Posted in Books, Children, Erlangga, Martin Widmark

THE DIAMOND MYSTERY REVIEW

the_diamond_mysteryTitle: The Diamond Mystery | Series: Billy and Maya’s Detective Agency | Author: Martin Widmark | Ilustrator: Helena Willis | Edition language: English | Publisher: Erlangga | Page:  75 pages | Status: Pinjem di Perpus | My rating: 3 of 5 stars

***

Young detectives solve diamond mystery

Alih-alih menggunakan waktu liburan mereka untuk bermain, Billy dan teman sekolahnya, Maya, mengisi waktu luang di kantor detektif mereka di basement milik Maya.

Mereka sudah menempel iklan tentang kantor detektif mereka di seluruh kota Valleby. Sambil menunggu datangnya kasus, mereka membaca referensi untuk menambah pengetahuan tentang dunia detektif.

Siapa sangka ternyata Muhammed Karat, pemilik toko permata sekaligus pria terkaya di kota Valleby, meminta pertolongan mereka. Lima berliannya menghilang secara misterius. Bahkan polisi pun kebingungan karena si pencuri tidak meninggalkan jejak apapun.

Muhammed Karat mencurigai 3 orang pegawainya. Ada Margaret Rose si penjaga toko, Tommy Bolt yang bertugas untuk memelihara dan memoles permata, dan ada Larry Smith yang bertugas membentuk permata untuk dijadikan cincin dan kalung.

Mereka bertiga mempunyai motif yang kuat untuk mencuri permata dan membuat Muhammed Karat bangkrut. Margaret Rose kesulitan keuangan karena rumahnya terbakar. Ayah Tommy Bolt dulunya adalah pemilik toko permata tersebut, namun karena kesulitan keuangan, dia menjual tokonya kepada Muhammed Karat. Sedangkan Larry Smith gemar membeli barang-barang mewah.

Penyelidikan pun dimulai. Maya  menyamar untuk menjadi pegawai yang bertugas membersihkan toko. Sedangkan Billy mengamati toko tersebut dari gereja di seberang jalan.

Dari apa yang di dengar Maya dan apa yang dilihat Billy, kedua detektif cilik ini akhirnya menemukan sesuatu yang janggal dari salah satu pegawai tersebut? Siapakah dia? Dan betulkah orang tersebut yang mencuri permata? Hmmm…Billy dan Maya harus menemukan bukti sebelum melaporkan hasil kecurigaan mereka kepada Muhammed Karat.

***

Kereeen. Saya paling suka dengan ilustrasinya yang lucu. Anak-anak banget. Dan seperti cerita anak-anak juga, cara pengungkapan misterinya sangat sederhana. Jadi heran kok polisi setempat tidak dapat menemukan siapa pencurinya. Tapi mungkin karena Billy dan Maya adalah anak-anak ya, jadinya si pencuri lengah dan tidak sadar kalau dia sedang diamati.

At last, 3 dari 5 bintang untuk buku ini. I liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s