Posted in Books, Children, PT Penerbitan Sarana Bobo, Short Stories

PETUAH AJAIB REVIEW

Petuah Ajaib

Title: Kumpulan Dongeng Bobo #6, Petuah Ajaib | Publisher: PT Penerbitan Sarana Bobo | Status: Owned book | Price: Rp8.000,- | Purchase location: Gramedia Veteran Banjarmasin | My rating: 5 of 5 stars

***

Bagaimana seandainya jika kita menemukan seorang pedagang di pasar yang tampaknya tidak menjual apa-apa? Setelah ditanya, ternyata pedagang tersebut menjual petuah ajaib. Pedagang tersebut tampak lesu. Belum ada satupun petuahnya yang laku. Apakah kita akan membeli dagangan pedagang tersebut?

Kalau Syahbandar Ali Sahap yang baik hati tentunya akan membeli petuah tersebut. Diborong malah. Dan siapa sangka, ternyata petuah-petuah tersebut dapat menyelamatkan hidupnya.
Meskipun tidak semua judul dari kumpulan dongeng ini mengandung kata ‘ajaib’, tapi yang namanya dongeng memang selalu mengandung keajaiban.
Selain keajaiban, banyak petuah yang dapat diambil dari sebuah dongeng. Selain itu ceritanya juga manis dan ilustrasinya sangat indah.
***

Ada 20 dongeng indah dalam kumpulan dongeng ini. Mereka adalah:

  1. Cerita di Dapur Istana
  2. Gembala dan Pencuri Sapi
  3. Obat Ajaib
  4. Orang Pandai dan Dua Monster
  5. Penjual Sandal
  6. Permintaan Terakhir Putri Mabel
  7. Prajurit Tua
  8. Pohon Ajaib
  9. Topi Biru Ajaib
  10. Tukang Cukur yang Bijaksana
  11. Tuntutan Anak
  12. Iwan dan Kuda Kelabu
  13. Penyakit Raja
  14. Bocah Penabuh Genderang
  15. Negeri Kaca
  16. Raja dan Tukang Ukir
  17. Seorang Bangsawan dan Putra-Putrinya
  18. Si Kikir dan Si Miskin
  19. Petuah Ajaib
  20. Jean Valjean dan Pendeta

Cerita favorit saya tentu saja “Petuah Ajaib”. Ajaibnya benar-benar kena. Setelah baca cerita petuah ajaib ini kesannya pasti ‘ ini petuah kok bisa jadi benar-benar ajaib’ ya.

Buku ini punya banyak kenangan bagi saya. Pertama, buku ini adalah  buku pertama yang saya beli dengan uang tabungan sendiri dan  yang bisa saya kasih nama dengan nama saya sendiri, bukan nama kakak ♪(´ε` ).

Buku ini pernah saya pinjamkan ke teman saya di sekolah. Waktu itu masih kelas 6 SD. Setelah muter-muter satu kelas dalam waktu yang cukup lama, bukunya kembali ke saya dalam keadaan yang cukup menggenaskan. Covernya lepas dan cover depannya sobek (╥﹏╥)

Sejak saat itu, saya sedikit was-was meminjamkan buku ke teman-teman. Dan sejak saat itu juga saya selalu menyampuli buku yang baru saya beli.

Waktu kecil saya doyan pakai sampul plastik bening yang ada gambarnya. Petuah ajaib dulu dapat sampul  gambar love love – nya. Jadi gambar love love yang ada di gambar sampul di atas berasal dari sampul bukunya. Sedangkan gambar robot yang ada di bagian tengah atas adalah stiker untuk menyembunyikan cover yang tersobek.

Yah meskipun sudah rusak, setidaknya buku perdana saya ini tidak hilang dan masih layak baca. Dan karena saya sangat suka dengan dongeng-dongengnya, jadinya ratingnya 5 dari 5 bintang. It was amazing. ♪(´ε` )

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

6 thoughts on “PETUAH AJAIB REVIEW

  1. waaa hebat, ini masih versi asli buku yang dipunya waktu kecil ya? keren ihhh😀 aku malah belum pernah baca buku ini…

    Like

  2. Waktu masih sekolah, aku punya lengkap loh koleksi kumpulan dongeng Bobo ama kumpulan cerpen Bobo… udah dihibahin ke ponakan semua… :’)

    Like

    1. Aaaaah (♥o♥) keponakan yg beruntung *seandainyasajaseandainyasaja*

      Aku masih koleksi jg sampai sekarang, tapi bolong-bolong sih ╮(^▽^)╭

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s