Posted in Arrow Books, Books, Dystopia, Fantasy, Hugh Howey, Science Fiction

SHIFT REVIEW

Shift

Title: Shift | Series: Silo #2 (Wool #6-8) | Author: Hugh Howey | Genre: Fantasy – Sci-Fi – Dystopia | Edition language: English | Publisher : Arrow Books 2013 | Status: Owned book | Purchase location: Menang Givaway Wishful Wednesday by Mba AstridūüėÄ | My rating: 4 of 5 star

***

Legacy (Wool #6)

Silo 1

Troy dibangunkan untuk melaksanakan Shift pertamanya. Di sana dia memegang posisi penting sebagai orang yang mengepalai Silo 1, yang berarti juga mengepalai 49 Silo lainnya. Yang berarti keberlangsungan hidup sebuah Silo juga ada ditangannya.

Troy tahu dia hanya harus menjalankan Order yang diberikan padanya. Menjalankan peraturan yang sudah jelas selama 6 bulan dan kembali tidur panjang sampai Shift berikutnya.

Semua orang di Silo 1 diharuskan meminum obat yang membuat mereka dapat melupakan sebuah peristiwa yang dapat membuat mereka trauma. Tapi Troy merasa ada yang salah dengan Order tersebut. Dia merasa apa yang seharusnya mereka lupakan adalah sesuatu yang penting. Dan Troy nekat tidak meminum obat tersebut.

Troy memiliki perasaan yang ganjil bahwa dia bukanlah Troy. Tapi seseorang yang lain. Dia ingat dia pernah memiliki kehidupan yang normal dan indah. Tapi ketika Troy hampir mengingat semuanya. Dia kembali lupa… atau lebih tepatnya… dibuat lupa.

Above the ground in the past

Donald bisa dikatakan beruntung. Mempuyai kehidupan yang normal, mempunyai istri cantik yang sangat dia cintai dan mencintainya, memiliki seorang sahabat yang sudah seperti saudara. Dan merupakan orang kepercayaan Thurman, seseorang yang sangat berkuasa.

Donald mendapat kehormatan untuk terlibat di dalam sebuah proyek rahasia pemerintah. Dia disuruh merancang sebuah bangunan pencakar langit berbentuk silinder.

Yang tidak diduga Donald adalah alih-alih mencakar langit, bangunan tersebut malah mencakar bumi. Rencana apa yang dibuat oleh pemerintah sehingga seakan-akan mereka mempunyai rencana untuk hidup di dalam tanah.

Dan rencana apa yang sedang mereka rencanakan terhadap Donald. Yang sayangnya begitu polos sehingga tidah mengetahui bahwa sebuah konspirasi sedang berlangsung di depan hidungnya sendiri.

Ok, kali ini cliffhangernya keterlaluan. Bayangkan saja saya harus meloncat-loncat dari Silo 1 yang ada di dalam tanah di masa depan ke Amerika di masa lalu di mana orang-orang masih hidup normal di atas tanah.

Waktu membaca Wool saya kira alasan orang-orang masa depan hidup di dalam Silo adalah karena udara di bumi sudah sedemikian beracunnya. Ternyata eh ternyata lebih parah daripada itu.

Ngomong-ngomong soal awal pembangunan Silo, waktu antara Donald pertama kali di suruh merancang Silo sampai dengan pembangunan Silo sendiri cuma 3 tahun. Padahal Silo yang dibuat ada 50 lo. Wuuiiiih…hebat.

Hati-hati deh membaca Legacy bisa bikin sakit hati. Kasian Donald. Tapi Donaldnya juga sih terlalu…ngg…tidak peka.¬†Jadinya dia¬†jadi gampang dibodohi. Ckckckck.

Order (Wool #7)

Saya sudah membaca Order sebelum membaca Shift. Reviewnya bisa dicek di sini.

Ngomong-ngomong Order di edisi Shift yang saya punya ini kok tidak ada kutipan-kutipannya ya? Sayang sekali padahal kutipan-kutipan tersebut sangat bagus.

Sempat bingung kenapa uprisingnya Million disebut The Great Uprising? Padahal kan mereka baru mengkhayalkan dunia luar, bukan secara tindakan ingin keluar sana.

Tapi setelah dipikir-pikir bisa juga sih, soalnya sasarannyakan para anak muda, selain itu “orang yang ingat” itu juga sangat dihormati dan disayangi. Dan sepertinya¬†menurut Order¬†para pemberontak itu¬†harus¬†¬†dipaksa melakukan “sesuatu”¬†untuk meredam uprising tersebut.

Pact (Wool #8)

Silo 1

Donald dibangunkan lagi untuk Shift berikutnya. Tapi¬†kali ini¬†Donald tidak dibangunkan sebagai Donald. Tapi sebagai ….hmmm….kurang seru ntar kalau saya beri tahuūüėÄ

Donald dibangunkan bertepatan dengan hari Juliette hilang dari jarak pandang kamera Silo 18. Mampukah Donald meredam uprising yang terjadi kali ini? Mengingat sekarang lawan yang dihadapinya adalah Juliette.

Ditambah lagi satu persatu rahasia mulai terungkap. Kenyataan dibalik pesan yang ditinggalkan Anna. Kenyataan yang ada dibalik Pact-nya Thurman. Dua kenyataan yang menurut Donald sudah sangat keterlaluan. Sehingga dia pikir dia harus melakukan sesuatu kepada kedua orang ayah dan anak itu.

Silo 17

Jimmy tidak tahu apa-apa. Tiba-tiba saja dia dijemput ibunya dari sekolah. Tiba-tiba orang-orang berlarian ke atas. Tiba-tiba orang-orang saling bunuh.

Jimmy terpisah dari ibunya. Untunglah Jimmya akhirnya menemukan ayahnya. Ayah Jimmy menyuruh Jimmy diam di sebuah ruangan dimana ada mesin besar yang terus berdengung dan ada radio yang terus bergemirisik. Jimmy ditinggal sendiri di sana, sementara ayahnya menjemput ibunya. Ayah bilang jangan bukakan ruangan itu untuk siapapun kecuali ayah dan ibu.

Dan Jimmy menepati janjinya. Jimmy tidak pernah membukakan ruangan itu kepada selain ayah dan ibu. Selama bertahun-tahun.

Akhirnya Jimmy berani membuka ruangan itu. Setelah dia yakin tidak ada seorang pun yang berniat masuk ke ruangan itu lagi. Jimmy  sekarang sendiri. Setelah bertahun-tahun, Jimmy menyaksikan bagaimana mayat berubah menjadi debu. Menyaksikan bagaimana mayat di sekitar airlock tetap menjadi mayat.

Jimmy punya kucing. Tapi kucing itu pun akhirnya pergi. Jimmy merasa semuanya meninggalkannya. Tidak ada yang mau menerimanya. Sampai akhirnya setelah sekian tahun, Jimmy bertemu seorang wanita yang tampak sangat gembira bertemu dengannya.

Jimmy betul-betul heran. Setelah sekian lama tidak ada seorang pun di Silo 17, tapi tiba-tiba wanita¬†ini muncul.¬†Mungkin dia hantu.¬†Tapi siapapun dia, Jimmy senang karena–seperti pisau cukur yang baru-baru ini ditemukannnya–akhirnya¬†ada juga yang menemukannya. Karena menurut Jimmy, ditemukan berarti dicari, dan dicari berarti dibutuhkan.

Btw, kok Jimmy masih hidup ya saat Silo 17 di shut down. Apa dia kebal juga seperti beberapa orang di Silo 1? Semoga jawaban misterinya ada di Dust.

Hmmm…some secret shoulds remain burried, mengetahui kebenaran itu memang dapat menjadi baik dan buruk sekaligus. Alasan yang ada dibalik Legacy, Order dan Pact semuanya konyol. Yaah, kalau seri distopia sih mana ada yang masuk akal yaūüėÄ

Rahasia yang terungkap di Shift membuat saya penasaran sekaligus tidak tega membaca lanjutan seri ini, Dust. Bagaimana ya jadinya kalau Donald bertemu Juliette? Saya harap Juliette tidak galak-galak amat sama Donald.

Kalau di seri Wool, ada pesan “IF THE LIES DON’T KILL YOU, THE TRUTH WILL”. Itu benar, terutama mengingat apa yang terjadi dengan suami istri Holston.¬†Kalau di Shift, “SOME SECRETS SHOULD REMAIN BURRIED”.¬†Ini juga benar¬†sekali.¬†Rahasia-rahasia yang terungkap di dalam Shift berhasil membuat saya berpikir¬†kalau mungkin lebih baik kalau rahasia-rahasia itu tetap terkubur, baik bagi tokoh-tokoh di dalam buku ini ataupun bagi saya, sebagai pembacaūüėÄ

 IMO, Shift berhasil menyampaikan pesannya dengannya tepat. So, 4 dari 5 bintang untuk Shift, I really liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s