Posted in Anna Sewell, Books, Fable

BLACK BEAUTY REVIEW

Baca dan Posting Bareng BBI 2014

Baca Bareng BBI Januari Tema Fabel

Black-Beauty-Anna-Sewell.jpg

Judul: Black Beauty | Pengarang: Anna Sewell | First published: 1877 | Jumlah halaman: 245 halaman | Rating saya: 4 dari 5 bintang

***

Saya rusuh sendiri saat membaca cerita ini. Deg-degan menanti bagaimana kisah Black Beauty ditangan tuan yang selanjutnya dan selanjutnya dan entah siapa yang terakhir.

Penasaran apakah si kuda akan diperlakukan dengan baik atau buruk. Hmmm, roda kehidupan memang terus berputar, bahkan untuk kuda sekalipun  「(´・ ・`。)ノ”

Cerita tentang kisah hidup si kuda yang diceritakan oleh …. errrr … si kuda sendiri. Meskipun ceritanya diceritakan dari sudut pandang si kuda, tapi banyak sekali pesan moral dari cerita ini. Salah satu yang jadi favorit saya dan membuat saya merasa terefek adalah ini:

“Do you know why this world is as bad as it is?”

“No,” said the other.

“Then I’ll tell you. It is because people think only about their own business, and won’t trouble themselves to stand up for the oppressed, nor bring the wrongdoer to light.

“My doctrine is this, that if we see cruelty or wrong that we have the power to stop, and do nothing, we make ourselves sharers in the guilt.”

Hmmm…intinya kita harus baik dan peduli dengan sesama makhluk hidup.

“He said cruelty was the devil’s own trade-mark, and if we saw any one who took pleasure in cruelty we might know who he belonged to, for the devil was a murderer from the beginning, and a tormentor to the end. On the other hand, where we saw people who loved their neighbors, and were kind to man and beast, we might know that was God’s mark.” 

Saya paling suka dengan kisah persahabatan antara Black Beauty dan Ginger. Dua kuda dengan sifat yang sangat berbeda. Yang satu baik, yang satunya temperamental.

Untuk Black Beaty, saking baiknya, dia tetap melakukan yang terbaik untuk tuannya, bahkan saat dia diperlakukan dengan buruk. Saya jadi merasa kalah sabar sama Black Beauty  (#/。\#)

At last, buku ini diluar dugaan saya. Jujur awalnya saya kira ceritanya tidak  akan berkesan. Apa menariknya sih cerita seekor kuda? *ditendang Ginger*.

Upss, ternyata ceritanya sangat berkesan sampai membuat saya bingung mau menulis apa untuk review. Saya suka bagian ending-nya yang ditutup oleh paragraf yang indah dan menyentuh.

Kisah hidup Black Beauty sangat memorable. 4 dari 5 bintang untuk buku ini. I really liked it  (‘▽’ʃƪ) ♥

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

21 thoughts on “BLACK BEAUTY REVIEW

  1. Ini masih di timbunan. Gegara review ini langsung masuk daftar kudu dibaca tahun ini. Tidak ada alasan lagi. Thanks atas motivasinya ya.

    Like

Leave a comment