Posted in Author, Books, Genre, Gramedia Pustaka Utama, Hanum Salsabiela Rais, Non Fiction, Publisher

99 CAHAYA DI LANGIT EROPA REVIEW

99 Cahaya di Langit Eropa

Title: 99 Cahaya di Langit Eropa | Author: Hanum Salsabila Rais & Rangga Almahendra | Genre: Non fiction – Islami | Edition language: Indonesian | Page: 392 pages | Publisher: Gramedia | Edition: Fifth edition, Desember 2011 | Status: Owned book | Price: Rp65.000 | Purchase locaton: Toko Sumber Amuntai | My rating: 3 of 5 stars

Aku mengucek-ucek mata. Lukisan Bunda Maria dan Bayi Yesus itu terlihat biasa saja. Jika sedikit lagi saja hidungku menyentuh permukaan lukisan, alarm di Museum Louvre akan berdering-dering. Aku menyerah. Aku tidak bisa menemukan apa yang aneh pada lukisan itu. “Percaya atau tidak, pinggiran hijab Bunda Maria itu bertahtakan kalimat tauhid Laa Ilaaha Illallah, Hanum,” ungkap Marion akhirnya.

Sinopsis di ataslah yang membuat saya memutuskan untuk membeli novel ini. Sebuah novel perjalanan untuk mencari tahu tentang jejak Islam di Eropa. Namun, ketika mulai membaca, menurut saya, gaya bahasanya terlalu puitis. Membuat saya ingin membaca melompat.

Namun pesan yang disampaikannya bagus sekali. Meskipun cara penyampaiannya membuat saya yang seorang muslim merasa sangat termusuhi, kalah dan kecewa.

Untungnya hal ini diimbangi dengan cara penyelesaian masalah yang sangat indah. Kita diajarkan bagaimana cara menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan jalan damai. Tidak peduli kita berada dipihak yang menang ataupun kalah, yang penting kita bisa bangkit dan bisa mengambil pelajaran dari masa lalu.

Yang paling membuat saya menyukai buku ini adalah kutipan-kutipan dari Islam kunonya. Salah satunya adalah seperti yang tertulis di piring kuno yang ada di Museum Louvre, Perancis:

“.Ilmu pengetahuan itu pahit pada awalnya, tetapi manis melebihi madu pada akhirnya

Cocok sekali untuk saya yang sekarang lagi kena sindrom malas belajar. Entah kenapa, setelah membaca kutipan ini, semangat belajar saya tiba-tiba muncul lagi.

Selain itu, bagian akhirnya sangat menyentuh. Membuat saya menangis. Cerita tentang haji terakhir Nabi Muhammad SAW dan betapa sayangnya beliau kepada umatnya.

3 dari 5 bintang untuk buku ini. I liked it.

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

