Posted in Author, Books, Genre, Hemat, M. Hasbi Salim, Publisher, Short Stories

MISTERI POHON KASTURI: ANTOLOGI CERPEN ANAK REVIEW

Publisher’s Synopsis

Misteri Pohon Kasturi: Antologi Cerpen Anak by M. Hasbi Salim

Kasturi adalah sejenis mangga, berpohon besar, tinggi dan berdaun lebat. Buahnya sebesar telur itik Alabio, kulit arinya merah lembayung agak muda, daging dalamnya berwarna kuning keemasan, berbau harum dengan rasa yang sangat manis. Jenis tanaman ini telah dijadikan sebagai maskot flora Kalimantan Selatan.

Betapa serunya memunguti buah-buah kasturi ranum yang berjatuhan, sehingga terkadang anak-anak suka mendatangi pohon ini, tidak peduli suasana gerimis dan gelap.

Ada cerita menyeramkan di balik pohon kasturi yang usianya sudah ratusan tahun di Hambuku, Hulu Sungai Utara. Mau tahu? Baca cerpen yang berjudul Misteri Pohon Kasturi. Sementara itu, masih banyak cerpen-cerpen lainnya yang tidak kalah seru dan menariknya. Yuk! Baca lagi!

My Thougts

Yeay, I liked that.

Mengingatkan dengan masa kecil.

Paling suka dengan cerita Misteri Pohon Kasturi. Walaupun endingnya kurang greget. Tapi membangkitkan kenangan lah.

In my hometown memang sering ada acara ‘pungut’ bareng buah-buahan yang jatuh dari pohon kalau memang sudah musimnya. Tapi itu dulu, setidaknya bagi saya.

Dulu waktu SD, kebetulan SD saya juga SDN Paliwara 1 seperti yang ada di dalam cerita #ehm. Saya bersama teman-teman beramai-ramai membantu memungut ‘buah kalangkala’ (I’m sorry, saya tidak apa nama latin atau nama Indonesia untuk buah yang bentuknya bundar sedikit gepeng berwarna merah jambu muda ini) milik tetangga yang rumahnya ada di belakang sekolah kami.

Seru sekali. Si tuan rumah naik ke atas pohon dan menggugurkan buah-buahnya. Kami para anak SD dengan gembiranya membantu mengumpulkan buah-buahan tersebut. Sayang buah ini tidak enak dimakan langsung. Harus dimasak dulu. Kalau tidak sudah habis tuh buah kami rampok #eh

Selain ‘kalangkala’. Di belakang sekolah saya juga ada pohon ‘ramania’. Nah, kalau buah yang ini saya tahu nama Indonesianya, yaitu Gandaria. Pohonnya sangat besar sehingga halaman belakang sekolah saya selalu tampak gelap. Buahnya sering berjatuhan dan ga sengaja terinjak. Susah jadinya mencari yang masih utuh.

Suatu hari saya pernah keinjak buah yang masih muda. Pas diliat bijinya eh ternyata warnanya ungu. Dalam bahasa daerah Kalimantan Selatan, warna ungu disebut ‘biji ramania’. Saya ingat itu pertama kalinya saya tahu kalau biji ramania itu warnanya ‘biji ramania’ *telmi banget sih #tepok jidat

Eh, kok jadi curcol ya #hohoho. Habis kumpulan cerpen ini mengingatkan saya dengan masa-masa sekolah dulu. Soalnya setting cerpen ini kan di my hometown, jadi berasa familiar banget.

Kesimpulannya, 3 dari 5 bintang. I liked it.

NB: Saya belum pernah ikut memungut buah kasturi. Angkernya itu lo overwhelm me too tight. Hiiii…..

Title: Misteri Pohon Kasturi: Antologi Cerpen Anak  Author: M. Hasbi Salim Genre: Short Stories Edition language: Indonesian Page: 88 pages Publisher: Hemat Edition: Second edition,  Amuntai 2013 Status: Owned book  Price: Over Rp20.000,- Purchase location: Toko Sumber Amuntai Kalimantan Selatan My rating: 3 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s