Posted in Author, Fantasy, Genre, Matahati, Michael Scott, Publisher

Resensi The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel #1)

The Alchemyst (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #1)Mrs. Fleming diculik oleh seseorang yang bernama Dr. John Dee…

Mr. Nick Fleming mengaku bahwa dia sebenarnya adalah Nicholas Flamel, si alkemis terkenal…

Dan Sophie dan Josh Newman pun terlibat petualangan yang menegangkan.

Hari itu adalah hari ketika Sophie, gadis berusia 15 tahun, melihat Dr. John Dee dan tiga pria aneh menyerang toko buku milik Mr. Nick Fleming tempat saudara kembarnya, Josh, sedang bekerja. Mereka menculik Mrs. Fleming dan mencuri buku Codex, buku yang disebut-sebut menyimpan rahasia kehidupan abadi. Buku itu juga menyimpan rahasia untuk membangkitkan para Tetua Gelap yang ingin menguasai umat manusia. Tapi, Josh secara tidak sengaja menyobek lembaran penting dari buku tersebut.

Keterlibatan si kembar membuat nyawa mereka berada dalam bahaya. Nicholas Flamel pun meminta bantuan Scathach, cewek vampir petarung, untuk melindungi dan melatih mereka. Bersama-sama, mereka juga meminta bantuan Hekate, dewi berwajah tiga, untuk membangkitkan kemampuan sihir si kembar, yang tidak disangka-sangka ternyata memiliki aura murni yang sangat langka dan kuat. Perak untuk Sophie dan Emas untuk Josh.

Saat Hekate sedang membangkitkan kemampuan sihir Sophie, mereka di serang oleh Dee dan tetua gelap, Bastet si Dewi Kucing dan Morrigan si Dewi Gagak. Hekate berhasil dikalahkan, untungnya Flamel, Scathach dan si kembar berhasil melarikan diri.

Meskipun Hekate sudah membangkitkan kemampuan sihir Sophie, namun dia belum mengajari bagaimana melindungi diri dari sihir tersebut. Membangkitkan kemampuan sihir seseorang berarti membuat semua panca indera orang tersebut meningkat tajam sehingga dapat membuat gila.

Mereka pun kembali meminta bantuan. Kali ini kepada nenek Scathach, sang penyihir Endor. Kemampuan sihir yang dimiliki Sophie akhirnya membuat membuat Josh iri. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Dee. Dengan mengikuti jejak aura si kembar, Dee menemukan rombongan kecil itu dan mulai mempengaruhi Josh. Dee berusaha agar si pemilik aura emas tersebut berada di pihaknya. Josh hampir saja terpengaruh kalau saja Sophie tidak menariknya untuk segera pergi dari tempat penyihir Endor yang sengaja diledakkan oleh pemiliknya untuk mencegah Dee menangkap mereka.

The Alchemyst…cover yang bagus dan judul yang membangkitkan minat. Tidak terlalu menegangkan tapi menarik. Ceritanya yang mengalir dan mudah diikuti serta morfologi buku yang gampang dipegang dan dibaca sanggup membuat buku ini susah untuk ditutup ketika sudah mulai membacanya.

Seluruh mitos dari seluruh dunia bergabung dalam satu kisah. Misalnya saja kemunculan Hekate dan Bastet. Bastet si Dewi Kucing berperan antagonis di sini, berkebalikan dengan Bast si Dewi Kucing dalam The Red Pyramidnya Rick Riordan yang justru menjadi pelindung bagi dua tokoh utamanya.

Hampir mirip dengan The Red Pyramid. Tokoh utamanya bersaudara. Mereka juga punya petarung hebat, Scathach, yang selalu melindungi si kembar dari musuh-musuh agar mereka bisa melarikan diri, persis seperti Bast. Mereka juga punya Nicholas Flamel yang berperan seperti paman Amos di Red Pyramid. Kurang suka dengan si kembar yang hampir tidak bisa apa-apa. Tidak sabar menunggu mereka bisa mempertahankan diri sendiri dan menyelamatkan dunia tanpa perlu membuat repot Nicholas Flamel dan Scathach.

Judul: The Alchemyst

Pengarang: Michael Scott

Penerbit: Matahati

Edisi: Cetakan Keempat Februari 2009

Harga: Rp200.000,-  (Paket 1-5)

Dibeli di: Matahati Online

Dibeli tanggal: 19 Mei 2012

Selesai dibaca tanggal: 26 Mei 2012
My rating: 3 of 5 stars

Author:

Love book and wanna study abroad to Holland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s