Posted in Author, Classic, Edgar Allan Poe, Genre, Nuansa, Publisher

KUCING HITAM REVIEW

Kucing HitamJudul: Kucing Hitam

Pengarang: Edgar Allan Poe

Penerbit: Nuansa, Cetakan I, September 2004

Jumlah halaman: 92 halaman

My rating: 2 of 5 stars

Menemukan buku ini dikumpulan buku jadul di perpustakaan daerah. Setelah dilihat-lihat, eh ternyata tahun cetak buku ini g sejadul tampang dan isinya.

Sering mendengar tentang Edgar Allan Poe tapi baru kali ini baca buku beliau. Ternyata oh ternyata ceritanya seram ding. Bikin kepala puyeng. Kejahatan yang diceritakan di sini terasa menjijikkan. Ditambah dengan ilustrasinya yang seram. Komplit dah.

Ada 4 cerita fiksi di kumpulan kisah ini. Tong Anggur, Topeng Maut Merah, Sebuah Kisah dan Kucing Hitam.

Tong Anggur menceritakan tentang pembalasan dendam sang tokoh utama, Montressor terhadap rivalnya yang bernama Fortunato. Fortunato ini bodoh. Kesalahan terbesarnya adalah sering menghina Montressor. Montressor terkesan merendah dihadapan Fortunato namun sebenarnya dia sedwang merencanakan pembalasan dendam yang mengerikan.

Kesamaan Montressor dan Fortunato adalah keduanya tahu banyak tentang anggur. Montressor mengaku memiliki anggur amontillado yang terkenal enak. Dia memancing Fortunato agar mengikutinya ke ruang bawah tanah untuk mencicipi anggur tersebut. Di ruang bawah tanah itulah Montressor menjebak Fortunato dan menguburnya hidup-hidup. Ya, dikubur hidup-hidup.

Semua tokoh utama di setiap kisah tampaknya memiliki pikiran yang tidak waras. Mereke membunuh korban hanya karena alasan sepele dalam sudut pandang kita, tapi tidak dalam sudut pandang mereka, dengan cara yang mengerikan. Dan sepertinya, tren di masa itu adalah dengan mengubur korban di ruang bawah tanah yang lembab dan gelap, atau memotong-motong tubuh korban dan menyimpannya di bawah papan di lantai kamar korban sendiri.

View all my reviews

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s