Posted in Books, Edgar Allan Poe, Mystery, VisiMedia

AUGUSTE DUPIN REVIEW

Auguste Dupin

Title: Auguste Dupin (Detektif Eksentrik dari Prancis) | Author: Edgar Allan Poe | Genre:  Mystery | Edition language: Indonesian | Translator: Istiani Prajoko | Publisher: VisiMedia | Edition: 1st edition, December 2012 | Status: Pinjem di Perpus My rating: 3 of 5 stars

***

Pembunuhan di Rue Morgue

Terjadi pembunuhan di sebuah rumah di Rue Morge. Yang terbunuh adalah Madame L’Espanaye, dan putrinya Mademoiselle Camille L’Espanaye.

Kedua korban ditemukan dalam keadaan mengerikan. Sang ibu dimutilasi dan anaknya dijejalkan di cerobong asap.

Dupin pun tertarik untuk menyelidiki kasus ini. Terutama setelah ada pemberitaan bahwa ada yang tertangkap. Dan Dupin yakin bahwa orang tersebut tidak bersalah.

Mengerikan sekali. Dupin bilang perlu tenaga dan ketangkasan yang luar biasa untuk melakukan kedua pembunuhan tersebut.

Saya kaget sekali ketika mengetahui siapa pembunuhnya. Sayang ada satu hal yang tidak saya mengerti, tentang siapa sih yang sebenarnya menangkap si pembunuh. Dibaca ulang juga tetap ga ngeh. Lola detected nih (΄.•_•.`)

Misteri Pembunuhan Marie Roget

Seorang gadis cantik yang bekerja di sebuah toko parfum ditemukan tewas terbunuh. Mayatnya ditemukan mengapung di sungai Seine.

Kasus itu baru didengar Dupin ketika Prefek menceritakan kekesalannya karena gagal menangkap si pelaku. Dan tentu saja Dupin punya dugaan sendiri tentang pembunuhan tersebut. Uniknya dia mengungkap kasus dengan berfokus pada analisisnya lewat pemberitaan-pemberitaan yang ditulis koran-koran setempat.

Makin lola. Saya tidak mengerti (╥﹏╥) . Kecuali bagian ada seorang gadis bernama Marie Roget yang terbunuh. Titik.

Kisah Surat yang Dicuri

Sebuah surat dicuri dari hadapan pemiliknya sendiri. Namun, sang pemilik tidak bisa berkutik.

Prefek pun diminta untuk mengambil kembali surat tersebut secara diam-diam. Seharusnya kasus ini sederhana. Namun tiba-tiba menjadi ganjil karena Prefek tidak berhasil menemukannya. Padahal dia sudah melakukan pencarian dengan super teliti.

Dan lagi-lagi Prefek harus meminta bantuan Dupin untuk menemukannya.

Nah, kalau kasus yang ini saya baru ngeh. Ini kasus favorit saya. Betul kata Prefek, kasus ini sederhana namun membingungkan. Setidaknya membingungkan Prefek, tapi tidak membingungkan Dupin.

Kumbang Emas

Sebuah kumbang yang diyakini sebagai spesies baru ditemukan. Namun spesies kumbang ini tampak seperti tengkorak. Setidaknya itulah yang terlihat dari sketsanya yang digambar di atas sebuah perkamen lusuh.

Kumbang ini membuat penemunya tiba-tiba menjadi aneh. Sepertinya kumbang ini memang terkait dengan sebuah misteri. Karena ada banyak kebetulan-kebetulan aneh  yang mengiringinya.

Saya juga suka yang ini. Penuh petualangan dan teka-teki. Ada pemecahan sandi ala Holmes dan Conan. Keren

Fakta-fakta dalam Kasus M. Valdemar

Bagaimana kalau orang yang sekarat dihipnosis? Apakah kematiannya dapat ditunda. Itulah yang ingin dibuktikan oleh P. Dan syukurlan M. Valdemar setuju dijadikan objek penelitian. M. Valdemar sudah dinyatakan sekarat oleh dua orang doktenya.

Dan ternyata ini bukan cerita detektif tapi cerita hororrrr. Haduh ujung-ujungnya bikin ngeri (΄.•_•.`)

***

Loss di dua cerita awal dang baru ngeh di 3 cerita berikutnya. Somehow saya merasa tidak nyaman dengan gaya bahasanya. Apakah memang dari sananya atau gara terjemahannya. Tapi saya suka informasi-informasi tambahan mengenai Edgar Allan Poe. Ada juga informasi dibalik setiap cerita-cerita yang dimuat di buku ini. Kesimpulannya, 3 dari 5 bintang untuk buku ini. I liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s