Posted in Author, Books, Genre, Hemat, M. Hasbi Salim, Publisher

MERAJUT IMPIAN PUTERI SASIRANGAN REVIEW

Publisher’s Synopsis

Merajut Impian Puteri Sasirangan by M. Hasbi Salim

Lisa Andriani, remaja puteri yang pendiam. Namun memiliki wajah cantik, otak cemerlang keterampilan yang mumpuni. Ia dipercaya sebagai duta sekolahnya dalam sebuah Lomba Pemilihan Puteri Sasirangan dan menjadi pemenang dengan menyisihkan ratusan peserta yang berasal dari sekolah lainnya di kotanya.

Setelah terpilih sebagai Puteri Sasirangan, ia mulai mengenal dunia pentas. Dan perlahan-lahan tenggelam dalam gemerlapnya dunia hiburan yang penuh gaya, canda dan tawa. Namun, ketika peristiwa penculikan hampir saja menimpa dirinya, ia pun sadar bahwa dunia glamor tidak cocok baginya. Ia pun meninggalkan dunia hiburan. Lalu, memgembangkan potensi diri yang lain yaitu membuat batik sasirangan, batik tradisional Kalimantan Selatan yang sangat khas dan eksotik.

Tetesan keringatnya ternyata tidak sia-sia. Di mana kerajinan tradisional orang Banjar itu berkembang sangat pesat. Hasilnya bukan hanya berupa laba besar, tetapi turut mengharumakan nama dirinya dan bangsanya karena produksinya telah menembus pasaran dunia di era pasar bebas.

Satu persatu diperolehnya penghargaan dari berbagai pihak atas hasil kerja kerasnya tersebut, termasuk dari seorang pria yang menjadi pujaan hati karena sangat menyokong terwujudnya sebagian besar impiannya yang lain yaitu membawanya melancong ke tanah seberang dan ziarah ke Tanah Suci.

My Thougts

Lumayan seru, ada lucu-lucunya juga, menyentuh dan bikin bangga karena buku ini asli dari pengarang daerah.

Bagi yang belum kenal sama my lovely hometown, bisa mengenalnya lewat buku ini #eeaaaaa

But, I’m sorry untuk dua bintangnya. Yaaah, hanya it was ok. Saya memang kurang suka dengan genre atau gaya bahasa seperti yang ada di dalam buku ini.

Btw, saya juga kurang yakin buku ini masuk genre apa #plaak. Yang pasti saya memang kurang suka dengan cerita-cerita yang gaya bahasanya seperti ini:

Dengan berat hati Pak Jumberi melepas kepergian buah hatinya. Lama ia berdiri di beranda rumahnya walaupun mobil yang membawa Lisa sudah lenyap dari pandangan, bunyi mesin mobil sudah hilang dari pendengaran dan kepulan asap mesin pun sudah mengurai bersama udara pagi yang sejuk menusuk kulit…

But, never mind. Ini hanya masalah selera. Lepas dari bukan genre dan gaya bahasa, hmmm…apa ya, rasanya ceritanya kurang greget gimana gitu. Jalannya si Lisa terlalu mulus. Benar sih masalahnya ada, cuma cara penyelesainnya kurang menantang.

Endingnya datar. Tapi setidaknya menyentuhlah karena ada unsur-unsur Islami di dalamnya.

So, it was ok🙂

NB: Ada esai sastra di belakang buku ini. Oleh-oleh dari Bali ketika penulis mengikuti Ubud Writers and Readers Festival 2012.

Title: Merajut Impian Puteri Sasirangan  Author: M. Hasbi Salim Genre: Cultural, Islamic Fiction Edition language: Indonesian Page: 114 pages Publisher: Hemat Edition: Second edition,  Amuntai December 2012 Status: Owned book  Price: Over Rp20.000,- Purchase location: Toko Sumber Amuntai Kalimantan Selatan My rating: 2 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s