui tidak ada seorang pun yang tampaknya membutuhkan dirinya. Posisinya bahkan digantikan oleh Beetle yang aslinya bukan penyihir.

He realized how he had become used to being in the very center of things, to being an integral and important part of the Magykal life of the Castle. Now that he suddenly found himself on the outside of the Magykal circle — literally — he felt bereft. (p. 253)

Kecuali Septimus, seluruh Penyihir yang ada di Menara Penyihir (+ Beetle), berkonsentrasi membentuk Cordon untuk membantu Marcia melawan Darke Domain. Septimus sekarang berada di luar lingkaran (secara harafiah maupun tidak), merasa terasing, tidak dibutuhkan, dan  kesepian sendiri.

Tapi, tidak hanya Septimus yang merasa seperti itu. Beetle, Marcia, Simon Heap dan bahkan si jahat Merrin Meredith juga. Dengan masalah mereka masing-masing tentunya.

Akhirnya, seiring dengan usaha mereka untuk memusnahkan Darke Domain yang perlahan mengancam kehidupan dunia Magyk — Septimus, Beetle, Marcia dan Simon mulai menemukan kepercayaan diri mereka kembali. Mereka bersatu menyelamatkan dunia mereka sesuai dengan perannya masing-masing. Dan mereka semua, terutama Beetle, Simon dan Merrin, akhirnya menemukan tempat mereka di dunia Magyk. Ooh, so sweeet… (‘▽’ʃƪ) ♥

Nah, sekarang giliran saya. Buku ini memotivasi saya untuk memusnahkan Darke Domain yang tampaknya juga mulai melingkupi saya dengan sikap-sikap negatif.

Bisakah? Hmmm…dengan the wisdom of Magyk, saya harap saya bisa memusnahkan si Kuasa Jahat. Semangat!!! Hush hush .. Darke Domain pergi sana … hush hush. *stress*😀

***

Baca dan Posting Bareng BBI 2014

banner_ss_bbi

Buku super keren yang dikasih oleh SS saya yang baik hati😀

Berikut riddle yang diberikan SS saya:

riddle_ss_2013

Tepat jam 4 sore seekor kucing kecil tersenyum.

Di hadapanmu ada secangkir minuman hangat dan scones rasa stroberi.

Beberapa jam kemudian semburat senja menghiasi langit sore.

Mengubah biru menjadi kristal merah-oranye yang menyilaukan.

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, ketika membaca riddle ini secara keseluruhan untuk pertama kalinya, saya langsung teringat kepada salah satu blog.

Tapi karena tidak ingin terburu-buru saya memutuskan untuk memecahkan riddle-nya satu persatu-satu.

Oke, saya mulai:

Gambar kucing –> SS saya kemungkinan suka kucing.

Tepat jam 4 sore seekor kucing kecil tersenyum –>  SS saya ingin menunjukkan waktu sore hari di mana SS saya sedang santai sambil melihat seekor  kucing yang sedang tersenyum *dikeplak SS*.

Di hadapanmu ada secangkir minuman hangat dan scones rasa stroberi –> di hadapanmu berarti di hadapan saya kan ya? Jadi saya putuskan kalau minuman hangat adalah buku Darke dan scones rasa stroberi adalah buku The Demigod Diaries.

Beberapa jam kemudian semburat senja menghiasi langit sore –> SS ingin memberi tahu senja sudah tiba. Titik.

Mengubah biru menjadi kristal merah-oranye yang menyilaukan –> SS ingin memberi tahu kalau senja mengubah warna langit dari biru jadi merah-oranye *ditendang SS*

Oke saya menyerah. Saya tidak bisa menemukan makna tersirat apapun dibalik petunjuk yang diberikan SS dan petunjuk bantuan dari teman-teman.

Jadi saya percayakan saja tebakan saya kepada insting pertama. Waktu pertama kali membaca riddle ini, kata kucing, sore, minuman hangat, scones, dan senja mengingatkan saya dengan Tea Time.

Jadi saya putuskan SS saya adalah Tammy @ Tea Time and Books.

Tolong Tuhan, semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar semoga benar (˘ʃƪ˘)

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

24 thoughts on “DARKE REVIEW & SECRET SANTA 2013 | THE REVEAL

  1. Alhamdulillah ya, Ira. Doa kamu terkabul… aku memang santa kamu😄

    Untuk riddle-nya.
    1. Gambar kucing: aku memang suka kucing
    2. Baris 1 riddle: gak ada artinya. Iseng aja mau bilang kucing *dikeplak*😄
    3. Baris 2 riddle: itu mengacu ke material kalo waktunya minum teh apa aja. Tapi ternyata bisa juga ya cocok dengan 2 bukunya. Aku malah ga kepikiran loh :))
    4. Baris 3 riddle: itu juga mengacu ke jam minum teh sesuai nama blog aku
    5. Baris 4 riddle: itu mengacu sama nickname yang suka aku pake di dunia maya > alizarin http://en.wikipedia.org/wiki/Alizarin
    Wujud fisik alizarin itu kristal merah-oranye. Maaf ya kalo bikin bingung😄

    Dan terakhir, alhamdulillah kamu suka dengan bukunya dan senang akhirnya kamu bisa tau siapa aku. Hihihi😀

    Like

    1. Alhamdulillah benaaaarrrrr…horeeeeee….*teriakalacheerleaderpakaipompom* °\(^▿^)/° *berkahdoasepanjang4baris*

      Jadi benar suka kucing ya, ak justru ragu karena Tammy ga ad tanda2 suka kucing di akun sosial media nya, atau mungkin aku nya aj yg kurang teliti ya😀

      Ahh, yap..yap..ak kmrn cari alizarin jg di google setelah follow akun kamu di twitter, tp kurang yakin, soalnya dalam pikiran aku kmrn, kristal it semacam batu mulia blink2 gimana gitu *tepokjidat* *sudahlupapelajarankimia*

      Bukan cuma ‘suka’, tapi ‘suka pakai bangetz’. Ga nyangka kalau bakalan dikasih 2 buku. Salah satunya edisi bahasa asli lagi. Hiks, sampai terharu saking senengnya. Terima kasih banyaaak yaaaaa (‘▽’ʃƪ) ♥ *berasajadiorangpalingberuntungsedunia*

      Ak doain semoga Tammy diberi banyak keberuntungan juga and Wish You All The Best deh pokoknya. Terima kasih banyak sekali lagi °\(^▿^)/°

      Like

Leave a Reply

