Posted in Author, Books, Genre, Mystery, Narasi, Publisher, Sir Arthur Conan Doyle

SHERLOCK HOLMES GREAT ADVENTURES REVIEW

Publisher’s Synopsis

Sherlock Holmes Great AdventuresSherlock Holmes adalah seorang detektif penyendiri yang tinggal di Baker Street No. 221B, London. Melalui tempat itu, ia bersama rekan setianya, dr. Watson, memecahkan masalah-masalah kriminal yang cukup memusingkan Scotland Yard.

Ketika pertama kali diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle di tahun 1887, tokoh Sherlock Holmes langsung mencuri perhatian para penggemar cerita detektif. Doyle dianggap sukses meramu kisah Sherlock Holmes menjadi kisah detektif modern dengan pendekatan baru.

Kepopuleran Holmes bahkan dianggap telah melebihi nama dari sang pencipta tokoh itu sendiri. Berulang kali Doyle berusaha keluar dari karakter Holmes. Bahkan suatu kali, dalam sebuah cerita di tahun 1893, Doyle memutuskan menulis skenario untuk mengakhiri hidup Sherlock Holmes. Namun, kecintaan para pembacalah yang telah memaksa Doyle menghidupkan kembali tokoh ini. Dan setelah “hari kebangkitannya” itu, Sherlock Holmes seolah-olah hidup dalam keabadian hingga kini, lebih dari seabad sejak ia diciptakan.


Sherlock Holmes: Great Adventures memuat empat belas kasus kriminal yang berhasil dipecahkan oleh Holmes dengan gemilang. Ketajaman pikiran serta naluri sang detektif terbukti berhasil menguak kasus-kasus kejahatan yang awalnya tampak mustahil untuk dibongkar. Sekali lagi, kecerdikan Sherlock Holmes menyelematkan muka sang Dewi Keadilan.

My Thoughts

Berawal dari komik Detektif Conan. Saya kenal dengan Holmes karena Conan tampaknya begitu tergila-gila dengan Holmes. Setelah membaca salah satu buku tentang Holmes, saya jadi ikutan gila juga #eh.

Cara Holmes menyelesaikan kasus itu lo, bikin melongo. Teliti dan tidak biasa. Sejak saat itu saya mulai mencari-cari semua buku Sherlock Holmes yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Sampai memborong segala semua kumpulan ceritanya. Saya bahkan memesan secara online (untuk yang pertama kalinya) buku Sherlock non kumpulan cerita seperti A Study in Scarlet, A Sign of Four dan The Valley of Fear.

Di Sherlock Holmes: Great Adventures ini ada 15 kasus (sinopsisnya bilang cuma 14 ya, dapat bonus satu kalo gitu😀 ). Mereka adalah

  1. Skandal Bohemia
  2. Perserikatan Rambut Merah
  3. Misteri Danau Boscombe
  4. Berlian Biru
  5. Si Pria Bujangan
  6. Copper Beeches
  7. Enam Napoleon
  8. Konstruktor dari Norwood
  9. Kacamata Emas
  10. Pria Berbibir Sumbing
  11. Jempol Sang Ahli Mesin
  12. Sang Pasien
  13. Hilangnya Lady Frances Arfax
  14. Tiga Orang yang Bernama Garridebs
  15. Wisteria House

Cerita Favorit

Cerita favorit saya adalah Jempol Sang Ahli Mesin. Tuan Hatherley, si ahli mesin, pergi menemui dr. Watson untuk mengobati jempolnya yang terpotong…iya TERPOTONG…karena kliennya sendiri mencoba untuk membunuhnya. Karena bukti yang kurang dan kasusnya tergolong aneh, Tuan Hatherley tidak bisa melapor ke polisi.

dr. Watson pun membawa Tuan Hatherley menemui Sherlock Holmes. Tuan Hatherley pun menceritakan bahwa dia diminta oleh seorang klien untuk melihat mesin untuk bahan mineral milik sang klien yang rusak. Tuan Hatherley diminta berangkat  pada malam hari dan dibawa pergi ke suatu tempat yang sangat jauh, ditinjau dari lamanya perjalanan kereta kuda yang mereka tumpangi dari stasiun.

Setelah memeriksa mesin rusak tersebut, Tuan Hatherley menyadari kalau si klien ternyata berbohong. Si klien berusaha membungkam si ahli mesin dengan membunuhnya. Namun, alih-alih terbunuh, Tuan Hatherley berhasil melarikan diri, hanya saja jempol tangannya terpotong ketika dia bergelantungan hendak melompat dari jendela. Tuan Hatherley pingsan dan ketika sadar dia terbangun di stasiun.

Siapa sebenarnya klien Tuan Hatherley tersebut? Dan bagaimana metode unik Sherlock Holmes memecahkan kasus aneh tersebut?

Meskipun terjemahannya menurut saya sedikit kurang bagus, tapi buku ini tidak kehilangan nuansa London lamanya. Kecerdikan Sherlock Holmes juga masih terasa.

Kasus Sherlock Holmes diceritakan dari sudut pandang dr. Watson. Saya paling suka saat Sherlock Holmes menebak siapa pelaku pembunuhan hanya dengan melihat kacamata pembunuh yang tertinggal di TKP pada kasus Kacamata Emas:

Dia memberikan sebuah kacamata pada Holmes. Holmes mengambilnya dan memperhatikannya dengan seksama. Setelah beberapa menit, dia mengambil selembar kertas dan menulis sesuatu. Kemudian, dia memberikannya pada Stanley Hopkins. Hopkins membaca catatan itu.

“Carilah seorang wanita yang banyak uang. Dia memakan pakaian yang bagus, hidung besar dan kedua matanya dekat satu sama lain. Dia melihat benda-benda dari dekat. Dia mungkin mengunjungi ahli kacamata lebih dari dua kali dalam dua bulan terakhir. Kacamatanya luar biasa kokoh dan cukup mahal. Tidak banyak ahli kacamata yang bagus di London sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah.”

Detektif itu sangat terkejut saat membacanya. Saya juga terkejut. Holmes memandang kami dan tertawa.

“Kacamata dapat mengatakan banyak hal tentang pemakainya, ” kata Holmes.

….

Hmmm…ratingnya 3 dari 5 bintang saya rasa. I liked it.

Title: Sherlock Holmes Great Adventures Author: Sir Arthur Conan Doyle Genre: Mystery Edition language: Indonesian Page: 484 pages Publisher: NarasiEdition: First edition, Yogyakarta 2007 Status: Owned book Price: Rp62.000,- Purchase location: Gramedia Veteran Banjarmasin My rating: 3 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

2 thoughts on “SHERLOCK HOLMES GREAT ADVENTURES REVIEW

  1. SHERLOOOOCKKK!!! I’ve been a fan since I was 13. He’s amazing, isn’t he? Saking awesome-nya sampe pengerangnya sensi sendiri. Kebayang dia mikir, “Yang bikin Holmes itu GUEEE, trus kenapa orang lebih sayang ama ia daripada ama GUEEE?!”

    Aku juga suka kasus jempol itu. Bagian deduksi kuda-nya asik. Hehe. Tapi kalau disuguhi daftar cerita pendek di atas kayanya susah banget milih favorit ya. :p

    Like

  2. Setujuuuu, amazing banget t detektif (♥o♥)
    Sampai-sampai di mata saya detektif lain (kecuali Detektif Conan tentunya) jadi kalah pamor

    Banyak terima kasih sama Shinichi Kudo yang sudah ngenalin sy sm Sherlock.

    Ah, iya betul, deduksi kudanya itu unik. Sy paling suka pas yang lain pada milih seluruh penjuru mata angin, Sherlock milih di tengah dan ternyata punya dia yang benar (`▽´)-σ

    He3x, memang susah banget milih kasus favorit. Semuanya seru (‾⌣‾”٥)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s