Posted in @rach_char, Books, Life Stories, Nulisbuku.com

NGANGGUR GALAU REVIEW

nganggur_galau

Title: Nganggur Galau | Author: @rach_char | Publisher: nulisbuku.com | Page: 143 pages | Status: Owned book (Buntelan BBI by @rach_char through Dani @ My Library)😀 | Date received: 9 September 2013 | My rating: 3 of 5 stars

***

Pertolongan Tuhan itu dekat, kita saja yang kurang sabar

Syukurlah akhirnya ada juga kata-kata bijak yang tertulis di buku ini. Setelah banyak sumpah serapah dari Kampret! sampai Moncong Kobra!. Setelah banyak ketawa-ketiwi sendiri gara-gara ceritanya yang kocak. Setelah, dengan polosnya membuka halaman pertama daaan… kaget. Lupa kalau bukunya mempunyai format “Luna Lovegood”.

Cerita tentang mahasiswa baru lulus yang sibuk mencari kerja. Mulai dari sindiran para tetangga (ga usah jauh-jauh ke tetangga deh, my big family juga kadang-kadang sindirannya lebih sadis dari tetangga), mengikuti beragam tes masuk kerja sampai ke tes psikologi dan tes “kesehatan”, menghadapi wawancara, nginap di tempat teman kalau interviewnya di luar kota sampai akhirnya si ex-mahasiswa ini dapat pekerjaan.

Ceritanya ditulis dengan kocak dan lebay, meskipun banyak umpatan kasar yang sedikit mengganggu. Bagian yang paling kocak menurut saya adalah ketika dia sedang diwawancara pakai bahasa Inggris:

“… and i want to know your opinion about the coondition of Electricity in Indonesia, how to make it be better?”

MATIH!

Apaan tuh? Yang gue tangkep dari kalimat sepanjang spanduk trotoar itu cuma satu…

Indonesia…

Selanjutnya gue nggak ngerti. Gue cuma bisa meraba raba sendu.

“Hmm.. i think sir.. hmmm it need to maintain to be better and, when its.. hmmm..”

Gue diem

“yes?! And?”

Gue masih diem. Di otak gue masih memproses padanan kata dari “mati listrik”

Bahasa inggrisnya apa coba? Dan Gue nggak dapet, akhirnya gue jawab

“and… the electricity will no byar pet byar pet again.”

Catatetan galau #27: “TOEFL lu pasti diatas 500 kalo mengartikan mati listrik = byar pet”

LOL. Adik saya sampai terheran-heran melihat saya tiba-tiba tertawa sendiri saat baca scene ini. Ditambah lagi ketika dia melihat saya membaca buku terbalik. Entah apa yang ada dia pikirkan. Kebanyakan membaca buku membuat kakak ku stress, mungkin begitu pikirnya😀

Saya tidak jago dalam pelajaran bahasa Indonesia. Tapi format (atau entah apalah namanya) dari buku ini, entah sengaja atau tidak, terlihat…nggg…tidak tertata. Mengingatkan saya pada buku karya pengarang lokal, Fauzan Muttaqien alias Akin yang judulnya AlQandas AlKamiil dan sekuel-nya Winneto La Mimfito.

Formatnya juga tidak tertata. Banyak typo. Sama-sama menceritakan pengalaman hidup. Sama-sama kocak. Tapi punya Akin tidak ada umpatan kasarnya dan lebih banyak mengandung kata-kata motivasi.

At last, buku ini sangat menghibur dan meskipun sangat sedikit dan ada diakhir-akhir ada pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman hidup yang diceritakan. Jadi penasaran sama buku pertamanya, Skirpsi Galau. Terus, saya suka cover-nya yang bergaya amplop yang ditujukan kepada manager HRD dengan warna kantor pos. Oh ya, bukunya juga tidak terlalu tebal sehingga pas sekali buat dijadikan solusi cepat kalau lagi pengen menghibur diri. So, 3 dari 5 bintang untuk buku ini. I liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

