Posted in Books, Galang Pustaka, Memoir, Non Fiction, R. Y. Kusumaningtyas

MEREKA BILANG AKU GILA REVIEW

Mereka_Bilang_Aku_Gila

Title: Mereka Bilang Aku Gila — Perjuangan Hidup Pengidap Bipolar Disorder | Author: Ry Kusumaningtyas | Publisher: Galang Pustaka | Edition: 1st Edition, 2013 | Edition language: Indonesian | Page: 336 pages | Status: Owned book | My rating: 4 of 5 stars

***

Sahabat ….

Bisakah kau katakan secantik apa rembulan bila kau belum pernah ada di sana? Bisakah kau rasakan selembut apa awan bila kau belum pernah menyentuhnya? Dari mana kau tahu sepahit apa sebuah rasa bila kau belum pernah mengecapnya?

Kata-kata ini ada di halaman 11 dengan judul ‘Teruntuk Sahabat’. Awal yang bagus sekali untuk sebuah memoar yang salah satu pesannya adalah agar jangan menghakimi orang lain berdasarkan prasangka semata.

Buku ini menceritakan kisah hidup pengarang yang mengidap bipolar disorder. Menurut buku ini, bipolar disorder bisa digolongkan sebagai penyakit otak yang merupakan gangguan kejiwaan. Penyakit ini menyebabkan perubahan-perubahan yang tidak biasa pada suasana hati, energi, tingkat-tingkat aktivitas, dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas harian. Seseorang yang mengidap bipolar disorder biasanya sering merasa euphoria berlebihan dan merasakan depresi yang sangat berat.

Kisah hidup yang diceritakan di sini sangat menyedihkan. Penderitaan datang silih berganti tanpa seorang pun mengerti. Kalaupun ada yang mengerti, mereka semua satu persatu pergi.

Tidak ada yang menyadari bahwa semua itu diakibatkan oleh gangguan kejiwaan bernama bipolar disorder. Cukup wajar mungkin karena gejala penyakit mental ini memang susah dikenali dan sering disalahkenali dengan gangguan kejiwaan lain.

Buku ini mengajarkan banyak hal. Terutama tentang perjuangan dan kesabaran. Namun yang paling saya suka adalah tentang kebijaksanaan yang jarang dimiliki oleh setiap manusia. Untuk tidak menghakimi seorang dari prasangka semata. Untuk bisa memahami seseorang dengan tidak melihat dari satu sisi saja.

Saya betul-betul berharap kalau buku ini dapat memberikan kesadaran bagi kita tentang gangguan kejiwaan yang mungkin menimpa orang-orang di sekitar kita.

Buku ini juga ditulis dengan sangat bagus. Ceritanya mengalir begitu saja. Saya nyaris tidak dapat menutupnya. Bahkan ada beberapa bagian yang berhasil membuat saya menangis sehingga harus berhenti membaca sejenak (╥_╥).

So, 4 dari 5 bintang untuk buku ini. I really liked it ( ˘▽˘ʃƪ).

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

27 thoughts on “MEREKA BILANG AKU GILA REVIEW

  1. Ibu kami ratna, namanya tertulis dibuku itu. Penulis ini adalah kakak kami. Kami ikhlas dia memfitnah keluarga kami dengan tulisan yang katanya ” kisah nyata” tapi isinya bohong belaka.

    Like

    1. Eh, maaf, saya dapat buku ini oleh-oleh kakak saya habis dari Bandung. Dia bilang belinya di salah satu toko buku di Bandung sih, lupa nama toko bukunya😀

      Like

  2. haloo guy’s saya ada informasi bahwa buku ini akan melakukan bedah buku di acara Pesta Semarang Sejuta Buku 2013 tanggal 6 – 12 November 2013 di Gedung Wanita , tqu

    Like

  3. maaf untuk Dyah Nilakandi, semua cerita selalu punya dua sisi. Tidak ada fitnah sama sekali dan saya pun ikhlas dengan tudingan keluarga. silahkan kalau mau diteruskan di meja hijau, agar kebenaran bisa terbuka

    Like

  4. Untuk mbak Ira, thanks atas resensinya. Suatu apresiasi yang luar biasa tuk saya. Mohon maaf saya merasa harus meluruskan karena adik Dyah Nilakandi mungkin kesulitan mengintimidasi saya setelah facebooknya terpaksa saya blokir karena menuliskan hal-hal negatif yang seharusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Semua yang saya tulis adalah fakta dan nyata dengan banyak pihak yang bersedia menjadi saksi (termasuk keluarga). Ibu Ratna adalah ibu tiri saya yang tentu keberatan bila kebenaran terkuak untuk itu saya mohon maaf. Sementara Dyah Nilakandi adalah menantu beliau yang tentu saja tidak mengetahui sejarah keluarga. Ancaman akan memeja hijaukan saya, sampai sekarang juga belum terealisasi dan saya siap. Saya tidak akan mundur untuk suatu kebenaran dan saya rasa Galang Press selaku penerbit juga tidak akan segegabah itu bersedia menerbitkan “cerita bohong”🙂. Mungkin ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk memaknai “kejujuran”

    Like

    1. Kyaaaa…dapat komen dari penulisnya \(^▿^)/ Wah, saya yang merasa terapresiasi, Mbak. Terima kasih sudah komen di sini yaa ^_^

      Hmmm…saya doakan semoga masalahnya cepat beres dan bisa diselesaikan secara kekeluargaan saja (˘ʃƪ˘)

      Like

  5. wah harus dapat bukunya nih…. kelihatannya seru….
    salut jeng… penulis… sukses dan masalah segera terselesaikan…
    kami ikut mendoakan yang terbaik untuk anda..

    Like

  6. Izin Share…
    salam kenal, saya pernah melihat acara bedah buku mba rykusumaningtyas, di acara sekatenan buku yogya, saya tertarik membaca buku ini jujur saya baca hanya sekilas saja, waktu itu saya ingin bertanya sama mba rykusumaningtyas, tapi tidak sempat, yang ingin saya tanyakan “apakah mba rykusumaningtyas sewaktu di vonis sakit bipolar disorder, oleh dokter PSKJ mba ..Mbak rykusumaningtyas sudah pernah melakukan Scan Otak.?..sebelumnya maaf jika pertanyaan ini sudah ada jawabanya di buku mba ..terimakasih sblmnya .

    Like

  7. saya juga BIPOLAR DISORDER, Saya adalah seorang guru yang BIPOLAR DISORDER, kadang murid2 saya mengumpat tentang saya bahwa saya ini guru yang “agak”, kadang orang bilang “kamu itu normal gak?”,
    ketika dalam keadaan depresi berat saya menangis gak ketulungan smpe merusak barang kamar, ayah dan ibu saya menangis dan sering mengancam akan menyeret ke jalanan jika saya “kambuh”, biar orang2 pada tau anaknya ini semacam apa, salah orang tuanya ap smpe anakny spt ini,

    Like

  8. Saya td ikut bedah buku d jogja, saya sangat tertarik dan salut. Td sempat bertanya juga kpd ibu Yuyun, tentang level2 bipolar. Spt Marshanda yg ada di level 2. . Sayang, gak dikasih bukunya. Hehe besok kalo ada rezeki lebih beli buku ini deh.

    Like

  9. Permisi mbak Ira, saya ingin membantu mempromosikan buku dari Mbak Ry ini.
    dan bagi yang ingin membeli buku “Mereka bilang Aku Gila” sekaligus tanda tangan dari penulisnya sendiri yaitu Mbak RY Kusumaningtyas, bisa membuka link dibawah ini.

    sekali lagi terimakasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s