Posted in Books, Classic, Eleanor H. Porter, Orange Books

MISS BILLY REVIEW

MissBilly

Judul: Miss Billy | Pengarang: Eleanor H. Porter | Genre:  Klasik | Edisi bahasa : Indonesia | Penerbit: Orange Books | Edisi: Cetakan pertama, April 2011 | Status: Pinjam di Perpustakaan Daerah Hulu Sungai Utara | Rating saya: 3 of 5 stars

***

Billy Neilson baru saja ditinggal pergi untuk selamanya. Oleh satu-satunya kerabatnya yang tersisa. Gadis berusia 18 tahun ini jadi sebatang kara. Untunglah dia ingat kalau namanya diambil dari nama seorang sahabat ayahnya yang bernama William.

Billy menulis surat kepada Paman William mengenai keadaannya. Paman William yang baik hati pun menyetujui untuk merawatnya. Sayangnya Paman William tidak tahu kalau Billy adalah seorang perempuan.

Rumah Paman William pun dipenuhi keributan. Semuanya kaget karena tiba-tiba ada seorang gadis cantik ceria yang selalu bicara tiba-tiba tinggal di rumah mereka. Paman William tinggal bersama dua orang saudara laki-lakinya, Cyril si pemusik yang sangat pendiam dan Bertram si pelukis yang kocak dan tidak pernah serius. Paman William juga punya saudara perempuan yang sudah menikah, Kate.

Rumah yang awalnya dihanya dihuni oleh para pria itu pun berubah. Awalnya Bertram bilang rumah mereka seperti “strata”. Masing-masing punya wilayah sendiri. Tapi sejak Billy datang, tidak ada lagi strata, semuanya campur aduk. Dan semuanya menjadi lebih hangat dan ceria.

Paman William, yang awalnya selalu murung, menjadi lebih bahagia. Cyril yang pendiam sekarang sudah lebih banyak bicara, dan Bertram yang sering bersenang-senang sekarang sudah menjadi anak yang lebih baik. Pete, si kepala pelayan pun tidak lagi suka menggerutu. Sampai Dong Ling, si koki, susah payah belajar membuat kue cokelat kesukaan Billly.

Sayang, tiba-tiba Billy memutuskan untuk tidak lagi tinggal di rumah Paman William. Rumah itu kembali sepi. Kembali menjadi strata.

Saat kembali, Billy sudah menjadi seorang wanita cantik berusia 21 tahun. Hubungannya dengan paman William dan saudara-saudaranya pun berubah. Billy bingung saat ketiga pria itu mulai menunjukkan ketertarikan padanya. Billy sangat menyayangi mereka bertiga. Siapa yang akan dipilih oleh Billy?

***

Lucu..lucu..lucu. Kisah klasik memang selalu indah. Tapi yang ini lucu sekali. Konyol sekali memang kalau Billy yang ceria dan ceplas-ceplos bertemu dengan Paman William yang terlampau baik. Belum lagi kalau Billy bertemu Cyril yang pendiam dan tertutup. Kalau Billy dan Bertram sih sama, mereka sama-sama ceria dan suka bicara.

Satu lagi yang lucu adalah Kate. Sebagai satu-satunya anak perempuan, Kate terbiasa menyelesaikan masalah saudara-saudara laki-lakinya. Tapi kali ini Kate gagal karena ada Billy. Alih-alih menyelesaikan masalah, Kate malah membuat semuanya berantakan.

Cerita ini juga cukup romantis. Bayangkan Bertram yang tidak pernah serius tiba-tiba jatuh cinta. Cyril yang tampaknya sangat tertutup dan tidak suka dengan wanita juga tiba-tiba ingin menikah. Untunglah semuanya berakhir bahagia.

Melihat cover dan sinopsisnya, buku ini jauh melampaui perkiraan saya. Ceritanya indah, romantis dan sangat lucu. I liked it. 3 dari 5 bintang untuk buku ini.

***

New Authors RC by Ren's Little Corner

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s