Posted in Author, Books, Genre, Historical Fiction, Jacqueline Kelly, Matahati, Publisher

THE EVOLUTION OF CALPURNIA TATE REVIEW

Publisher’s Synopsis

The Evolution of Calpurnia Tate“Namaku Calpurnia Virginia Tate, tetapi semua orang memanggilku Callie Vee. Pada musim panas itu, umurku sebelas tahun dan aku satu-satunya anak perempuan dari tujuh bersaudara. Bisakah kau membayangkan situasi yang lebih buruk?”

Sebagai satu-satunya anak perempuan dari tujuh bersaudara, Calpurnia muda diharapkan segera menikah dan memasuki kehidupan para wanita dengan korset ketatnya, keahlian memasak serta kemampuan membuat kerajinan tangan. Namun tidak seperti gadis-gadis lain seusianya, Callie paling suka mengamati alam serta mengumpulkan spesimen bersama kakeknya. Dia becita-cita menjadi seorang naturalis, dan berharap suatu hari nanti dirinya dapat mengecap pendidikan yang lebih tinggi di universitas.

Lalu apa yang akan dilakukan oleh Callie Vee, seorang gadis cilik yang berjuang untuk menemukan identitas dirinya di Texas pada pergantian abad ke-20?

My Review

Buku ini membuatku bangga menjadi scientist. Calpurnia dan kakek mampu membuat science tampak menyenangkan. Ternyata di tahun 1899, ada juga orang-orang yang menganggap science kurang berguna untuk melanjutkan kehidupan scientist tersebut. Menurut ibunya Callie, Callie seharusnya lebih banyak menghabiskan waktunya mempelajari keterampilan rumah tangga seperti merajut dan memasak daripada mengamati alam.

Namun, dengan dukungan dari kakeknya, Callie tetap melanjutkan kegiatannya sebagai scientist. Callie masih suka mengeksplorasi alam dan membaca buku-buku bertemakan science. Callie berharap suatu saat dapat kuliah di Universitas.

Diakhir cerita Callie dan kakek menemukan sesuatu yang membuat mereka berdua akhirnya diakui sebagai scientist, bahkan oleh ibu Callie. Namun tetap saja, bagi ibu, Callie harus menjadi gadis yang dapat menguasai keterampilan rumah tangga dengan baik.

Dipergantian abad ke-20, Callie dan keluarganya membuat resolusi-resolusi. Callie membuat daftar-daftar yang ingin dilihatnya sebelum meninggal, diantaranya adalah cahaya utara, samudera dan kanguru. Sedangkan kakek ingin mengemudikan sebuah mobil.

Cerita Callie dikisahkan dengan sangat baik dan mempunyai pengaruh yang kuat. Saya hampir bisa merasakan kesegaran alam yang dijelajahi oleh Callie dan hampir ingin mempunyai buku catatan ilmiah seperti punya Callie dan mencatat semua hal yang dapat diamati dari alam. Sedih rasanya ketika tiba dibagian akhir cerita dan petualangan Callie harus berakhir. Kesimpulannya, 4 dari 5 bintang, I really liked it.

PS: Review ini diikutkan untuk even New Authors RC 2013

New Authors RC 2013

Title: The Evolution of Calpurnia Tate  Author: Jacqueline Kelly Genre: Historical Fiction Edition language: Indonesian Page: 380 pages Publisher: Matahati Edition: First edition, November 2010 Status: Owned book Purchase Location: Valentine Gift Shop Price: Rp29.500,- My rating: 4 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s