Posted in Bentang Pustaka, Books, Family, Jo Chang-in

I WILL ALWAYS LOVE YOU REVIEW

I Will Always Love You by Jo Chang-in

Title: I Will Always Love You | Author: Jo Chang – in | | Edition language: Indonesian | Translator: Pradita Nurmaya | Publisher: Bentang | Page: 388 pages | Edition: 1st edition, Agustus 2013 | Status: Owned book | Price: Rp62.000,- (Disc 20%) | Purchase location: Mizan Book Fair @ Rakha Amuntai | Date purchased: May, 4th 2013 | My rating: 4 of 5 stars

***

“Jin Hee Ssi, apa kau tahu ungkapan ini? Kata orang … dengan meninggalkan anak di dunia, kematian bukanlah sebuah akhir.”

He Yeon sangat menyayangi anaknya. Anaknya adalah satu-satunya alasan dia untuk hidup. Hati Ho Yeon sebetulnya hancur melihat anaknya, Da Um yang terkena penyakit leukimia. Apalagi Da Um harus menderita karena penyakit dan pengobatan penyakit itu sendiri. Namun, sebagai ayah, Ho Yeon harus kelihatan kuat di mata anaknya.

Ho Yeon berusaha menanamkan pikiran positif, baik di kepala anaknya maupun di kepalanya sendiri, bahwa anaknya akan sembuh dan hidup sampai dewasa.

Perjuangan Ho Yeon sangat mengharukan. Pahitnya hidup seakan tidak mau meninggalkannya. Ho Yeon juga harus melakukan pengorbanan besar untuk membayar biaya pengobatan anaknya.  Luar biasa sekali dia masih bisa optimis dan tetap tersenyum.

Sayangnya, di saat semuanya mulai membaik. Di saat harapan akan kesembuhan anak nya mulai terkabul. Ho Yeon kali ini betul-betul harus melepas anaknya. Agar anaknya tidak sendiri dan bisa melanjutkan hidup dengan kehidupan yang lebih baik. Dan itu adalah pengorbanan terbesar dan terberat yang harus dilakukan Ho Yeon hingga akhir hayatnya.

***

Cerita di buku ini diawali dengan biasa-biasa saja. Tapi lama kelamaan ceritanya mulai mengalir dan menguras air mata hingga ke bagian akhir.

Awalnya, saya merasa kalimat-kalimatnya banyak yang janggal. Namun semakin lama, kalimat-kalimatnya semakin manis dan indah walaupun masih ada yang terasa janggal di beberapa tempat.

Penulis mendapat ide menulis novel ini karena sahabatnya  memiliki anak yang memiliki penyakit yang sangat sulit disembuhkan dan lama kelamaan kondisi anaknya semakin memburuk. Sahabatnya ini sangat tegar dan pada suatu hari, sahabatnya itu mengatakan sebuah kalimat yang mengilhami penulis untuk menulis buku ini 

“Kau tahu apa harapanku? Aku berharap bisa melakukan apa pun untuk anakku supaya bisa menggantikan posisinya. Tapi, itu hanya omonganku, aku sama sekali tidak bisa mengubah apa pun. Berat sekali menghadapi kenyataan itu.”

Berat sekali menghadapi kenyataan itu. Kalimat inilah yang mempengaruhi penulis untuk menulis buku ini. Selain itu, penulis juga kehilangan sosok ayah waktu dia kecil. Sehingga dia memutuskan untuk menuliskan sebuah novel yang menceritakan tentang kehangatan kasih orang tua kepada anaknya.

Ada banyak pelajaran yang bisa didapat. Tentang kasih sayang orang tua terhadap anak. Tentang kasih sayang anak terhadap orang tua. Tentang perjuangan dan pengorbanan dan masih banyak lagi. Namun, yang paling saya suka adalah agar kita jangan jadi orang egois. 

Lastly, selamat menikmati hangatnya kasih sayang ayah kepada anaknya dan kasih sayang anak kepada ayahnya dalam novel ini. Dan karena ceritanya sukses membuat saya berderai air mata, maka saya memberi 4 dari 5 bintang untuk buku ini. I really liked it.

P.S. Review ini diikutkan dalam even  New Authors RC

New Authors RC by Ren's Little Corner

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s