Posted in Author, Bentang Pustaka, Books, Classic, Genre, Publisher, Rudyard Kipling

KIM REVIEW

kimHanya satu yang diinginkan Lama dalam hidup ini: mendatangi Sungai Penyembuhan. Sosok dan pandangan hidup Lama dari Tibet itu membuat Kim terkesan. Dia pun mengajukan diri menjadi chela — murid — untuk mengiringi perjalanannya.

Namun, perjalanan spiritual tersebut disusupi sebuah rencana spionase. Sepanjang perjalanan, Kim harus mengerahkan segala upaya untuk mengelakkan Lama yang lugu dari ancaman orang-orang licik, sekaligus memasang mata dan telinga lebar-lebar demi mengawasi konflik yang semakin memanas. Akankah Kim berhasil membawa Lama menjumpai Sungai Penyembuhan?

Bukan sekedar cerita petualangan, novel Kim mengisahkan drama kehidupan dan, tak kalah menariknya, spritualitas dunia Timur. Melalui Kim, kita akan menjelajahi sudut-sudut India yang tak pernah tersentuh, melebur bersama penduduknya yang lekat dengan beraneka tradisi, dan menikmati serunya dunia spionase dalam sudut panda bocah lelaki usia belasan tahun. Ditulis oleh seorang peraih Nobel Sastra termuda saat itu, Kim adalah salah satu mahakarya dunia. (Publisher’s Synopsis, Bentang).

“Aku Kim. Aku Kim. Dan siapa itu Kim?” Hatinya mengulang berkali-kali.

Pernyataan dan pernyataan yang menggelitik kesadaran. Saya adalah saya. Saya adalah saya. Dan siapa itu saya?

Keputusan Kim  untuk melakukan perjalanan bersama Lama, orang suci dari Tibet, untuk mencari sungai penyembuhan adalah keputusan yang  tepat.

Ah, saya iri sekali dengan keberanian dan kecerdikan Kim. Kim adalah anak Irlandia yang besar di India. Kim anak yatim piatu dan dibesarkan oleh perempuan pengisap ganja. Ibu Kim adalah seorang pengasuh anak di keluarga seorang kolonel. Ibunya meninggal karena kolera. Ayahnya adalah seorang tentara Irlandia, yang sepeninggal istrinya, menjadi pencandu minuman, bertemu dengan si perempuan pengisap ganja, dan akhirnya meninggal di India.

Awalnya Kim mengikuti Lama karena dia ingin melaksanakan misinya sendiri, yaitu mencari ‘sapi jantan merah di ladang yang hijau’, yang bisa membuatnya menjadi orang yang terhormat, seperti pesan ayahnya sebelum meninggal.

Tidak disangka, perjalanan spiritual yang Kim dan Lama lakukan dibumbui dengan peristiwa spionase, dimana Kim terlibat di dalamnya. Belum lagi mereka harus bertemu orang-orang yang berusaha mengambil keuntungan dari kepolosan sang Lama.

Berhasilkah keberanian dan kecerdikan Kim melindungi sang Lama? Apakah Lama berhasil menemukan Sungai Penyembuhan yang dicarinya? Yang katanya bisa membuat siapapun yang mandi di dalamnya akan dihapus dosa-dosanya? Dan apakah Kim sendiri berhasil menemukan sapi jantannya?

Sebuah cerita tua berlatar belakang kebudayaan dan spritualitas India. Unik  dengan gaya bahasa klasiknya yang berbelit-belit, salah satu hal yang saya suka dari cerita klasik. Ditambah dengan nilai-nilai kehidupan dan spritualitas yang terkandung di dalamnya.

Hanya saja saya merasa kurang nyaman dengan cover bukunya. Entah kenapa saya merasa sedikti ‘ngeri’ melihat senyum anak yang ada di cover itu. Berkali-kali saya harus mengingatkan diri saya sendiri kalau itu adalah Kim. Ok, itu adalah Kim. Seorang anak baik yang cerdik dan pandai. Tidak ada alasan untuk takut.

Ehm, kembali ke cerita. Keluguan sang Lama kadang-kadang menyebalkan dan adakalanya terasa lucu. Namun, bagian favorit saya dari cerita ini adalah ketika Kim “dirawat” oleh ibu pertiwi. Haaaaah, pengeeen. Rasanya saya langsung ingin berbaring di tanah seperti Kim untuk menikmati belaian ibu pertiwi. Sebuah kemewahan yang sedikit sulit didapatkan mengingat rumah saya berada di lingkungan padat penduduk yang mungkin menganggap saya gila karena tidur-tiduran di tanah🙂

Title: Kim
Author: Rudyard Kipling
Genre: Classic
Edition language: Indonesian
Translator: Rini Nurul Badariah
Publisher: Penerbit Bentang
First published: Juni 2011
Pages: x + 454 pages; 20,5 cm
Price: Rp20.000,-
Purchase location: Online @ Mizan Online
Date received: December, 1 2012
Status: Owned book
My rating: 3 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

